Wednesday, July 24, 2019
Artikel Terkini
You are here: Home » Kesehatan » Penyebab Gigi Ngilu Yang Perlu diperhatikan

Penyebab Gigi Ngilu Yang Perlu diperhatikan

Gigi Ngilu

Kebanyakan orang indonesia minum minuman dingin seperti es bikin gigi tidak nyaman? Atau Anda meringis saat sikat gigi atau membersihkan mulut? Jika memang begitu, gigi Anda mengalami hal yang dikenal sebagai gigi sensitif yang dapat menimbulkan rasa gigi ngilu. Gigi menjadi sensitif ketika lapisan gigi yang disebut dentin terekspos ke bagian luar gigi, misalnya saja karena kerusakan enamel. Dentin terhubung dengan saluran yang berisi serabut – serabut saraf. Jadi, ketika dentin terpapar dingin, panas, atau makanan, otomatis serabut saraf juga terpapar dan membuat gigi ngilu. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gigi ngilu. Anda dapat menghindarinya agar rasa ngilu tidak berulang atau semakin parah. Saat menyikat gigi, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Ini agar gigi tidak ngilu karena kerusakan pada email gigi. Biasanya kesalahan yang dapat menyebabkan gigi ngilu adalah menyikat terlalu kencang dan terlalu ditekan. Lebih lengkapnya kunjungi https://www.tanyapepsodent.com/gigi-sensitif/inilah-penyebab-dan-cara-mengatasi-gigi-ngilu-dari-ahlinya.html

Faktor pemilihan sikat gigi pun juga menjadi penyebabnya. Menggunakan bulu sikat yang kasar dan keras dapat membuat gusi luka dan berakibat pada gigi ngilu. Hal ini lambat laun akan membuat pengikisan lapisan gigi. Dan akibatnya, gigi jadi ngilu dan sensitif. Solusi paling sederhana adalah beralih ke sikat gigi dengan bulu yang lebih lembut dan menyikat gigi dengan lebih pelan. Mungkin Anda tidak terlalu memperhatikan makanan yang Anda makan dapat mengganggu kesehatan gigi atau tidak. Namun, mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam, panas, atau dingin dapat memengaruhi kondisi gigi Anda. Terlebih, Anda tidak menyadari kondisi suhu minuman atau makanan yang Anda konsumsi. Ada beberapa yang tidak sadar bahwa bahaya minum es atau minuman yang terlalu dingin atau terlalu panas juga dapat menyebabkan pengikisan pada lapisan gigi. Inilah yang membuat gigi ngilu.

Selanjutnya adalah, kebiasaan makan makanan panas lalu langsung minum minuman dingin atau sebaliknya juga merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan pengikisan gigi. Jika jalur saraf Anda terpapar makanan asam seperti saus tomat, lemon, kiwi, dan acar, Anda juga bisa merasakan gigi ngilu. Dengan menghindari makanan atau minuman seperti ini bisa membantu Anda untuk menghindari sakit  gigi. Anda mungkin menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan kimia untuk memutihkan gigi. Bahan kimia ini kadang terlalu keras sehingga dapat merusak permukaan gigi dan berujung pada gigi yang sensitif. Jika pasta gigi Anda mengandung zat pemutih, pertimbangkan untuk beralih ke pasta gigi yang biasa atau yang khusus untuk gigi sensitif. Seperti pasta gigi pemutih, beberapa obat kumur mengandung alkohol dan bahan kimia lainnya yang dapat membuat gigi Anda lebih peka, terutama jika dentin Anda terbuka. Dentin terhubung ke pusat saraf dalam gigi. Jadi bila tidak terlindungi, pusat saraf akan rentan terhadap rasa sakit.

Sebagai gantinya, coba membersihkan gigi ngilu dengan menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa maknan yang menyelip di antara gigi dan tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Seiring bertambahnya usia terutama jika Anda tidak menjaga kesehatan gigi Anda, Anda bisa mengalami berbagai penyakit gusi. Penyakit gusi dapat menyebabkan sensitivitas pada gigi sehingga gigi terasa ngilu. Jika penyakit gusi atau radang gusi adalah masalahnya, dokter gigi Anda akan menawarkan perawatan yang tepat untuk mengobati penyakit yang jadi penyebabnya. Jadi, biasakan untuk rutin periksa ke dokter gigi Anda.

About eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top