Sunday, April 20, 2014
Artikel Terkini
You are here: Home » Berita Sekolah » Pendaftaran Peserta Didik Baru Mandiri dan Akselerasi 2013
Pendaftaran Peserta Didik Baru Mandiri dan Akselerasi 2013

Pendaftaran Peserta Didik Baru Mandiri dan Akselerasi 2013

I. PENDAHULUAN

Manusia dianugerahi Tuhan Yang Maha Esa kemampuan dan potensi masing-masing.  Tidak ada yang sama antara satu dengan yang lain. Potensi-potensi yang telah dimiliki ini akan berkembang secara optimal dan bermanfaat apabila mendapatkan perlakuan stimulus yang tepat.  Sumber daya manusia yang optimal dibutuhkan dalam pengembangan masyarakat.  Hal ini berkaitan dengan kualitas pendidikan yang diberikan.

Pendidikan harus disesuaikan dengan bakat dan kemampuan siswa.  Apabila siswa memiliki kecerdasan dan bakat istimewa, maka diperlukan pelayanan pendidikan khusus, (UU Sisdiknas No. 20/2003 : Pendidikan khusus dan layanan khusus : “Pendidikan khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial dan/atau memiliki potensial keceradasaan dan bakat istimewa.  Dapat diselenggarakan secara inklusif atau berupa satuan pendidikan khusus).

Pendidikan umum yang bersifat masal selama ini kurang memperhatikan perbedaan individu yang meliputi kecakapan, minat dan bakatnya.  Pendidikan khusus untuk peserta didik yang memiliki kecerdasan istimewa melalui sekolah-sekolah yang mempunyai program khusus dianggap selaras dengan fungsi utama pendidikan yaitu mengembangkan potensi peserta didik secara utuh dan optimal.

Pendidikan khusus yang diselenggarakan bukan dimaksudkan untuk melakukan diskriminasi pada peserta didik akan tetapi memberikan pelayanan khusus sesuai dengan kebutuhan peserta didik.  Melalui penyelenggaraan pendidikan khusus diharapkan potensi-potensi yang selama ini belum dikembangkan secara optimal, akan tumbuh dan menunjukan kinerja serta hasil yang baik.

Dalam rangka mengakomidasi kebutuhan anak didik yang memiliki kecerdasan istimewa tersebut SMA Negeri 1 Glagah menyelenggarakan program khusus berupa program Percepatan Belajar (Akselerasi).

II. DASAR

  1. SK Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi No. 421.3/771/429.102/2010 tanggal 25 Maret 2010 tentang Izin penyelenggaraan Kelas Akselerasi.
  2. SK Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur No. 188.4/3602/103/03/2010 tanggal 11 Juni 2010

III. VISI

Sekolah unggul dalam prestasi akademik, nonakademik, berpijak pada nilai Imtaq dan Iptek serta kepribadian bangsa.

IV. TUJUAN

  1. Memberikan kesempatan kepada peserta didik cerdas istimewa untuk mengikuti program pendidikan sesuai dengan potensi kecerdasan yang dimiliki,
  2. Memenuhi hak asasi peserta didik cerdas istimewa sesuai kebutuhan bagi dirinya,
  3. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pembelajaran bagi peserta didik cerdas istimewa,
  4. Membentuk manusia berkualitas yang memiliki kecerdasan spiritual, emosional, sosial dan intelektual serta memiliki ketahanan dan kebugaran fisik,
  5. Membentuk manusia berkualitas yang kompeten dalam pegetahuan dan seni, berkeahlian dan berketrampilan, menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab, serta mempersiapkan peserta didik mengikuti pendidikan lebih lanjut dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

V. MITRA KERJA

  • PLP (Pusat Layanan Psikologi) Univesitas Muhammadiyah Malang
  • FKIP Universitas Jember

VI. PAGU

  1. Akselerasi                 : 20 Siswa / 1 Kelas
  2. Reguler Unggulan  : 96 Siswa / 3 Kelas

VII. JADWAL KEGIATAN

A.  Pendaftaran

  1. Tanggal 2 – 4 Mei 2013 pukul 07.30 – 12.00 WIB di SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi
  2. Syarat Pendaftaran
    - menyerahkan fotocopy Laporan Hasil Belajar (rapor) kelas VII, VIII, IX yang dilegalisir Kepala Sekolah
    - menyerahkan piagam penghargaan kejuaraan bidang akademik yang dikeluarkan oleh pihak berwenang tingkat Provinsi maupun Nasional (bagi yang memiliki)
    - mengisi blanko pendaftaran

