Wednesday, November 13, 2019
Artikel Terkini
You are here: Home » Review » Memahami Adanya Denda Dalam Penggunaan Peti Kemas

Memahami Adanya Denda Dalam Penggunaan Peti Kemas

Kini kegiatan ekspor dan impor semakin padat. Baik dari segi daya konsumtif masyarakat terhadap barang impor semakin tinggi, maupun dari segi bagaimana produk-produk lokal semakin dibutuhkan di pasar internasional. Karena itu biaya demurrage ini kian banyak dikenakan karena tidak sedikit perusahaan terkait yang membutuhkan waktu lebih lama dalam urusan distribusi logistik.

Apa itu biaya atau denda demurrage? Biaya atau denda ini merupakan sejumlah tagihan tambahan yang dikenakan kepada pihak pengguna peti kemas atas keterlambatan pengembalian peti kemas tersebut. Dalam kegiatan ekspor impor, penggunaan peti kemas sangat umum.

Kesepakatan Waktu yang Ditentukan Kedua Pihak

Tentu denda ini tidak tiba-tiba dikenakan ke pihak perusahaan yang melakukan keterlambatan. Biasanya terdapat juga kesepakatan di antara pihak yang menyewa dengan pihak pemberi sewa peti kemas. Seperti membuat kesepakatan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya saja menggunakan fasilitas dari CLFD Karawang New Industry City development untuk distrobusi logistik. Lalu memperhitungkan waktu yang dibutuhkan, termasuk waktu tambahan yang diperkirakan bisa saja dibutuhkan karena beresiko. Contoh, waktu khusus ketika pihak cukai harus memeriksa barang lebih lama. Adanya kesepakatan antara dua pihak ini bisa menghindari denda demurrage.

Alasan Keterlambatan Hingga Dikenakan Biaya Demurrage

Besar biaya yang dikenakan juga tergantung pada kebijakan pihak pemberi sewa peti kemas. Umumnya batas waktu penggunaan 7 hingga 10 hari. Lebih dari itu dikenakan biaya, kecuali memang sudah membuat kesepakatan seperti yang telah dijelaskan di atas. Besar biayanya akan dihitung sesuai dengan lamanya perusahaan mengembalikan peti kemas.

Memang apa saja bisa terjadi dalam kegiatan distribusi atau aliran logistik ekspor impor. Kalau perusahaan menggunakan fasilitas peti kemas yang sejak awal sudah dibarengi kesepakatan seperti mengandalkan fasilitas milik CLFD Karawang New Industry City development dengan standar kelas internasional.

Penyewaan dan Penggunaan Peti Kemas Secara Tepat

Untuk terhindar dari biaya demurrage dibutuhkan perhitungan waktu penggunaan yang tepat. Perhitungan waktu yang dibutuhkan bila memang barang-barang logistik memiliki risiko seperti jenis barang yang sering ditahan dan diperiksa lebih rinci sehingga membutuhkan waktu lebih lama.

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top