Saturday, March 28, 2020
Artikel Terkini
You are here: Home » Kesehatan » Pengertian Gawat Janin dan Apa Saja Gejalanya

Pengertian Gawat Janin dan Apa Saja Gejalanya

Pengertian gawat janin belum begitu diketahui masyarakat umum. Padahal penyakit ini perlu diketahui karena sangat berbahaya bagi janin. Janin yang mengalami gawat janin memiliki resiko dalam kandungan. Seorang ibu memang harus selalu berhati-hati dalam merawat janin dalam tubuh. Periksa rutin ke dokter adalah salah satu cara untuk menjaga janin agar tetap sehat sampai melahirkan. Ciri-ciri bayi yang sehat dapat dikenali dari aktivitasnya yang aktif bergerak dan pertumbuhan organnya normal.

Penyakit gawat janin tidak bisa disepelekan begitu saja. Para ibu harus tahu mengenai gejala-gejalanya agar segera ditangani oleh dokter. Hal ini karena jika penderita mengalami gejala-gejala penyakit gawat janin, terdapat kemungkinan ibu tidak bisa melahirkan secara normal melainkan sesar. Untuk info lebih lanjut berikut ini pengertian dan gejala-gejalanya.

Pengertian Gawat Janin dan Beberapa Gejala-Gejala yang Harus Anda Ketahui

Fetal Distress atau yang biasa disebut gawat janin adalah keadaan dimana janin mengalami kekurangan oksigen saat masa mengandung atau saat masa persalinan. Hal ini biasanya ditandai dengan kurangnya gerakan janin pada saat masa mengandung atau pada saat persalinan. Dari pengertian gawat janin tersebut, berikut gejala-gejala umum ketika bayi menderita gawat janin.

Gerakan Janin Tidak Seaktif yang Lainnya

Memonitor pergerakan janin adalah hal yang tepat untuk memantau kesehatan baik sang janin dan sang ibu. Disamping dokter, Anda juga harus memperhatikan sendiri perkembangan pergerakan janin yang ada dalam kandungan Anda. Hal ini karena terdapat perbedaan ketika janin mulai berkembang dan ruang pergerakan juga semakin sempit. Namun yang harus Anda perhatikan bahwa ketika terdapat perubahan drastis pada pergerakan janin, ibu harus segera mengkonsultasikannya ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Sering Terjadi Kram Perut

Kram perut pada ibu hamil, adalah hal yang normal yang biasa terjadi. Hal ini karena janin terus berkembang dalam perut ibunya. Namun hal yang harus Anda waspadai adalah ketika kram perut terjadi terlalu sering dan terasa sangat sakit. Kram perut yang parah bisa menjadi pertanda placental abruption yang dapat menjadi gawat janin. Jika hal itu terjadi, pastikan Anda harus segera berkonsultasi ke dokter.

Pendarahan pada Vagina

Sedikit Vagina Bleeding atau pendarahan pada vagina merupakan suatu yang normal saat dalam masa kehamilan. Walaupun begitu, hal ini juga bisa menandakan terjadi gawat janin. Selalu konsultasikan ke dokter apa yang Anda alami agar mendapat penanganan. 

Tekanan Darah Tinggi

Dalam usia kehamilan, minggu ke-20 adalah usia dimana bagi sebagian wanita hamil akan mengalami tekanan darah yang naik dan disertai dengan munculnya protein dalam urin. Namun, tekanan darah tinggi selama hamil, bisa menyebabkan masalah kekurangan oksigen pada janin (gawat janin) dan gangguan plasenta. Oleh karena itu, jika sudah terjadi gejala darah tinggi, ibu hamil diperkenankan untuk berkonsultasi ke dokter.

Cairan Ketuban yang Kadarnya tak Normal

Pada saat Anda diperiksa dokter, dokter juga akan mendapat hasil tentang lada cairan ketuban. Hal ini juga berguna untuk memonitor kondisi bayi. Kadar cairan yang terlalu banyak dan juga terlalu sedikit bisa saja menandakan bahwa bayi sedang mengalami gawat janin. Warna selaput ketuban juga bisa menjadi penanda kesehatan bayi dan ibu.

Demikianlah pengertian gawat janin dan beberapa gejala yang harus kita waspadai. Pastikan untuk selalu rutin periksa ke dokter pada saat masa kehamilan.

About eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top