Monday, April 22, 2019
Artikel Terkini
You are here: Home » Internet » Penyebab Biang Keringat

Penyebab Biang Keringat

penyebab biang keringat

Biang keringat, atau juga yang biasa dikenal dengan miliaria, adalah jenis ruam kulit yang terjadi saat keringat, sel kulit mati, atau bakteri terperangkap di bawah kulit anda, atau saat kelenjar keringat tersumbat. Biang keringat biasanya muncul pada leher, bahu, dada dan juga area di sekitar ketiak, siku, dan pangkal paha. Biang keringat ini biasanya akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Akan tetapi pada kasus yang serius, biang keringat dapat mengganggu mekanisme regulasi panas pada tubuh. Siapapun dapat mengalami biang keringat dan penyebab biang keringat juga beragam. Bayi dan anak – anak dapat mengalami biang keringat saat cuaca panas atau lembab, karena kelenjar keringat masih belum terbentuk sempurna. Biang keringat dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut. Jika  memang Anda memiliki tanda – tanda atau gejala – gejala di biang keringat atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing – masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab biang keringat biasa terjadi saat suhu panas dan lembap. Kondisi ini terjadi jika Anda tinggal atau berpergian ke negara – negara tropis atau sedang mengenakan pakaian yang membuat kulit tidak dapat bernapas. Biang keringat biasanya akan lebih parah pada area yang tertutup rapat. Pada beberapa kasus, orang dapat mengalami biang keringat saat musim dingin karena pakaian yang mereka gunakan. Biang keringat pada orang dewasa, keringat berlebih dapat membuat pori – pori dan kelenjar keringat bekerja berlebih dan tersumbat. Keringat yang tersumbat inilah yang membuat iritasi kulit dan biang keringat dalm tubuh anda. Namun pada anak – anak, kelenjar keringat mereka masih belum terbentuk dengan sempurna dan mudah pecah, menyebabkan keringat terperangkap di bawah kulit. Memiliki berat badan yang lebih atau biasa disebut obesitas dapat menyebabkan keringat berlebih juga. Olahraga dan juga bed rest yang berlebihan juga akan menyebabkan biang keringat.

Seperti kita ketahui biang keringat biasanya akan menghilang sendiri dalam beberapa hari. Namun beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi biang keringat adalah menghindari situasi panas, lembap, mengenakan pakaian katun yang longgar, dan kurangi berkeringat. Anda juga bisa menggunakan pengobatan untuk meredakan rasa gatal. Beberapa obat yang bisa anda gunakan agar penyebab biang keringat cepat sembuh adalah: losion calamine, krim hydrocortisone, tablet antihistamin dan steroid topikal. Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan pengobatan yang memerlukan resep agar lebih aman. Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi biang keringat?Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda untuk mengatasi biang keringat.

Anda harus menghindari merasa kepanasan dengan berteduh saat di luar dan minum banyak air untuk menghidrasi pada tubuh Anda. Jika dari luar saat cuaca panas segeralah mandi dengan air dingin untuk menyejukkan kulit Anda. Berada di ruangan ber-AC atau menggunakan kipas angin juga dapat membantu menghindari penyebab biang keringat muncul. Anda dapat menggunakan kompres dingin, namun hindari menggunakannya lebih dari 20 menit. Jika biang keringat anda tidak kunjung hilang atau ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter anda untuk solusi terbaik masalah Anda. Beberapa hal diatas tentunya perlu diperhatikan jika anda tidak ingin terkena biang keringat.

About eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top