Sunday, April 5, 2020
Artikel Terkini
You are here: Home » Kesehatan » Ini Dia Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Murah Meriah

Ini Dia Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Murah Meriah

Bagi ibu hamil, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi menjadi sebuah keharusan. Saat hamil ibu menjadi sumber nutrisi bagi janin yang dikandungnya sehingga makanan yang ia konsumsi akan juga menjadi makanan untuk janin. Janin memerlukan asupan nutrisi yang lengkap dengan jumlah berimbang yang membuat ibu membutuhkan makanan sehat dalam jumlah lebih banyak dari biasanya. Sebagai sumber makanan sehat tersebut, biasanya orang akan langsung mengusahakan makanan-makanan mahal untuk menu ibu hamil, padahal sebenarnya banyak makanan murah lainnya yang juga sehat untuk dikonsumsi. Hal ini menepis anggapan bahwa hanya mereka yang beruang saja yang dapat mengkonsumsi makanan bernutrisi lengkap untuk ibu hamil dan janin di dalam kandungannya. Bagi Anda yang ingin berhemat untuk kebutuhan si kecil nantinya, ini dia daftar makanan sehat untuk ibu hamil dengan harga yang murah meriah:

  1. Sayur bayam.
    Sayur bayam merupakan sumber zat besi yang murah meriah. Anda bahkan bisa menanam bayam sendiri di pekarangan untuk menjadi olahan sayur yang segar sekaligus sehat. Bayam mengandung vitamin A, C dan K yang dibutuhkan ibu maupun janin. Pengolahannya adalah dengan menjadikan tanaman bayam sebagai sayur bening tanpa bahan pengawet makanan.
  2. Tomat.
    Tomat mengandung vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan gigi, tulang dan gizi bayi. konsumsilah buah tomat setiap hari atau dua kali sehari untuk sumber vitamin.
  3. Telur.
    Telur kaya akan protein yang baik untuk metabolisme tubuh ibu dan janin. Ibu bisa mengkonsumsi telur setiap harinya sebagai lauk ataupun cemilan dengan cara direbus. Anda juga bisa mengkonsumsi berbagai jenis telur sehingga tidak bosan misalnya telur bebek yang diasinkan, telur burung puyuh maupun telur ayam dengan berbagai cara pengolahan.
  4. Olahan kedelai.
    Kedelai merupakan sumber makanan yang kaya akan protein nabati. Anda bisa mendapatkannya pada tahu atau tempe yang murah dan tidak membosankan untuk dikonsumsi sehari-hari.
  5. Umbi-umbian.
    Ibu hamil sering merasa lapar meski sudah makan besar. Sediakan cemilan yang menyehatkan seperti umbian yang murah namun kaya akan zat gizi. Ada beberapa jenis umbi yang baik dikonsumsi ibu hamil seperti ubi jalar, singkong dan kentang.
  6. Kacang-kacangan.
    Protein nabati lainnya banyak terkandung di dalam kacang-kacangan. Jika Anda kesulitan untuk membeli almond, maka masih ada kacang hijau atau kacang merah yang bisa menggantikan manfaatnya. Buatlah minuman kacang hijau setiap hari untuk mendapatkan manfaat protein dari kacang-kacangan.
  7. Brokoli.
    Jenis sayuran lainnya yang sangat direkomendasikan adalah brokoli. Brokoli sangat kaya akan zat penting bagi tubuh ibu dan bayi seperti kalsium, beta karoten dan zat antioksidan. Perbanyak konsumsi brokoli baik dengan menjadikannya sayur atau hanya merebusnya saja.
  8. Pisang.
    Pisang kaya akan serat yang juga baik untuk ibu hamil agar memiliki sistem pencernaan sehat. Selain itu pisang kaya kalori dan baik untuk pertumbuhan otak buah hati.

Itulah beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang tak harus mahal dan mudah didapatkan di sekitar Anda. Konsumsilah makanan secara bervariasi sehingga nilai gizi yang Anda dapatkan menjadi lengkap dan seimbang. Jangan lupa perbanyak minum air putih untuk memperlancar metabolisme tubuh dan tambahkan susu ibu hamil untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang masih belum terpenuhi. Periksa kehamilan sebulan sekali akan membantu ibu untuk melihat kondisi kandungan dan mencegah masalah pada kehamilan.

About eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top