Monday, April 22, 2019
Artikel Terkini
You are here: Home » Kesehatan » Teh Tarik Yang Mendunia

Teh Tarik Yang Mendunia

teh tarik

Teh tarik ialah minuman khas dari Malaysia yang biasanya dijual oleh para mamak (orang India Muslim) di Malaysia dan Singapura. Minuman ini berupa teh yang diberi susu kental manis yang dituangkan dari satu gelas ke gelas lainnya (ditarik). Dalam proses penarikan ini, kandungan-kandungannya menjadi semakin tercampur rata dan aromanya keluar. Selain itu proses penarikan juga membantu mendinginkan suhu minuman dan memberikan lapisan busa lembut di bagian atasnya yang terbentuk karena kandungan gula di dalam air teh. Teh tarik dan teh es merupakan minuman yang banyak dijual di rumah makan para mamak, dan biasanya diminum bersama hidangan seperti nasi lemak, roti canai, roti telur, atau roti tempayan. Bubuk teh yang dijual kiloan sering digunakan untuk membuat teh tarik. Setelah diseduh, teh disaring dengan kain kasa dan dicampur dengan susu kental manis. Teh tarik biasanya dibuat dengan menggunakan teh serbuk yang murah dan dibeli secara pukal (pada kebiasaanya). Serbuk teh ini akan dibancuh dan ditapis dengan menggunakan lapisan kain.

Teh tarik pernah diburuk-burukkan oleh kabar angin yang katanya bahwa minuman teh tarik dicampur dengan sabun serbuk bagi menambah buihnya. Buih teh tarik tersebut sebenarnya terbentuk disebabkan teh dicurah diantara dua koleh dan kepekatan kandungan gula dalam air teh menyebabkan buih yang terbentuk dapat bertahan lama. Cara yang sama digunakan bagi mengekalkan buih sabun ketika bermain buih sabun. Cuma tambahkan gula kedalam larutan sabun bagi menjadikan buih sabun tahan lebih lama. Kalau mau membuat teh tarik, biar rasanya mirip jangan pakai sembarangan. Pilih teh jenis asam atau Ceylon keluaran Dilmah atau Twinnings. Pilih yang daun, jangan yang celup. Campurannya baru pakai susu kental manis. Kalau di Duri hampir setiap warung makan ada yang jual teh telor. Kalau yang ini memang pakai kuning telor, lalu dikocok pakai mixer hingga berbuih, dikasih susu kental manis. Waktu minumnya supaya tidak berbau anyir, dikasih perasan jeruk nipis, pernah coba juga tapi agak aneh, habis seperti makan adonan kue.

Teh tarik di Damansara, teh tarik sama sekali tidak pakai telor. Bahan yang digunakan (makanya teh tarik di Malaysia rasanya beda sama kalau buat sendiri, sama yang ada direstoran Malaysia disini ataupun sama teh tarik instan seperti max tea itu). 2 macam teh itu diseduh sampai kental, terus disaring (biar tidak masuk ampasnya) dan dimasukkan kedalam gelas sampai kurang lebih 1/4 gelas. Kemudian masukkan susunya itu dan ditambah air panas sampai gelasnya penuh. Setelahnya, setelah itu dituang biar berbuih dengan menggunakan wadah yang lebih besar dari gelas (misalnya kaleng atau gelas besar sekalian). Waktu menuang itu baik gelas maupun wadah yang besar itu ditarik kearah menjauhi keduanya sehingga menghasilkan buih waktu tehnya masuk ke wadah yang besar itu. Setelah itu masukkan kembali ke dalam gelasnya.

Memerlukan keahlian tersendiri dalam tarik menarik ini, kalau tidak ahli yang ada bisa tumpah semua. Sepertinya yang buat rasa khas itu evaporated milk-nya Carnation dan tehnya harus yang bisa kental tapi tidak pahit. Nanti kalau minum teh tarik di seberang. Saran untuk pemula, bisa pakai ‘shaker’ untuk membuat buihnya, biar tidak kebanyakan tumpahnya buihnya. Rebus 2 cup air,masukkan teh celup,bunga kapulaga. Kalo teh sudah mendidih dan berbau wangi,masukkan susu cair,gula dan susu kental dan biarkan dia sampai mendidih,kalo kurang manis bisa di tambah sedikit gula. Saring itu teh ke dalam cup yang besar,lepas ambil lagi 1 cup yang sama besarnya biarkan ia kosong.

About eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top