Friday, December 19, 2014
Artikel Terkini
You are here: Home » Pengetahuan » Jenis Dan Ciri Batuan
Jenis Dan Ciri Batuan

Jenis Dan Ciri Batuan

Jenis Dan Ciri Batuan - Kulit bumi terdiri dari zat padat yang disebut batuan, dengan berbagai jenis dan ciri batuan yang ada di bumi.  Pembentukan berbagai jenis batuan tertentu berasal dari berbagai macam mineral di alam. Berbagai jenis batuan beku yang terbentuk awalnya berasal dari magma.  Magma merupakan batuan cair yang terletak di bawah permukaan bumi, magma dapat mendingin dan membeku di bawah maupun di atas permukaan bumi.

Setiap batuan memiliki jenis dan ciri batuan yang khusus.  Sifat batuan meliputi bentuk, warna, kekerasan, kasar atau halus, dan mengilap atau tidaknya permukaan batuan.  Ada yang berasal dari proses letusan gunung berapi, proses penghancuran atau disintegrasu batuab, proses pelapukan kimia, proses penguapan dan masih banyak pula yang berasal dari berbagai proses pembentuan jenis dan ciri batuan yang ada di bumi.

Batuan Beku (Batuan Magma/Vulkanik)

Batu Obsidian

Batu Obsidian Merupakan Batuan Beku

Batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari magma yang membeku.  Batuan beku terjadi dari magma cair pijar yang rnernbeku karena mengalami pendinginan (penurunan temperatur).  Magma merupakan benda cair yang sangat panas dan terdapat di perut bumi. Magma yang mencapai permukaan bumi disebut lava.  Semula batuan beku berupa lelehan magma yang besar.

Berikut adalah beberapa jenis dan ciri batuan beku (batuan magma/vulkanik) :

  • Batu Obsidian
    Batu obsidian disebut juga batu kaca,  memiliki warna hitam atau cokelat tua, memiliki permukaan yang halus dan mengkilap.  Dimanfaatkan untuk alat pemotong dan mata.  Proses terjadinya berasal dari magma yang membeku dengan cepat di permukaan bumi, maka itu termasuk dalam jenis batuan beku luar atau batuan beku efusit.
  • Batu Granit
    Batu granit terbentuk atas butiran yang kasar.  Ada yang memiliki warna putih dan ada yang memiliki warna keabu-abuan.  Sering digunakan untuk bahan bangunan.  Proses terjadi berasal dari magma yang membeku di dalam kerak bumi.  Proses pembekuan ini berlangsung secara perlahan, maka itu termasuk dalam jenis batuan beku dalam.
  • Batu Basal
    Batu basal disebut juga batu lava, memiliki warna hijau keabu-abuan dan terdiri dari butiran yang kecil. Biasa digunakan untuk bahan bangunan juga.  Berasal dari magma yang membeku di bawah lapisan kerak bumi, bercampur dengan gas yang menyebabkan memiliki rongga-rongga kecil. Proses terjadinya berasal dari magma yang keluar dari dapur magma dan mencapai permukaan bumi yang membeku dengan cepat di permukaan bumi, sebab dari itu masuk dalam jenis batuan beku luar atau batuan beku efusit.
  • Batu Andesit
    Batu andesit memiliki warna putih keabu-abuan dan butirannya kecil seperti ciri pada batu basal. Digunakan dalam pembuatan arca dan bangunan candi.  Berasal dari magma yang membeku dengan sangat cepat di bawah kerak bumi, termasuk jenis batuan beku luar atau batuan beku efusit.
  • Batu Apung
    Batu apung memiliki ciri bewarna cokelt bercampur abu-abu muda dan berongga-rongga. Digunakan untuk mengampelas kayu  dan juga digunakan untuk bahan penggosok.  Berasal dari magma yang membeku di permukaan bumi, termasuk jenis batuan beku luar atau batuan beku efusit.

