Saturday, January 19, 2019
Artikel Terkini
You are here: Home » Finansial » Pentingnya Mempelajari Simulasi Kredit Mobil

Pentingnya Mempelajari Simulasi Kredit Mobil

Image result for mobil

Beberapa tahun belakangan keinginan masyarakat untuk memiliki kendaraan pribadi terutama mobil semakin meningkat. Selain karena faktor pribadi atau keluarga, beredarnya mobil-mobil dengan harga murah menjadi alasannya. Sebelum melakukan pembelian alangkah baiknya jika anda terlebih dahulu mempelajari sistem simulasi kredit mobil. Sistem ini merupakan layanan yang diberikan oleh leasing dan bank kepada calon pembeli. Jika anda menggunakan layanan ini maka pihak leasing atau bank akan menjelaskan terlebih dahulu tentang syarat, perjanjian, dan perhitungan simulasi kredit kepada calon pembeli.

 

Manfaat Belajar Simulasi Kredit Mobil

Ada banyak manfaat yang akan anda dapatkan jika memahami simulasi kredit mobil. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

 

1.     Mengetahui rincian produk dan biaya

Hal pertama yang akan anda dapatkan adalah rincian mengenai produk dan biaya dari mobil yang akan  dibeli. Setelah menentukan mobil apa yang ingin dibeli gunakanlah layanan simulasi ini untuk mengetahui berbagai rincian biayanya. Pihak leasing atau bank biasanya akan menjelaskan mengenai beberapa hal mulai dari menentukan uang DP, pokok kredit, tarif bunga, besaran cicilan, dan biaya asuransi serta administrasi. Semuanya akan terlihat jelas dan detail sehingga anda bisa mengantisipasi kesalahpahaman dengan pihak leasing atau bank di kemudian hari. berikut adalah contoh dalam menghitung besaran pokok kredit mobil:

 

Misal anda ingin membeli mobil seharga 200 juta dengan uang DP 25% maka Uang DP: 25% x 200 juta = 50 juta, sehingga pokok kreditnya adalah 200 juta – 50 juta = 150 juta. Selain itu tentu saja and masih harus menghitung besaran biaya lain seperti bunga, asuransi, dan biaya administrasi.

 

2.     Menentukan jenis mobil

Dalam menentukan jenis mobil selain dari harga tentu saja harus melihat fungsinya. Mobil ayng akan anda beli apakah nantinya akan digunakan sebagai penunjang pekerjaan sehari-hari atau mobil keluarga. Jika memilih mobil penunjang pekerjaan maka kebutuhannya disesuaikan dengan jenis pekerjaan anda sedangkan untuk keluarga jenis mobil MVP bisa menjadi pilihan. Memahami fungsi mobil akan anda dapatkan dari penjelasan mengenai simulasi kredit mobil. Alangkah lebih baik apabila sebelumnya anda sudah mempunyai list dari jenis mobil yang akan dibeli.

 

3.     Memilih leasing dan bank

Banyak leasing dan bank yang menawarkan kredit mobil sebagai alternatif pembayaran. Ada beberapa perbedaan mengenai kredit mobil melalui leasing dan bank, sehingga anda harus mengetahui keuntungan dan kelemahannya. Pembayaran kredit melalui bank memiliki suku bunga yang lebih rendah daripada leasing. Kelemahannya adalah pengajuan kredit yang cukup rumit. Banyak dokumen yang harus anda siapkan mulai dari slip gaji, akta kelahiran, kartu keluarga, dan lain-lain. Meskipun semua dokumen sudah siap belum tentu kredit bisa disetujui karena pihak bank akan melakukan survei terlebih dahulu apakah anda layak menerima kredit atau tidak. Sedangkan pengajuan kredit melalui leasing lebih cepat dan praktis karena dibantu oleh staff leasing. Kekurangannya adalah suku bunga yang tinggi dan masih adanya biaya lain seperti asuransi, fidusia dan provisi yang wajib anda bayar. Namun tenang saja karena anda akan dibantu dalam memilih leasing atau bank melalui simulasi kredit mobil.

 

Nah itu tadi beberapa manfaat yang anda dapatkan dari simulasi kredit mobil. Jika anda masih bingung silahkan kunjungi situs toyotafinance.co.id. Anda akan mendapatkan penjelasan mengenai prosedur kredit mobil toyota dan bisa mengajukan pertanyaan secara langsung tanpa harus datang ke dealer resmi.

 

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top