Wednesday, July 24, 2019
Artikel Terkini
You are here: Home » Kesehatan » Perlukah Baby Spa?

Perlukah Baby Spa?

Pergi ke spa terdekat bisa menjadi salah satu solisi untuk memanjakan diri Anda ketika sedang dilanda penat atau jika Anda sekadar ingin menyegarkan diri dan juga pikiran. Namun ternyata, tidak hanya orang dewasa saja yang bisa menikmati perawatan yang memanjakan diri di spa. Akhir – akhir ini, baby spa atau spa bagi bayi sangatlah marak bermunculan, terutama di kota – kota besar di indonesia. Para pendiri baby spa mengklaim berbagai manfaat kesehatan untuk si buah hati. Akan tetapi, benarkah spa memang baik untuk perkembangan buah hati Anda? Atau malah jangan – jangan hanya sekadar trend saja? Sebelum Anda memanjakan bayi di spa, pertimbangkan dulu beberapa hal yang wajib anda ketahui berikut ini.

Seperti yang kita ketahui bersama baby spa adalah salah satu perawatan yang dirancang untuk memberikan stimulasi positif pada bayi yang berusia 3 minggu sampai  dengan 3 tahun. Pada umumnya baby spa terbagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, buah hati Anda akan berendam di dalam kolam khusus dengan menggunakan pelampung khusus anak bayi. Sesi ini biasanya berlangsung selama 10 hingga 15 menit, tergantung pada reaksi bayi Anda saat pertama kali masuk ke dalam air. Jika sudah terbiasa, durasinya bisa menjadi 30 menit bahkan lebih. Setiap fasilitas spa bayi memiliki kriteria yang berbeda – beda. Pada kebanyakan spa bayi, bayi Anda akan berendam di kolam bersama satu atau dua bayi lain secara bersamaan. Air pada kolam yang hangat tentunya akan diganti setiap sesi berakhir. Untuk kolam bayi berusia di atas 6 bulan, tentu berbeda penanganan yaitu airnya mungkin tidak selalu diganti setiap sesi karena sudah menggunakan teknologi saringan ozon.

Pada sesi selanjutnya kedua atau setelahnya, bayi akan dipijat oleh seorang terapis yang berpengalaman. Pijat bayi ini berlangsung selama kurang lebih 15 menit. Beberapa spa membolehkan Anda atau pasangan untuk belajar memijat bayi sendiri yang tentunya dengan bimbingan. Akan tetapi, umumnya seorang terapis yang sudah bersertifikat akan memijat bayi Anda sendiri. Karena aturan dan kebijakan setiap spa berbeda, namun sebaiknya Anda cari informasi terlebih dulu selengkapnya dan anda bisa bandingkan beberapa fasilitas baby spa sebelum mendaftarkan bayi Anda ke spa tersebut. Dikarena popularitasnya semakin meningkat, para ahli mulai mencari tahu manfaat baby spa bagi perkembangan mental dan fisik pada bayi. Menurut berbagai penelitian yang dilakukan, baby spa ternyata memang baik untuk tumbuh kembang sibuah hati.

Manfat yang didapat dari baby spa adalah mengambang di kolam akan membantu bayi melatih keseimbangan. Selain itu juga mendorong perkembangan motorik dan koordinasi tubuh karena pada saat bayi di dalam air bayi akan belajar menendang – nendang, mengayunkan tubuhnya, dan menggerakkan kedua tangannya secara lebih bebas. Baby spa juga dapat meningkatkan kekuatan otot dan tulang bayi melalui gerakan di dalam air yang tekanannya lebih besar. Berendam pada kolam hangat akan menjadikan bayi merasa lebih rileks dan tenang. Proses pemijat bayi juga akan mengurangi rasa kegelisahan dan tangisan pada bayi, terutama ketika sedang tidur di malam hari. Selanjutnya mencegah masalah pencernaan melalui pemiijatan bayi. Dan juga mendorong perkembangan otak melalui stimulasi sensorik. Otak akan menghasilkan sel – sel baru setiap bayi beraktivitas pada kolam yang disediakan baby spa. Saraf – saraf otak juga akan membentuk banyak koneksi baru karena berbagai indra bayi mendapat rangsangan berupa sentuhan dari pijat bayi tersebut, wangi dari minyak pijat, dan air hangat saat berendam.

About eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top