Wednesday, November 13, 2019
Artikel Terkini
You are here: Home » Pengetahuan » Kawasan Industri Memberi Banyak Keuntungan Pada Sebuah Daerah

Kawasan Industri Memberi Banyak Keuntungan Pada Sebuah Daerah

Keberadaan kawasan industri ini semakin diperhatikan oleh pemerintah dan para pelaku bisnis. Kawasan yang dibangun dalam menyempurnakan aktivitas industri sendiri terbukti mendatangkan banyak keuntungan, misalnya bagi suatu daerah dengan potensi industrinya yang besar. Bentuk kawasan industri pun beragam, salah satunya world class industrial estate yang mengikuti standar internasional.

Saking berpengaruh atau memberi keuntungan dalam berbagai hal, keberadaan dan pembangunan kawasan industri ini diawasi oleh pemerintah. Sebenarnya apa saja tujuan adanya kawasan industri tersebut? Berikut ulasannya.

Tujuan Adanya World Class Industrial Estate

Keberadaan kawasan industri kelas dunia atau mengikuti standar internasional ini memiliki tujuan berupa:

  1. Membantu Dalam Pertumbuhan Industri

Tujuan pertama tentu berhubungan dengan pertumbuhan industri. Keberadaan kawasan industri yang mampu berdiri mengikuti standar internasional akan sangat membantu dalam pertumbuhan dan kemajuan industri di satu negara. Seperti KNIC Karawang yang selain daerah tersebut, juga ikut meningkatkan pertumbuhan industri di sekitarnya. Bahkan lebih luas lagi.

  1. Mempermudah Kegiatan Industri

Selanjutnya, kawasan ini akan mempermudah kegiatan-kegiatan industri, serta aktivitas di dalamnya. Tidak pada satu atau dua bidang saja, tetapi mencakup berbagai bidang yang bergerak di satu kawasan yang sama. Dilengkapi fasilitas terbaik.

  1. Menyediakan Lahan Industri

Keberadaan kawasan ini ikut memperluas dan membantu dalam penyediaan lahan industri. Artinya pembangunan kawasan bertujuan agar industri-industri bisa berjalan dalam sebuah lingkungan yang mendukung yang mana dibantu juga dalam penyediaan pelayanan serta fasilitas agar pergerakan kegiatan industri lebih lancar. Contohnya KNIC Karawang dengan infrastruktur yang matang.

  1. Mendorong dan Potensi Industri di Kawasan Tertentu

Kawasan-kawasan berupa lahan industri dan disempurnakan fasilitas juga layanan khusus ini memiliki tujuan lain yaitu mendorong potensi industri di daerah dan kawasan tertentu. Bisa dilihat dari keberadaan Karawang New Industry City.

KNIC sebagai world class industrial estate dibangun penuh inovasi dan mendukung pergerakan ekonomi Indonesia. Selain itu dilengkapi oleh berbagai sektor industri yang mampu memenuhi semua kebutuhan. Mulai dari makanan, konstruksi bahan bangunan, hingga penyediaan pelayanan logistik.

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top