Friday, February 23, 2018
Artikel Terkini


You are here: Home » Pengetahuan » 3 Cara Mencegah Dampak Polusi Udara, Nomer 3 Paling Mudah Untuk Dilakukan!
3 Cara Mencegah Dampak Polusi Udara, Nomer 3 Paling Mudah Untuk Dilakukan!

3 Cara Mencegah Dampak Polusi Udara, Nomer 3 Paling Mudah Untuk Dilakukan!

Ada banyak jenis polusi yang dapat merusak di bumi kita ini. Namun sadarkah anda? Dampak polusi udara dapat dikatakan sebagai yang paling berbahaya karena udara adalah instrumen yang tidak pernah terpisah dari kehidupan manusia kapan pun dan di mana pun. Bagi kesehatan manusai, efek yang ditimbulkan dari polusi udara juga sangat bermacam-macam. Misalnya dapat menyebabkan gangguan pernafasan, berbagai macam iritasi pada tenggorokan, kulit, dan mata. Lebih parahnya dampak ini juga sangat signifikan jika menyerang anak kecil. Karena sistem kekebalan tubuh anak-anak lebih rentan dibanding dengan orang dewasa.

Ternyata dampak polusi udara pun tidak hanya berbahaya bagi manusia. Bagi alam tempat kita tinggal dan makhluk hidup lain juga terancam akan bahaya dari polusi udara. Maka dari itu, manusia sebagai penyumbang utama dalam pencemaran udara, harus dengan sadar diri mulai merubah perilaku yang bisa menyebabkan polusi udara. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kita tempuh untuk mencegah atau setidaknya mengurangi dampak polusi udara. Yang pertama adalah dengan melakukan pembatan jumlah kendaraan. Ya, kita memang sangat terbantu dengan adanya alat transportasi dalam kehidupan kita. Dengan adanya alat transportasi tersebut kita dapat menghemat waktu, biaya, dan sebagainya. Namun kita juga menyadari bahwa kendaraan bermotor adalah penyumbang polusi terbesar di dunia. Maka dari itu alangkah lebih baiknya jika kita mulai menghindari penggunaan kendaraan pribadi dan mulai berpindah ke transportasi umum. Yang kedua adalah dengan tidak melakukan pembakaran hutan untuk membuka lahan. Hal ini memang tidak sering terjadi di Indonesia. Namun sekali saja terjadi pembakaran hutan, dampak yang akan ditimbulkan akan lebih merugikan daripada membuka lahan dengan cara yang benar. Karena dengan melakukan pembakaran hutan, kerugian yang terjadi akan melibatkan orang-orang yang ada di sekitar lahan tersebut. Belumlagi bahaya yang dapat timbul jika trjadi kebakaran hutan yang meluas hingga sulit untuk dipadamkan. Maka hentikan bertindak bodoh untuk menyelamatkan bumi kita. Yang ketiga adalah cara yang termudah jika dilaksanakan dengan kesadaran setiap manusia. Menghentikan penggunaan rokok adalah cara yang efektif untuk mengurangi polusi udara. Asap rokok mungkin terlihat sebagai hal yang sepele. Namun coba anda rasakan sendiri bagaimana pengapnya sebuah ruang hanya dengan seorang perokok di dalamnya. Lalu apa yang terjadi dengan bumi kita dengan bermilyar-milyar pengguna rokok di dunia. Asap rokok tidak hanya berbahaya bagi penggunanya saja, namun bagi seluruh umat manusia.

Betapa mudahnya bagi kita untuk menyayangi bumi kita untuk menyayangi diri kita sendiri. Namun dalam pelaksanaannya hal ini sangat sulit dilakukan jika tidak ada kerjasama dari berbagai pihak. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadi motivasi untuk anda menjadi salah satu generasi yang ingin berusaha menyelamatkan bumi ini. Semoga bermanfaat.

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top