Saturday, January 19, 2019
Artikel Terkini
You are here: Home » Kesehatan » Penyakit Kanker Payudara Bisa Dicegah Dengan Metode Ini

Penyakit Kanker Payudara Bisa Dicegah Dengan Metode Ini

Image result for kanker payudara

Kanker bisa dikatakan sebagai pertumbuhan sel yang tidak terkontrol dalam tubuh seseorang. Sementara kanker payudara adalah merupakan kanker yang pertumbuhannya berawal dari jaringan payudara. Gejala dari kanker payudara ini bisa terlihat dari benjolan pada payudara, perubahan ukuran payudara, perubahan pada puting payudara, keluarnya suatu cairan dari payudara dan juga perubahan warna kulit pada bagian payudara dan sekitarnya. Adapun cara perawatan kanker payudara ini bisa dilakukan dengan berbagai banyak cara, seperti diantaranya melakukan lumpektomi (melakukan operasi pemotongan benjolan pada payudara), melakukan mastektomi (metode pengangkatan payudara secara keseluruhan), melakukan kemoterapi, melakukan terapi hormone, melakukan terapi biologis, melakukan pembedahan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sementara untuk faktor penyebab dari penyakit kanker payudara ini sendiri biasanya diakibatkan oleh berbagai macam hal, seperti diantaranya karena efek paparan radiasi, faktor gen yang meningkatkan risiko terjadinya kanker, memiliki riwayat kanker payudara pada anggota keluarga, risiko meningkat seiring bertambahnya usia, menstruasi dini dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dan untuk langkah pencegahannya sendiri bisa dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan rutin setiap sebulan sekali untuk mencegah pertumbuhan sel kanker yang sedang berkembang dalam tubuh. Untuk wanita yang berada di rentang usia 40 an, disarankan untuk melakukan mammogram, sementara untuk wanita yang mempunyai histori keluarga pengidap kanker payudara, sangat dianjurkan untuk melakukan mammogram diatas 35 tahun. Kenapa harus dianjurkan untuk melakukan mammogram? Karena mammogram sangat dipercaya untuk bisa mendeteksi kanker payudara sejak dini, sehingga dengan begitu penderita kanker bisa memiliki kesempatan lebih besar untuk sembuh dari penyakit kanker payudara ini secara total.

Mammogram ini sendiri merupakan sebuah alat khusus yang menggunakan energi radiasi atau sinar X yang bisa digunakan untuk memantau perkembangan dalam jaringan pada payudara. Biasanya mammogram ini perlu dilakukan agar bisa mendeteksi sel kanker payudara ini tumbuh berkembang semakin parah. Dapatkan Informasi dan fakta menarik lainnya seputar penyakit kanker payudara dan penyakit lainnya, yang bisa anda akses dengan mudah melalui situs dan aplikasi kesehatan terbaik saat ini di Indonesia yakni di guesehat.

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top