Banyak orang yang tidak mampu melakukan perawatan mobil baik untuk interior Fortuner saat ini maupun jenis mobil lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa perawatan internal Fortuner yang tidak tepat akan menyebabkan performa mesin mobil yang buruk. Efeknya juga bisa karena kurangnya perawatan di bagian dalam Fortuner terbaru.

Meski harga Fortuner lumayan mahal, nama mobil ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Maklum, keberadaan mobil yang masuk dalam kategori Sport Utility Vehicle (SUV) tidak hanya merajai jalanan di seluruh nusantara, tetapi juga beredar di banyak negara di dunia, khususnya Timur Tengah.

Namun yang belum banyak diketahui orang adalah bahwa Toyota Fortuner sebenarnya adalah mobil yang diproduksi di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) tepatnya di kawasan industri Karawang, Jawa Barat. Karenanya, Toyota Fortuner tidak hanya dipasarkan oleh Sabang di Merauke, tetapi juga di banyak negara. Padahal, berdasarkan data TMMIN, Toyota Fortuner merupakan penyumbang ekspor terbesar, menyumbang 23% dari total ekspor Toyota.

Berbicara mengenai Toyota Fortuner memang cukup menarik untuk didengar. Pasalnya, banyak hal unik yang jarang diketahui orang. Nah kali ini kita akan mengupas sejarah dan fakta yang perlu diketahui tentang Toyota Fortuner.

Jika menyebut Toyota Fortuner sebagai mobil Jepang memang benar adanya. Namun tentunya SUV yang pertama kali dipasarkan pada tahun 2005 ini bukan buatan Indonesia, melainkan diproduksi di negeri gajah putih, Thailand.

Namun, target pasar Toyota Fortuner saat itu cukup kecil, karena hanya untuk Indonesia dan beberapa negara tetangga di Asia Tenggara. Khusus di Indonesia, image SUV ini dinilai sangat sesuai dengan demografi dan kondisi jalan raya di Indonesia.

Anda ingin merawat mobil yang Anda gunakan sekarang, baik secara eksternal maupun internal Fortuner. Caranya cukup sederhana untuk melakukan perawatan pada mobil Fortuner.

Cara merawat mobil Fortuner dengan mudah

Bagi Anda pemilik mobil Fortuner tentunya harus memperhatikan perawatan secara berkala dan menjadi lebih teratur. Berikut beberapa cara sederhana dalam melakukan perawatan pada kendaraan diesel, diantaranya sebagai berikut:

Perawatan filter udara

Kompresi mesin Fortuner sangat tinggi. Sebab, mobil mempengaruhi kondisi filter udara mesin yang bisa lebih cepat kotor. Segera ganti filter udara setiap 15.000 km setelah perjalanan yang relatif lama. Penggantian filter udara juga bisa dilakukan dengan cepat saat kondisi udara berdebu dan sangat tercemar.

Perawatan filter bahan bakar

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan hanyalah menyimpan filter dan bahan bakar di dalam mobil Fortuner. Anda bisa melakukan perubahan jika Anda merasa jaraknya sudah cukup. Anda juga bisa mengecek filter bahan bakarnya, apakah masih bagus atau kotor. Inilah yang akan menentukan.

Jaga oli mesin

Selanjutnya, yang bisa Anda lakukan hanyalah melakukan perawatan pada oli mesin, karena rasio kompresinya cukup tinggi untuk mengeruk oli lebih cepat.

Rawat filter oli

Anda perlu melakukan perawatan filter oli, Anda dapat menggantinya setiap 3 kali Anda mengganti oli mesin. Perlu Anda ketahui bahwa kondisi oli sendiri mampu membawa berbagai jenis kotoran ke dalam mesin. Oleh karena itu, penggantian filter ini diperlukan karena residunya dapat menyebabkan kerusakan pada mesin.

Rawat steker lampu mobil

Jadi, hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah merawat steker lampu. Anda dapat segera mengganti pelindung lampu.

Perawatan wajib untuk Toyota Fortuner

Anda tidak tahu bahwa ada banyak perawatan yang harus dilakukan, tetapi Anda harus tahu bahwa ada perawatan lain yang harus diambil. Baik eksterior, interior Fortuner maupun mesin mobil. Pastikan mobil paling beruntung Anda dalam kondisi sempurna. Berikut beberapa perawatan lain yang perlu dipertimbangkan, termasuk yang berikut:

Panaskan mobil sebelum digunakan

Hal ini sangat penting karena dengan memanaskan mobil sebelum digunakan, Anda akan dapat mengetahui kondisi mesin mobil. Apakah sudah siap atau tidak untuk digunakan sekarang.

Cuci mobil teratur

Setelah mengganti oli, hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mencuci mobil Fortuner hingga bersih.

Lakukan time up berkala

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan perawatan berkala, yaitu agar mobil dalam kondisi prima.

Nah apakah minat dengan mobil ini karena perawatannya yang bisa dibilang mudah? saat ini kredit Fortuner juga bisa dilakukan di dealer terdekat lho.

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *