Thursday, June 21, 2018
Artikel Terkini


You are here: Home » Review » Tips Emak-Emak Atur Keuangan dengan Rp 2,5 Juta Per-bulan

Tips Emak-Emak Atur Keuangan dengan Rp 2,5 Juta Per-bulan

Mengatur keuangan boleh dibilang susah-susah gampang, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Itulah sebabnya ketika ada yang membagikan pengalaman hidup dengan 2,5 juta rupiah per bulan banyak yang tidak percaya. Apalagi sosok yang membagikan tersebut adalah seorang ibu rumah tangga yang sudah memiliki tanggungan.

Belajar dari status Ibu tersebut, sebetulnya hidup dengan sederhana sangatlah mungkin apalagi jika tinggal di kota kecil yang biaya hidupnya masih terjangkau. Jadi, hidup selama sebulan dengan uang 2.5 juta rupiah bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Agar bisa hidup dengan gaji 2.5 juta rupiah banyak cara dan trik yang bisa dilakukan seperti berikut ini.

Alokasikan Penghasilan dengan Bijak

Salah satu kunci keberhasilan dalam mengatur keuangan adalah alokasi pengeluaran dengan bijaksana. Misalnya dengan menganggarkan kebutuhan hidup 60 persen dari total pendapatan, 30 persen untuk hiburan, tabungan, investasi dan asuransi sedangkan sisanya 10 persen bisa digunakan untuk dana darurat yang bisa digunakan kapan saja saat dibutuhkan.

Sebagai simulasi untuk kebutuhan sandang kita ambil 1,5 juta rupiah per bulan atau sekitar 60 persen dari 2.5 juta rupiah untuk kebutuhan memasak sehari-hari. Kemudian untuk nonton atau jalan-jalan sesekali, tabungan dan juga investasi bisa diambil dari 30 persennya sekitar 750 ribu rupiah. Dana yang tersisa bisa dialokasikan untuk investasi bermodal minim,, misalnya investasi reksa dana yang bisa dimulai dengan dana 50 ribu rupiah beserta kelipatannya. Sisanya sekitar 250 ribu rupiah bisa dialokasikan untuk dana darurat atau bisa juga dianggarkan untuk asuransi BPJS yang cukup untuk satu keluarga.

Nah, untuk memenuhi gaya hidup seperti membeli handphone atau barang elektronik lain yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan, kamu bisa mengajukan kredit tanpa kartu kredit dengan cicilan yang sangat ringan dengan bunga paling rendah melalui Kredivo.

Kredit tanpa kartu kredit melalui kredivo sangat fleksibel karena kamu bisa memilih dua opsi pembayaran dengan kelebihannya masing-masing. Opsi pertama kamu bisa melakukan pembayaran dalam 30 hari tanpa dikenakan bunga sama sekali. Prosesnya pun sangat mudah hanya menyediakan KTP dan satu akun digital yang sudah pernah digunakan untuk berbelanja secara online.

Sedangkan opsi kedua, kamu bisa mengajukan kredit tanpa kartu kredit dengan tenor mulai dari 3, 6 sampai dengan 12 bulan dengan bunga paling rendah dibandingkan dengan perusahaan lainnya hanya sekitar 2.95% setiap bulan. Kamu hanya perlu mengikuti proses seperti di atas dan menambahkan satu akun internet banking untuk bisa menikmati fasilitas cicilan ini. Yang jelas untuk bisa memanfaatkan kedua opsi pembayaran ini di Kredivo, kamu harus sudah berusia minimal 18 tahun dan sudah memiliki penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan, dan berdomisi di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, atau Medan.Untuk mengetahui syarat dan kemudahan lainnya bisa mencari informasinya di halaman berikut ini.

Rencanakan Kebutuhan Bulanan

Langkah kedua adalah keberanian untuk menentukan mana kebutuhan dan mana keinginan. Kerap kali keinginan tumpang tindih dengan kebutuhan. Cara paling bijak adalah tanya diri sendiri benarkah keinginan tersebut layak untuk dipenuhi atau apakah barang tersebut manfaatnya sebanding dengan kebutuhan yang ada.

Jika masih sulit juga untuk membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan, buatlah skala prioritas. Urutkan kebutuhan yang diperlukan selama satu bulan berdasarkan skala prioritas. Lalu, pilih barang atau kebutuhan yang ada dalam ukuran prioritas paling rendah untuk ditunda terlebih dahulu jika memang tidak sesuai dengan bujet yang sudah dianggarkan.

Utamakan untuk Memenuhi Kebutuhan Pokok Dulu

Kebutuhan pokok tentu saja makanan. Belajar dari cara mengatur kebutuhan memasak ibu rumah tangga ada yang membelinya setiap seminggu sekali atau dengan cara menyetok bahan-bahan mentah di kulkas tiap dua minggu sekali.

Dengan cara ini pengeluaran bisa dikontrol dengan mudah karena bujet untuk belanja sudah dialokasikan tiap minggu atau tiap dua minggu sekali untuk memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga. Membuat menu selama sebulan pun sangat dianjurkan agar ada variasi makanan serta memenuhi gizi yang seimbang. Intinya dahulukan kebutuhan pokok terlebih dahulu dibandingkan dengan kebutuhan lainnya apalagi hanya sekadar memenuhi gaya hidup semata.

Sisihkan untuk Tabungan

Salah satu kebiasaan yang salah dan masih dilakukan adalah menyisihkan uang tabungan di akhir bulan. Padahal agar lebih aman dan belajar untuk berkomitmen terhadap diri sendiri adalah dengan menyisihkan dana untuk tabungan sesaat setelah gajian.

Seperti kata pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menabung. Misalnya dengan cara menyisihkan uang tiap mendapatkan kembalian. Atau bisa juga langsung menyisihkan dua lembaran 100 ribu rupiah setiap awal bulan di satu tempat atau celengan. Usahakan menggunakan celengan yang permanen agar tidak mudah dibongkar atau diambil isinya kecuali dalam kondisi darurat.

Hindari Membawa Kartu Kredit Saat Bepergian

Salah satu yang paling sulit untuk dihindari ketika bepergian adalah godaan diskon.. Apalagi jika sedang membawa kartu kredit. Jika tak menahan diri, bisa-bisa kita dengan mudahnya gesek sana-sini. Maka dari itu, sebisa mungkin gunakan kartu kredit dengan amat bijak. Jangan terbiasa menggunakan kartu kredit untuk belanja barang-barang yang tidak benar-benar dibutuhkan. Hindari menggunakan kartu kredit hanya untuk memenuhi gengsi akan gaya hidup tinggi.

Komitmen dengan Rencana Pengeluaran

Yang terakhir adalah memegang kendali pengeluaran sesuai dengan yang sudah direncanakan di awal. Jangan sampai melanggar perencanaan yang sudah dibuat dengan matang. Catat semua pengeluaran agar bisa membandingkan antara rencana dengan kondisi sebenarnya setelah dijalankan.

 

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top