Tuesday, August 22, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Software » Menutup Program Menggunakan Command Prompt
Menutup Program Menggunakan Command Prompt

Menutup Program Menggunakan Command Prompt

Menutup Program Menggunakan Command Prompt – Ada banyak cara mengatasi situasi darurat ketika menjalankan aplikasi dan software di Windows yang tiba-tiba error atapun hang.  Mungkin karena aplikasi yang sedang dijalankan membutuhkan dukungan memori yang tinggi. Bukan saja masalah yang timbul karena faktor aplikasi dan software, terkadang ketika Sahabat Glagah tergesah-gesah karena ada pekerjaan penting yang harus dilakukan secara mendadak yang mengharuskan menutup secara darurat atau bisa disebut secara paksa. Tidak diragukan lagi, biasanya yang sering dilakukan Sahabat Glagah untuk menutup paksa aplikasi adalah menggunakan Windows Task Manager.  Bahkan terkadang langsung melepas baterai ataupun menekan tombol power hingga Personal Computer (PC) mati.

Dengan cara tersebut akan merusak dan berakibat fatal terhadap PC yang Sahabat Glagah miliki. Sebenarnya ada cara lain yang sangat jarang digunakan, yaitu salah satunya Menutup Program Menggunakan Command Prompt.  Dengan cara ini lebih aman daripada harus melakukan hal yang tidak perlu dilakukan.  Command Prompt tidak perlu di download, karena Command Prompt merupakan program bawaan dari Windows, sering digunakan untuk menjalankan baris perintah pada sistem operasi Windows.  Jadi tidak perlu lagi mencari di internet dan hanya menekan tombol ‘Win+R‘ untuk menjalankan program Command Prompt dan kemudian ketik cmd.

Menutup Program Menggunakan Command Prompt

Setelah Command Prompt terbuka, langsung saja ketik tasklist dan tekan Enter. Perintah ini berfungsi untuk menampilkan semua daftar program yang saat ini berjalan. Maka Command Prompt akan memunculkan semua daftarnya yang terbagi dalam dua opsi, mematikan program dengan Images Name atau menggunakan PID.

Menutup Menggunakan Command Prompt

Setelah Sahabat Glagah sudah menetukan program yang akan ditutup, lihatlah Image Name atau PID. Langkah berikutnya adalah mengetikkan perintah taskkill.  Taskkill berfungsi untuk Menutup Program Menggunakan Command Prompt.  Misal Sahabat Glagah ingin menutup program IDMan.exe, maka penulisan perintahnya sebagai berikut:

  • Sesuai Image Name : taskkill /IM IDMan.exe /F
  • Sesuai PID                   : taskkill /PID 6732 /F

Program Command Prompt

Huruf ‘F’ yang ada pada akhir perintah berfungsi untuk mematikan proses program dengan cepat. Nah! Selanjutnya dengan cepat pula program yang di perintahkan untuk berhenti akan tertutup. Jika berhasil, maka akan terlihat pemberitahuan sesudah menekan tombol Enter.

SUCCES: The process with PID 6732 has been terminated

Selain cepat dan mudah, dengan Menutup Program Menggunakan Command Prompt dapat meminimalkan kerusakan yang terjadi pada PC yang Sahabat Glagah punya. Tidak hanya dengan Windows Task Manager saja, melainkan sekarang memungkinkan menutup program lebih cepat  menggunakan Command Prompt. Alternatif yang bisa digunakan saat Windows Task Manager tidak dapat digunakan.

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

6 comments

  1. haha, baru tahu gue sob :p

    gue lebih sering pakai task manager

  2. haha, baru tahu gue sob :p

    gue lebih sering pakai task manager,,,,

  3. Berguna banget
    like this (y)

  4. Thank’s… udh kasih inforamasi yang bermanfaat 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top