Sunday, December 21, 2014
Artikel Terkini
You are here: Home » Info Banyuwangi » Gempa Bumi Guncang Banyuwangi
Gempa Bumi Guncang Banyuwangi

Gempa Bumi Guncang Banyuwangi

Gempa Bumi Guncang Banyuwangi - Gempa bumi dengan kekuatan (amplitudo) 5,0 Skala Richter (SR) terjadi di perairan selatan wilayah Banyuwangi kemarin (4/6). Peristiwa alam tersebut disebabkan pertemuan lempeng Euroasia dengan lempeng Australia, tepatnya 264 Kilometer (Km) barat daya Bumi Blambangan.

Getaran akibat gempa bumi yang terhadi tepat pukul 13.40 itu memang tidak begitu dirasakan warga, khususnya mereka yang berada di kawasan pusat Kota Banyuwangi. Namun demikian, perbincangan mengenai terjadinya gempa bumi kali ini sempat menjadi perbincangan hangat warga.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melansir, gempa bumi kemarin terjadi di koordinat 10.73 Lintang Selatan (LS) – 113.86 Bintang Timur (BT). Lokasi gempa berada di Samudera Hindia dengan kedalaman 13 Kilometer (Km).

Prakirawan Stasiun Meteorologi Banyuwangi, Yustoto Windiarto mengatakan, pusat gempa berjarak 264 Km arah barat daya Banyuwangi, 280 Km tenggara Jember, dan 275 barat daya Denpasar, Bali. “Karena jaraknya yang cukup jauh, gempa tersebut tidak begitu terasa, khususnya di sekitar Pusat Kota Banyuwangi,” ujarnya.

Yustoto menambahkan, meski pusat gempa berada di perairan, gempa yang terjadi kemarin siang tidak berpotensi tsunami. “Gempa bumi yang berpotensi menimbulkan tsunami adalah gempa berkekuatan 7 SR atau lebih. Itu pun dengan syarat pusat gempa berada di perairan dengan kedalaman kurang dari 15 Km,” pungkasnya.

Sementara itu, beberapa warga Kota Gandrung mengaku tidak merasakan gempa siang kemarin. Namun, mereka mengaku mendengar kabar terjadinya gempa tersebut dari media jejaring sosial. “Saya tidak terasa apa-apa. Tapi saya tahu kabar terjadi gempa karena banyak yang nge-tweet gempa di Banyuwangi,” ujar Heri, warga Kecamatan Glagah kemarin. (sgl/cl/bay)

Sumber : Radar Banyuwangi, 5 Juni 2013

Pencarian Terakhir

  • gempa di banyuwangi
  • gempa bumi di banyuwangi
  • 4 bencana alam yang terjadi di banyuwangi
  • artikel gempa bumi di banyuwangi
  • berita gempa bumi di banyuwangi
  • Berita kemaren banyuwangi
  • gempa di banyuwangi 2014

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top