B. Sistem Seleksi 

  1. Seleksi Administrasi
    - Nilai rata-rata rapor setiap semester minimal 80
    - Nilai masing-masing mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, IPA dari semester 1 s.d 5 minimal 3 angka diatas KKM
    - Pengumuman seleksi administrasi hari Senin tanggal 6 Mei 2013 pukul 10.00 WIB
  2. Tes Psikologi hari Minggu tanggal 12 Mei 2013 pukul 07.30 – 13.00 WIB
  3. - Tes potensi akademik : Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 14 Mei 2013 pukul 08.00-11.00 WIB
    - Pengumuman hasil Tes potensi akademik dan Tes Psikologi hari Sabtu tanggal 18 Mei 2013 pukul 10.00 WIB
  4. Wawancara bagi Orang Tua dan Calon Peserta Didik pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 24 dan 25 Mei 2013 pukul 08.00-selesai
  5. Pengumuman hasil akhir pada hari Senin tanggal 27 Mei 2013 pukul 10.00 WIB
  6. Matrikulasi Tanggal 12-18 Juni 2013

VIII. BIAYA

Biaya Pendaftaran “GRATIS”

IX. KETENTUAN LAIN

  • Peserta didik yang tidak diterima, dapat mendaftar di kelas reguler melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mandiri dan online.
  • Peserta didik dari luar Kabupaten Banyuwangi tidak dibatasi jumlah pendaftar dan tidak harus mendapat rekomendasi dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Peserta didik yang dinyatakan diterima baru menyerahkan surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan.
  • Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan di SMA Negeri 1 Glagah

Sumber : Flyer resmi dari SMA Negeri 1 Glagah

Pencarian Terakhir

  • Persyaratan masuk sma 1 glagah
  • info pendaftaran sma 1 glagah banyuwangi
  • pendaftaran sman 1 glagah banyuwangi
  • pendaftaran sma glagah banyuwangi
  • syarat masuk sma n 1 purwodadi
  • pendaftaran SMA 1 banyuwangi
  • sma negeri 1 glagah cara pendaftaran
  • nilai syarat masuk sma 1 glagah
  • pendaftaran online smkn 1 banyuwangi
  • pendaftaran sma bss malang 2013

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

44 comments

  1. saya tertarik untuk masuk sini

  2. untuk pendaftaran peserta didik baru kapan?

  3. untuk pendaftaran peserta didik baru yang program reguler kapan?

  4. buat pendaftaran aksel sama mandiri apa sama ?
    terus kalo kita gak keterima di aksel apa kita langsung ikut tes mandiri ?

  5. aku tertarik :)
    tapi akuu takut gak lulus :’)

  6. heheh :D
    iya mas udah daftr kok kmrin , doain lulus yah mas O:)

  7. Daftar Sabtu bisa gk ya ?
    Tes psikolog itu kyak gmna sih ? ;)

  8. maas , itu ntr pengumumane bisa liak dsni kan ?

  9. iyaa , pengumuman lolos ato egak.nya dsni ?

  10. kalau boleh tau nii yaa , teks physic itu kayak gimana sse ?
    mas @deopradipta bilang : tes psikologi itu tes untuk mengetahui bakat minat :)
    apakah hanya itu saja ? ;)

  11. penutupan sudah ditutup kawan, selamat berjuang untuk fase berikutnya :)

  12. pengumuman di liat dmna ?

  13. Risa ayu yamaguchi

    adduh..aduuh..
    akku ndaftare terlambat yoh :’(
    gimana ini ?
    dari kemaren ga tau ya ..

  14. mas mana pengumumn hasil tes ?

  15. yang 3 point diatas kkm itu rata ratanya atau nilai per semester ?

  16. maaf mau tanya saya kan dari kediri dan mau daftar di SMK 1 glagah Banyuwangi….
    danum saya 27.20 tapi saya mempunyai prestasi di bidang olahraga( 2 jenis )
    bagaimana ya?
    mohon bantuannya :)
    bisa hubungi nomor ini juga 085735091999

  17. saya telat ms msuk di sma 1 glagah saya bisa ap ndak msuk dsnah ??

  18. harusnya gak pake mandiri, kan udah kepotong unggulan n exel, jd daya tampung keil dehh cm 125:”(

  19. ini pendaftaran tahun 2014 kapan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top