Sunday, August 25, 2019
Artikel Terkini
You are here: Home » Review » 4 Tempat Wisata Yang Unik Di Palembang

4 Tempat Wisata Yang Unik Di Palembang

Palembang bukan hanya terkenal dengan pempeknya saja, namun banyak juga tempat wisata yang unik di Palembang yang bisa anda kunjungi. Lalu apa saja tempat wisata tersebut? Nah untuk itu dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang 4 tempat wisata yang unik di Palembang sebagai berikut:

1. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho ini dibangun, pada awalnya bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara orang pribumi yang ada di Palembang dan warga Tionghoa, sekaligus untuk memperdalam agama Islam, dan memperkenalkannya kepada masyarakat. Seperti yang sudah diketahui, bahwa nama Cheng Ho diambil dari seorang panglima perang angkatan laut asal Tiongkok pada abad 15 silam. Pada awalnya, panglima Cheng Ho ini bertujuan melakukan ekspedisi perdagangan, namun secara tidak langsung dia juga memperkenalkan Islam kepada masyarakat setempat.

2. Bukit Siguntang

Tempat wisata ini merupakan sebuah bukit kecil yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter dari permukaan air laut yang letaknya sekitar 3 KM dari Sungai Musi bagian utara. Bukit Siguntang ini, pada masa Kerajaan Sriwijaya dikenal sebagai tempat peribadatan Ummat Budha pada waktu itu, dan sebagai tempat bertapa. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya arca yang berukuran besar disana. Bahkan hingga saat ini, banyak masyarakat setempat yang masih mensakralkan Bukit Siguntang ini. Sehingga tidak aneh kalau banyak orang yang menngunjungi tempat ini, untuk  berziarah ke makam-makan bangsawan Palembang.

3. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro ini merupakan pulau legendaris yang terletak di tengah Sungai Musi. Di tempat ini anda melihat sebuah kelenteng yang sering dikunjungi oleh ummat Budha untuk beribadah dan berziarah. Hal ini dilakukan, karena di tempat ini terdapat sebuah makam seorang Putri Palembang yang menikah dengan seorang pangeran dari Tiongkok. Konon sang pangeran sanga pangeran meninggal karena tenggelam di Sungai Musi ini, yang kemudian disusul oleh sang putri. Selain itu, di tempat ini juga terdapat sebuah pagoda yang memiliki 9 lantai yang dibangun pada tahun 2006 yang lalu.

4. Jembatan Ampera dan Sungai Musi 

Perlu anda ketahui bahwa pada mulanya, jembatan yang memiliki panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter ini dinamai Jembatan Bung Karno. Pemberian nama Jembatan Bung Karno ini ditujukan sebagai penghormatan kepada sang Presiden pertama Indonesia yang telah memperjuangkan warga Palembang yang menginginkan sebuah jembatan diatas Sungai Musi. Akan tetapi, sang Presiden menolak pemberian nama tersebut. Sehingga akhirnya jembatan itu diberi nama Jembatan Ampera yang sangat sesuai dengan slogan bangsa Indonesia pada waktu itu, yakni Amanat Penderitaan Rakyat (Ampera) pada tahun 60 – an. Sedangkan Sungai Musi sendiri merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatra yang membelah Palembang menjadi 2 bagian. Di tempat ini banyak sekali objek wisata yang unik dan menarik, seperti Kampung Arab, Benteng Kuto Besak, Restoran Terapung, dan lain sebagainya.

Itulah 4 tempat wisata yang unik di Palembang. Jika kamu hendak mencari hotel terdekat di lokasi wisata, Anda bisa menggunakan misteraladin.com. Semoga informasi ini ada guna dan manfaatnya.

About eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top