Batuan Endapan (Batuan Sedimen)

Batu Kapur

Batu Kapur Merupakan Batuan Endapan

Batuan endapan merupakan batuan yang terbentuk dari hasil endapan pelapukan batuan.  Batuan jenis seperti ini dapat pula terbentuk dari batuan yang terkikis ataupun dari hasil endapan sisa-sisa binatang dan tumbuhan.

Berikut adalah beberapa jenis dan ciri batuan Endapan (Batuan Sedimen) :

  • Batu Breksi
    Batu breksi terdiri atas kerikil-kerikil yang permukaannya sangat tajam.  Batuan seperti ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.  Berasal dari endapan hasil pelapukan batuan beku.
  • Batu Kapur
    Batu kapur terdiri dari butiran-butiran kapur yang halus, memiliki warna putih sedikit keabu-abuan, biasa digunakan sebagai bahan campuran pembuatan semen.  Berasal dari endapan hasil dari pelapukan tulang dan cangkang hewan-hewan laut.
  • Batu Konglomerat
    Batu konglomerat terdiri atas kerikil-kerikil yang permukaannya tumpul. Batuan seperti ini banyak digunakan sebagai bahan bangunan.  Berasal dari endapan hasil pelapukan batuan beku.
  • Batu Pasir
    Batu pasir terdiri atas butiran-butiran pasir, memiliki warna bermacam-macam meliputi abu-abu, merah, kunung atau putih. Batuan ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.  Berasal dari endapan hasil pelapukan batuan beku yang butirannya kecil-kecil.
  • Batu Serpih
    Batu serpih terdiri dari butiran-butiran batu lempung atau yang biasa disebut dengan tanah liat, memiliki warna abu-abu kehijauan, merah atau kuning.  Dimanfaatkan sebagai bahan bangunan dan berasal dari endapan hasil pelapukan batuan tanah.

Batuan Malihan (Metamorf)

Batu Marmer

Batu Marmer Merupakan Batuan Malihan

Batuan malihan (metamorf) berasal dari batuan sedimen yang mengalami perubahan (metamorfosis). Batuan sedimen mengalami perubahan karena mendapat panas dan tekanan dari dalam Bumi. Kalau mendapat panas terus menerus, batuan sedimen akan berubah  menjadi batuan malihan.

Berikut adalah beberapa jenis dan ciri batuan malihan (metamorf) :

  • Batu Genes
    Batu genes memiliki warna putih keabu-abuan dan keras. Batu genes dimanfaatkan untuk barang kerajinan seperti asbak, pot bunga dan patung.  Berasal dari batuan pluto granit yang mengalami metamorfosis karena panas dan tekanan.
  • Batu Marmer
    Batu marmer memiliki warna putih dan juga ada yang berwarna hitam, keras dan permukaannya halus. Marmer biasanya digunakan untuk membuat meja, papan nama, batu nisan dan pelapis dinding bangunan. Berasal dari batuan kapur yang mengalami metamorfosis karena terkena panas dan tekanan.
  • Batu Sabak
    Batu sabak berwarna abu-abu tua, mudah terbelah tipis-tipis dan memiliki permukaan yang kasar. Sebelum ada kertas, batu sabak dimanfaatkan sebagai papan untuk menulis.  Berasal dari batuan serpih yang mengalami metamorfosis.

Pencarian Terakhir

  • jenis batuan
  • jenis jenis batuan
  • ciri ciri batuan beku
  • jenis-jenis batuan
  • ciri batuan beku
  • jenis batuan beku
  • batuan
  • ciri-ciri batuan beku
  • ciri ciri batu obsidian
  • Ciri ciri batu

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

7 comments

  1. Sangat bermanfaat untuk memabntu tugas sekkolah artikel tentang jenis – jenis batuan ini.

  2. Trims Gan, artikel enis-jenis batuan ini sangat memebantu tgs rmh sy. Trms banyak (y)

  3. izin copas ya gan !!

  4. wahhhh banyak banget ya jenis-jenis btu itu..
    untuk batu-btu diatas itu apakah memiliki fungsi dan keuntungan masing-masinga ga gan?
    atau hanya sekedar batu biasa saja?
    terimakasih ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top