Tuesday, November 20, 2018
Artikel Terkini


You are here: Home » Review » Tips Memilih Trekking Pole yang Cocok untuk Para Pendaki
Tips Memilih Trekking Pole yang Cocok untuk Para Pendaki

Tips Memilih Trekking Pole yang Cocok untuk Para Pendaki

Pendaki gunung akan membutuhkan beberapa alat yang digunakan untuk mendukung kegiatan tersebut. Seperti dari alat yang digunakan secara bersama-sama seperti tenda, lampu senter, kompor, nesting, dan juga beberapa alat lainnya. Selain itu ada juga alat individu yang bisa digunakan untuk mendukung kegiatan mendaki gunung. Misalnya saja ada sepatu atau sandal gunung, matras, sleeping bag, dan juga trekking pole yang merupakan tongkat yang sering digunakan oleh para pendaki. Tongkat tersebut mempunyai manfaat dapat membantu ketika melakukan pendakian di medan yang sulit. Ketika akan memilih alat ini sendiri sebaiknya memperhatikan beberapa tips berikut ini sehingga akan mendapatkan jenis tongkat yang terbaik:

1. Memilih bahan tongkat
Tips pertama ketika akan memilih tongkat yang digunakan untuk membantu mendaki ini adalah dari bahannya. Ada beberapa bahan yang ada di pasaran tetapi ketika akan membelinya usahakan untuk memilih bahan yang ringan. Untuk pilihan bahan terbaik yang ada misalnya tongkat dari bahan alumunium. Dimana tongkat dari bahan alumunium terkenal dengan bahan yang kuat dan juga mempunyai kekuatan yang lebih baik karena lebih berat. Sedangkan untuk pilihan lainnya yang juga tidak kalah populer adalah tongkat yang mempunyai bahan dari karbon. Tongkat ini akan mempunyai keuntungan lebih kaku tetapi kelemahannya adalah mudah retak dan juga bengkok karena tidak mempunyai bahan yang kuat.

2. Tongkat dengan flip lock
Dan tips selanjutnya ketika akan memilih trekking pole agar mendapatkan produk yang terbaik adalah dari fiturnya. Pilih tongkat yang mempunyai fitur kunci flip lock yang akan dapat untuk mengunci shok ketika menanjak dan juga medan yang menurun. Tongkat yang dilengkapi dengan fitur shock akan dapat untuk meredam getaran sehingga akan lebih nyaman digunakan untuk melewati medan yang menurun dan menanjak. Oleh karena itulah tongkat dengan fitur yang dapat untuk mengunci shock ini yaitu dengan kunci flip lock ini akan lebih awet.

3. Menyesuaikan dengan proporsi tubuh
Dan pertimbangan selanjutnya untuk mendapatkan tongkat mendaki gunung yang terbaik adalah dengan menyesuaikan proporsi tubuh pengguna. Ketika akan memilih tongkat yang digunakan untuk mendaki tersebut akan lebih baik untuk membentuk sudut lengan 90 derajat. Sehingga dengan posisi tersebut akan dapat membuat tubuh lebih nyaman karena tidak terlalu tinggi tetapi juga tidak terlalu rendah. Selain itu pilih juga tongkat yang mempunyai panjang sesuai dengan tinggi tubuh.

4. Perhatikan bagian handle
Dan tips selanjutnya untuk mendapatkan tongkat yang nyaman adalah dengan memperhatikan bagian handlenya. Bagian handle ini merupakan faktor yang penting sehingga akan mempengaruhi kenyamanan dan keawetan tongkat. Pilihlah handle dari bahan yang terbaik misalnya ada dari bahan karet dan juga busa. Dimana untuk memilih bahan handle ini harus memperhatikan keawetan dan daya tahannya, sifatnya yang tahan air, dan juga yang akan nyaman digunakan.

5. Sesuaikan dengan kebutuhan
Dan tips terakhir untuk mendapatkan trekking pole yang baik adalah dengan menyesuaikan kebutuhan. Ada tiga jenis yang ada di pasaran yaitu yang mempunyai dua bagian, tiga bagian, dan juga yang dapat untuk dilipat. Pilihlah model yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga model yang diinginkan. Selain itu juga bisa untuk memilih tongkat dari merek yang akan mempengaruhi harga dan kualitas tongkat tersebut. Berbagai model tongkat mendaki gunung ini bisa untuk didapatkan di banyak toko online ataupun toko penjualan alat olahraga yang lengkap.

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top