Wednesday, November 13, 2019
Artikel Terkini
You are here: Home » Kesehatan » Kenali Apa Itu Vaksin HPV

Kenali Apa Itu Vaksin HPV

Vaksin HPV adalah jenis vaksin yang berfungsi untuk mencegah infeksi virus HPV. Meski lebih direkomendasikan bagi wanita untuk mencegah kanker serviks, vaksin ini juga bisa diberikan kepada pria. Tujuan pemberian vaksin kepada pria adalah untuk melindungi pasangan mereka terhadap risiko infeksi HPV.

Virus HPV dapat menyebabkan infeksi kulit, menyebabkan kutil kelamin dan menyebabkan kanker. Kanker yang disebabkan oleh HPV dapat berupa kanker serviks, vulva, vagina, penis dan anal. HPV juga dapat menyebabkan kanker di belakang tenggorokan, lidah, dan amandel, juga disebut kanker orofaringeal. HPV menyebar melalui kontak seksual, termasuk seks oral. Sampai sekarang, diketahui bahwa vaksin HPV mengurangi risiko infeksi HPV, terutama di organ seksual. Vaksin ini juga berperan penting dalam mengurangi jumlah kasus dan menyebarkan kanker serviks.

Indikasi untuk vaksin HPV
Atas dasar analisis berbagai penelitian, vaksin HPV idealnya harus diberikan kepada anak perempuan dan laki-laki berusia 9-12. Tujuannya adalah untuk memberikan kekebalan terhadap infeksi HPV sebelum penerima vaksin aktif melakukan hubungan seksual. Vaksin HPV bekerja lebih baik ketika diberikan sebagai remaja dibandingkan ketika diberikan sebagai orang dewasa.

Namun, jika Anda belum menerima atau belum menerima vaksin HPV pada usia 9-12, vaksin HPV dapat diberikan kepada wanita berusia 13-26 tahun. Vaksin HPV juga dapat diberikan kepada wanita yang telah aktif dalam hubungan seksual. Namun, perlu diingat bahwa vaksin ini tidak dapat mengobati infeksi HPV.

Peringatan vaksin HPV
Vaksin HPV tidak direkomendasikan untuk wanita yang sedang hamil atau sakit parah. Selain itu, vaksin HPV tidak boleh diberikan kepada orang yang alergi terhadap komponen vaksin atau yang pernah mengalami alergi setelah menerima vaksin HPV sebelumnya. Jika Anda memiliki alergi terhadap lateks atau ragi, beri tahu dokter Anda sebelum Anda menerima vaksin HPV.

About eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top