Thursday, June 21, 2018
Artikel Terkini


You are here: Home » Pengetahuan » Cara Pijat Bayi Yang Baik Dan Benar Bagi Bayi Yang Baru Lahir

Cara Pijat Bayi Yang Baik Dan Benar Bagi Bayi Yang Baru Lahir

Bayi yang baru lahir itu memang sangat menggemaskan. Meskipun bayi masih belum bisa melakukan apapun, ternyata bayi juga bisa merasakan lelah. Rasa lelah yang dirasakan oleh bayi biasanya akan membuat bayi cenderung rewel. Terapi pijat yang diberikan kepada bayi selain akan bermanfaat membuat bayi menjadi lebih nyaman ternyata pijat pada bayi yang baru lahir juga akan memberikan stimulus umtuk perkembangan dan juga kesehatan bayi. Bukan itu saja terkadang jika pijatan tersebut dilakukan oleh orang tuanya terlebih oleh ibunya sendiri, pijatan pada bayi ini akan membuat hubungan antara ibu dan bayi menjadi lebih dekat. Ikatan emosional antara ibu dan bayi akan menjadi lebih dekat ketika ibu melakukan pijatan lembut kepada bayinya. Terlebih jika dilakukan dengan cara pijat bayi yang baik dan benar, manfaat yang sangat banyak kepada pertumbuhan bayi. Terkadang sentuhan lembut yang dilakukan oleh ibu akan membuat bayi menjadi lebih tenang dan juga lebih nyaman. Bukan hanya itu saja manfaat lainnya juga akan dirasakan. Terutama untuk pertumbuhan dan juga untuk kesehatan bayi dan pertumbuhan tulangnya. Namun jika dilakulan dengan cafa yang kurang tepar maka pijatan tersebut justru akan membuat bayi menjadi rentan terkena cedera yang berlebihan. Cedéa yang terjadi pada bayi ini justru akan berakibat buruk bagi pertumbuhannya.

Apabila anda melalukan cara pijat bayi yang baik dan benar, maka tubuh bayi akan jauh lebih nyaman. Salah satu hal yang harus anda persiapkan sebelum anda melakukan pijatan untuk bayi anda, maka sebaiknya anda mulai terlebih dahulu dengan mempersiapkan tempat pijat yang nyaman untuk bayi anda. Sediakan tempat yang bersih dan nyaman dengan segala keperluan bayi yang tersedia di sebelahnya.  Tempat yang sangat dianjurkan untuk lokasi bayi anda dipijat adalah di atas sebuah kasur kecil yang nyaman. Kemudian jangan lupa sediakan juga perangkat handuk yang digunakan untuk menutupi tubuh bayi anda dan juga minyak atau baby oil untuk memberilan pijatan pada bayi anda.

Apabila persiapan sudah selesai, maka anda harus memulai pijatan dengan cara pijat bayi yang baik dan benar, yang bisa anda lakukan pertama kali pada bagian perutnya. Ketika anda melakukan pijatanada bagian perut, anda harus berhati-hati. Sebab perut bayi masih sangat sensitif. Jadi ketika anda akan melakukan pijatan pada daerah perut usahakan untuk memberikan pijatan dengan sentuhan lembut saja. Manfaat pijatan pada perut sebenarnya adalah untuk memperbaiki pencernaannya jika bermasalah. Namun pijatan pada bagian perut jangan sampai dilakukan dengan memberikan tekanan secara keras. Sebab jika tekanan yang dilakukan terlalu keras akan mengakibatkan pencernaaan bayi juga akan menjadi terluka dan juga akan menjadi cidera.

 

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top