Wednesday, October 16, 2019
Artikel Terkini
You are here: Home » Kesehatan » Kenali Dulu Faktor Penyebab Migrain Berikut untuk Pengobatan yang Lebih Optimal

Kenali Dulu Faktor Penyebab Migrain Berikut untuk Pengobatan yang Lebih Optimal

Migrain termasuk dalam jenis masalah kesehatan yang rentan menjangkiti siapa saja, tanpa memandang usia dan juga jenis kelamin. Meskipun dikatakan sebagai sakit kepala sebelah, namun rasanya justru jauh lebih sakit dibandingkan dengan sakit kepala biasa. Bahkan menurut sebuah study dikatakan bahwa satu dari lima wanita maupun satu dari 15 pria memang sering kali mengalami migrain ini. Penyebab migrain sendiri sangatlah beragam, mulai dari hal-hal ringan hingga membahayakan atau beresiko tinggi.

Pada dasarnya migrain ini sendiri akan muncul ditandai dengan beberapa gejala, seperti diantaranya adalah rasa sakit yang tiba-tiba pada kepala, namun hanya satu bagian atau sebelah saja. Sensasi berdenyut tersebut biasanya akan terjadi selama beberapa saat saja atau berangsur selama beberapa waktu kemudian hilang. Migrain ini sebenarnya juga berbeda dengan sakit kepala sebelah atau yang juga dikenal sebagai cluster headache. Karena sakit kepala sebelah biasa biasanya tidak disebabkan karena gangguan syaraf.

Jika sudah mengalami migrain ini pastinya akan sangat menganggu aktivitas Anda bukan, untuk itulah hendaknya segera dilakukan pengobatan, sehingga bisa lebih efektif di dalam meredakan masalahnya tersebut. Namun untuk mengobatinya juga harus tahu terlebih dahulu faktor penyebab migrain ini. Berikut yang hendaknya Anda ketahui, yaitu:

  1. Genetik, menurut sebuah study disebutkan bahwa pembuluh darah yang membengkak ini adalah penyebab umum terjadinya migrain, hal tersebut bisa terjadi karena migrain adalah gangguan neurologis yang sifatnya adalah turunan, sehingga ketika Anda memiliki orang tua baik itu satu aau keduanya yang mengalami masalah kesehatan ini, maka beresiko tinggi nantinya juga akan menjangkiti diri sendiri. peluangnya antara 50 hingga 70 persen mengalami migrain juga.
  2. Mengkonsumsi makanan dan juga minuman tertentu, konsumsi MSG berlebihan dan juga kafein memang bisa menyebabkan terjadinya migrain, hal ini dikarenakan karena memang bahan-bahan tersebut dapat menekan syaraf pusat dan juga pembuluh darah yang ada pada otak. Sehingga membuatnya jadi semakin menyempit dan juga berkontraksi. Makanan dengan kandungan flavonoid, kemudian juga tiramin dan phenylethylamine juga bisa menyebabkan perubahan hormon yang ada di otak, akibatnya memicu migrain, karena berpengaruh pada aliran darah, untuk itu harus dikurangi konsumsinya.
  3. Haid, pada wanita dalam kondisi-kondisi tertentu seperti diantaranya adalah datang bukan memang sering kali terjadi perubahan hormon yang sifatnya sangat signifikan. Seperti diantaranya adalah perubahan pada hormon esterogen, ini akan menyebabkan mereka rentan sekali mengalami migrain, setidaknya ada sekitar 62 persen wanita yang mengalami kondisi tersebut.
  4. Perubahan cuaca, cuaca yang berubah secara mendadak, mulai dari panas yang terik hingga tiba-tiba hujan atau dingin membuat serangan migrain juga bisa datang.
  5. Aroma yang terlalu kuat, seperti diantaranya adalah asap rokok, kemudian juga aroma parfum yang sengat menyengat sering kali menyebabkan seseorang mengalami migrain.
  6. Stres, hal ini terjadi karena peningkatan dan juga penurunan kondisi emosional secara tiba-tiba, sehingga kerap kali menyebabkan migrain.

Setelah mengetahui faktor penyebab migrain ini, maka bisa menemukan langkah terbaik untuk mengobatinya. Karena sebenarnya pengobatan untuk masalah kesehatan yang satu ini memang tidak semata-mata harus dilakukan dengan obat-obatan medis. Melainkan juga dengan alternatif pengobatan lain yang jauh lebih aman. Lebih baik mencegah daripada mengobati, diantaranya adalah dengan olahraga secara teratur, kemudian juga istirahat secara cukup dan memperhatikan pola makan.

About eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top