Tuesday, November 20, 2018
Artikel Terkini


You are here: Home » Kesehatan » Ketahui Penyebab Diet Gagal

Ketahui Penyebab Diet Gagal

Tentu saja setiap orang pastinya ingin sekali memiliki berat badan yang ideal. Untuk mendapatkan hasil tersebut dapat ditempuh dengan cara diet. Diet merupakan salah satu cara untuk mempercepat metoblisme tubuh. Nah bagaimana jika kita mengalami gagal diet? dan apa penyebab diet gagal? Oleh karena itu, anda perlu membangun lebih banyak otot, minum air es, dan mencoba untuk tidak menghabiskan waktu untuk bermalas-malasan. Akantetapi ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh anda. Faktor-faktor ini juga dapat menggagalkan program diet anda. Terdapat banyak sekali faktor yang mampu mempengaruhi metabolisme tubuh seperti tidak suka minum susu, terlalu sering berada di dalam suhu yang panas, berolahraga tanpa memperhatikan waktu dan masih banyak lagi.

Mengkonsumsi minuman softdrink memiliki kadar gula ataupun kalori yang tinggi. Inilah yang seringkali menjadi kesalahan fatal dalam menjalani program untuk diet. Minuman lain yang anda anggap sehat juga tidak luput dari hal ini, misalnya saja minuman teh dalam botol bisa jadi mengandung gula/kalori yang hampir setara dengan minuman soda. Sebagai contoh bahaya softdrink bagi diet anda, satu botol Coca Cola 540 ml memiliki kadar gula/kalori yang setara dengan 4 buah apel atau satu piring salad. Jumlah tersebut tentunya memiliki efek yang signifikan terhadap penyebab diet gagal.

Dalam hal Junk Food, anda mungkin sudah sadar bahwa makanan tersebut tidaklah baik bagi kesehatan tubuh maupun bagi keberhasilan program diet. Namun yang jarang kita disadari adalah bahwa cemilan-cemilan yang sering anda makan seperti keripik kentang ataupun biskuit juga dapat menggagalkan program diet anda. Makanan-makanan ini seringkali memiliki kandungan gula maupun kalori yang tinggi. Dan dapat saja ketika Anda melakukan tes darah, Anda akan menemukan hasil bahwa diri Anda memiliki kolesterol yang tinggi, akibat mengonsumsi hunk food secara berlebihan.

Sebelumnya kita beberapa kali menyebutkan kata “kalori”, namun apa sih kalori itu? Untuk penjelasan mudahnya seperti ini, kalori dalam makanan dapat berarti energi yang dihasilkan oleh makanan tersebut yang diberikan kepada tubuh kita jika kita mengkonsumsinya. Semakin besar kalori yang terkandung dalam makanan maka semakin tinggi energi yang tubuh kita dapatkan. Hal ini menjadi masalah apabila energi yang masuk kedalam tubuh kita lebih tinggi dari energi yang dibutuhkan tubuh kita untuk beraktivitas. Energi yang berlebih tersebut pada akhirnya akan disimpan oleh tubuh anda dan disimpan sebagai cadangan energi dalam bentuk lemak, hal itulah yang membuat berat badan anda terus bertambah.

Kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kita setiap harinya berubah-ubah tergantung pada berbagai hal, mulai dari aktifitas sehari-hari hingga umur kita. Namun terdapat metode yang dapat kita gunakan untuk mencari rata-rata kalori yang kita butuhkan, secara umum kebutuhan kalori orang dewasa adalah 2000 Kkal. Untuk lebih detailnya, anda dapat menggunakan kalkulator kalori untuk mengetahui kebutuhan kalori tubuh anda secara lebih detail. Pertanyaan selanjutnya adalah, berapa banyak sih 2000 Kkal itu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, banyak hal yang harus kita perhatikan, namun jangan takut dulu kalau hal itu akan membuat anda kebingunan. Secara umum, makanan maupun sayur-sayuran memiliki kadar kalori yang relatif rendah, sedangkan makanan yang kaya lemak memiliki kandungan kalori yang relatif lebih tinggi. Untuk mengetahui secara umum kalori yang makanan, anda dapat melihat tabel kalori tiap tiap makanan.

About eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top