Monday, April 22, 2019
Artikel Terkini
You are here: Home » Internet » Seberapa Dalam Kalian Mengetahui Tentang Diabates Dan Gejalanya?

Seberapa Dalam Kalian Mengetahui Tentang Diabates Dan Gejalanya?

Diabetes melitus merupakan penyakit yang disebabkan oleh kekurangan insulin atau berkurangnya efektivitas insulin. Insulin adalah hormon yang dibentuk oleh pankreas. Pankreas mengeluarkan insulin ke dalam aliran darah. Kekurangan insulin ini ditandai dengan hiperglikemia atau peningkatan kadar glukosa melebihi normal. Diabetes ditandai dengan kondisi hiperglikemia berlangsung terus- menerus..

Menurut data dari Perkumpulan Endokrinologi (PERKENI) pada tahun 2015, mereka menyatakan bahwa jumlah penderita diabetes melitus di Indonesia teah mencapai 9,1 juta orang. Indonesia disebut-sebut telah bergeser naik dari peringkat 7 menjadi peringkat ke 5 teratas diantara negara-negara dengan jumlah penderita diabetes melitus terbanyak dunia. Perkiraan Organisasi kesehatan dunia WHO (World Health Organisation)  jumlah penderita diabtes melitus di Indonesia akan terus melonjak, dari semula 8,4juta orang di tahun 2000 menjadi sekitar 21,3juta orang di tahun 2030. Usia penderita diabetes melitus kini semakin muda,sebelumnya berusia 40 hingga 59 tahun dengan jumlah sebanyak 4.651.000 orang. Kelompok yang terakhir terdiri dari penderita diabetes melitus berusia 60 hingga 79 tahun berjumlah sekitar 2 jutaan orang, tapi kini 1 dari 5 penderita diabetes masih berumur dibawah 40 tahun dengan jumlah sebanyak 1.671.000 orang.

Klasifikasi Diabetes Melitus Berdasarkan penyebabnya, diabetes digolongkan menjadi 3 jenis yaitu:

  1. Diabetes mellitus tipe 1

Diabetes melitus tipe 1 disebabkan oleh kegagalan tubuh untuk memproduksi insulin. Diabetes tipe ini dapat sebagian besar penderitanya kurus. Penderita akan membutuhkan insulin dari luar tubuh secara rutin terus-menerus sepanjang hidupnya.
 

  1. Diabetes mellitus tipe 2

Diabetes melitus tipe 2 disebabkan karena kekurangan insulin, Hal ini menyebabkan tubuh memiliki masalah dalam mengubah karbohidrat menjadi energi sehingga terjadi peningkatan kadar glukosa dalam darah. Diabetes tipe 2 merupakan jenis penyakit yang dapat menyerang orang dari segala usia, dan . penderita diabetes tipe 2 dapat  mengontrol kadar gula darahnya dengan diet, olahraga, antidiabetik oral atau kadang-kadang memerlukan suntikan insulin, mayoritas tipe ini terjadi pada orang berusia diatas 30 tahun. Dan jika seseorang yang terjangkit penyakit ini tidak melakukan terapi pengobatan dan perubahan gaya hidup yang tepat maka dapat menimbulkan resiko penyakit jantung, kebutaan, kerusakan saraf dan organ,dan kondisi serius lainnya. 

  1. Diabetes mellitus gestasional.

Diabetes melitus gestasional terjadi karena adanya hormon kehamilan yang bekerja berlawanan dengan insulin, sehingga tipe ini dapat menyerang wanita hamil yang tidak pernah menderita diabetes melitus sebelumnya tetapi ketika hamil memiliki kadar glukosa yang tinggi dan biasanya terjadi pada kehamilan trimester ke-2 atau ke-3 (setelah usia kehamilan 3 atau 6 bulan), akan tetapi umumnya tipe ini akan menghilang sengan sendirinya setelah proses melahirkan.
 

Tanda dan Gejala Diabetes Melitus Gejala hiperglikemia/ diabetes yang khusus adalah

  1. Sering mengalami polifagia (kelaparan ekstrim)
  2. ifagia muncul disebabkan karena beberapa bagian besar sel-sel tubuh kita mengalami kelaparan (tidak mendapatkan makanan yang dibutuhkan), karena glukosa makanan yang kita konsumsi tidak masuk ke dalam sel.
  3. Cepat merasa lelah dan mengantuk Hal ini disebebkan karena sebagian sel-sel tubuh kita tidak mendapatkan glukosa yang dibutuhkan untuk tetap bugar.
  4. Penurunan berat badan yang terlalu cepat dan tanpa sebab yang jelas.
  5. Emosi yang tidak stabil.
  6. Pendangan menjadi kabur.
  7. Cepat merasa haus (polidipsia) dan sering buang air kecil (poliuria).
  8. idipsia muncul karena sebagian besar air yang ada di dalam sel tertarik ke dalam darah (yang mengandung glukosa dalam jumlah yang tinggi) akibat perbedaan tekanan osmosis. Akibatnya, sel kekurangan cairan.
  9. iuria muncul karena air di dalam pembuluh darah terlalu banyak sehingga perlu dikeluarkan

About eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top