Sebagian besar dari kamu mungkin masih asing dengan istilah load bank. Apa sih load bank itu? Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita bahas terlebih dahulu salah satu komponen yang biasanya digunakan oleh perusahaan dalam menangani masalah listrik, yaitu genset. Seperti yang kita ketahui, di era sekarang, listrik menjadi salah satu komponen yang harus dipenuhi oleh banyak orang, khususnya bagi perusahaan. Sebab, tanpa adanya listrik, perusahaan akan sulit untuk menjalankan operasi bisnisnya. Dan dalam menangani masalah listirk, biasanya perusahaan menggunakan alat yang bernama genset.

Nah, selain genset yang sebagai cadangan aliran listrik, ada lagi salah satu perangkat yang harus diperhatikan oleh perusahaan, yaitu load bank. Penggunaan load bank sangat dibutuhkan agar listrik tetap mengalir. Load bank adalah perangkat yang digunakan untuk mengembangkan beban listrik sehingga beban operasional yang dibutuhkan industri dapat dikelola secara efisien dan dikontrol melalui satu sistem. Dengan melihat hal tersebut, maka tidak bisa dimungkiri, setiap perusahaan harus mempersiapkan load bank berkualitas untuk menjaga kestabilan listriknya.

Di bawah ini ada beberapa manfaat dari load bank untuk operasional industri:

  1. Memindahkan beban kinerja generator

Jika crane dioperasikan dengan menggunakan generator, maka kemungkinan besar generator akan mengalami overspeed karena beban yang berukuran besar akan menyebabkan hilangnya beban kejut secara mendadak. Test load bisa mengatasi hal tersebut dengan menguji beban crane dan mencegah terganggunya kestabilan generator yang sedang beroperasi.

  1. Mendukung tes sinkronisasi mesin

Menguji kinerja mesin-mesin kelistrikan, agar berjalan lancar, perlu dilakukan tes sinkronisasi. Sebelum memulai, setting terlebih dahulu pada load bank sesuai dengan desain yang ada. Hal ini bertujuan agar tes sinkronisasi berjalan lancar dan penggunaan listrik operasional tidak akan terganggu.

Sewatama hadir menyediakan penyewaan load bank yang berfungsi untuk mengoptimalkan listrik di perusahaanmu. Apabila kamu tertarik untuk menggunakan layanan dari Sewatama, kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya https://sewatama.com/id/. Di sana, ada kontak yang bisa kamu hubungi untuk sewa genset, load bank, dan kebutuhan listrik lainnya.

By Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *