Thursday, January 18, 2018
Artikel Terkini


You are here: Home » Review » Tips Membuka Usaha Rumahan yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil
Tips Membuka Usaha Rumahan yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Tips Membuka Usaha Rumahan yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Tingkat ketertarikan masyarakat untuk membuka sebuah usaha dapat dibilang semakin meningkat setiap tahunnya. Kondisi ini bisa dilihat dari maraknya bisnis online, bisnis franchise, dan bisnis lainnya di Indonesia. Menjalani usaha bisnis memang menjadi hal yang menyenangkan bagi Anda yang tidak terlalu suka untuk kerja kantoran. Selain itu, berbisnis juga bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan disamping gaji bulanan.

Menjalani usaha bisnis sebenarnya bisa dimulai dari membuka usaha kecil-kecilan. Anda bisa memulai melalukan usahan rumahan. Meskipun terkesan simpel, ternyata banyak usaha rumahan yang berkembang menjadi usaha yang besar dan laris di pasaran. Bagi Anda yang tertarik untuk memulai usaha rumahan, berikut kami berikan beberapa tips berbisnis rumahan dengan modal kecil.

Cara Berbisnis Rumahan Tanpa Modal Besar

1.         Kumpulkan Niat

Hal pertama yang harus dimiliki para pebisnis sebelum ingin memulai berbisnis adalah niat dan tekad. Untuk menjalani sebuah bisnis sangat diperkulan niat dan komitmen yang kuat. Kedua hal ini sangat dibutuhkan agar bisnis tidak berhenti ditengah jalan. Setiap bisnis tentu memiliki jatuh dan bangunnya tersendiri. Saat berada di bawah, sebuah komitmen yang kuat sangat dibutuhkan agar Anda tetap bertahan dan menjalani bisnis tersebut. Tanpa komitmen dan niat yang kuat, bisa dipastikan bisnis Anda tidak akan bertahan lama dan tidak mengalami perkembangan.

2.         Pikirkan Jenis Usaha

Saat ini banyak usaha yang bisa dilakukan hanya dari rumah. Anda bisa membuka usaha dengan berjualan snack, baju, makanan, atau kerajinan tangan. Jika masih bingung, inilah beberapa usaha rumahan yang saat ini laris dipasaran.

–               Jajajanan Kekinian

Saat ini, jajanan kekinian seperti keripik, pisang nugget, bola ubi, dan jajanan lainnya menjadi semakin diminati oleh anak muda. Mulailah untuk belajar membuat jajanan tersebut dan pikirkan tentang inovasi baru yang disukai generasi saat ini. Beberapa jajanan yang memiliki rasa green tea, mozzarella, nutela, kitkat, oreo, coklat, dan lainnya sangat digemari oleh para mudah-mudi zaman sekarang.

–               Makanan Kekinian

Tak hanya jajanan, saat ini makanan berat yang kekinian juga digemari oleh para anak muda. Beberapa makanan dengan bermacam level pedas atau topping keju mozzarella menjadi favorit para pecinta makanan saat ini. Anda mungkin bisa mulai berjualan makanan tersebut dan memfasilitasinya dengan sistem delivery order.

–               Kerajinan Tangan Flannel

Kain flannel memang sangat terkenal sebagai bahan dasar kerajinan tangan. Bagi Anda yang gemar menjahit, Anda bisa memanfaatkan keahlian Anda dengan membuat kerajinan tangan dari flannel. Kain flannel bisa dibuat menjadi beragam jenis seperti boneka, bunga, gantungan kunci, tas, dan lain-lainnya. Untuk saat ini, buket bunga yang terbuat dari flannel menjadi salah satu usaha rumahan yang  berpeluang besar untuk laris.

–               Jualan Minuman

Tak hanya makanan, Anda pun bisa memulai usaha rumahan dengan berjualan minuman. Saat ini, minuman yang menjadi favorit masyarakat saat ini adalah green tea dan thai tea. Selain itu, minuman dengan rasa coklat, kopi, vanilla, dan strawberry juga masih menjadi kegemaran beberapa orang. Selain rasa, kemasan minuman juga dapat menunjang kelarisan minuman tersebut. Masyarakat saat ini umumnya lebih suka minuman dengan kemasan yang unik dan lucu.

–               Jualan Baju

Bisnis fashion tentu menjadi bisnis kedua yang paling berpeluang disamping bisnis kuliner. Jika Anda berpikir bisnis ini membutuhkan outlet atau toko, Anda salah besar. Berjualan baju ternyata bisa dilakukan dari rumah. Anda cukup siapkan barang dagangan serta online store untuk berjualan. Sistem bisnis fashion dari rumah bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial sebagai tempat Anda berjualan.

3.         Persiapkan Modal

Setelah menentukan jenis usaha yang ingin Anda lakukan, sekarang saatnya memikirkan modal yang harus dipersiapkan. Sebenarnya, untuk urusan modal Anda tidak perlu lagi repot untuk mencarinya. Usaha rumahan umumnya tidak terlalu membutuhkan modal yang banyak. Namun, jika Anda tidak memiliki modal sama sekali, sekarang banyak jenis pinjaman pribadi non bank yang bisa Anda manfaatkan. Dengan begitu, usaha Anda tetap bisa dilakukan tanpa terhalang modal.

4.         Pilih Lokasi

Lokasi yang strategis sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan saat menjalani usaha rumahan. Anda bisa membuka sebuah kedai kecil dirumah  untuk memulainya. Jika usaha Anda semakin berkembang dan maju, barulah Anda bisa mulai untuk menyewa tempat atau membeli tempat baru untuk usaha. Untuk jenis makanan dan minuman, mungkin Anda bisa menitipkan jualan ke warung-warung dekat rumah atau ke kantin sekolah dan kampus.

5.         Kegiatan Promosi

Menjalani usaha rumahan tidak membutuhkan promosi secara besar-besaran. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, path, instagram, dan line. Lakukanlah promosi di sosial media agar usaha Anda banyak diketahui orang. Diawal membuka usaha, lakukanlah promosi dengan sistem diskon atau buy one get one. Ini tentunya menjadi cara yang baik untuk menarik konsumen agar membeli produk Anda.

6.         Manfaatkan Sistem COD dan Delivery Order

Jika ingin bisnis rumahan Anda semakin banyak diminati, Anda bisa memanfaatkan kedua sistem ini yaitu Cash On Delivery (COD), dan Delivery Order. Untuk jenis makanan dan minuman, sistem delivery order biasanya cukup berhasil meningkatkan jumlah konsumen. Pasalnya, saat ini kebanyakan konsumen lebih ingin sesuatu yang tidak ribet. Mereka ingin membeli makanan atau minuman tanpa harus keluar rumah.

 Itulah mengapa sistem DO ini sangat cocok dimanfaatkan untuk usaha rumahan kuliner. Biasanya, sistem DO menjadi penunjang bisnis jika target utama Anda adalah mahasiswa. Lain halnya dengan sistem DO, sistem COD lebih cocok diaplikasikan ke usaha rumahan kerajinan tangan. Dengan sistem ini, para konsumen biasanya akan lebih mempercayai bisnis Anda.

7.         Tetap Fokus

Saat awal mulai menjalani bisnis dan hingga bisnis Anda berjalan, pastikanlah tetap fokus terhadap tujuan utama Anda. Jalani bisnis dengan penuh semangat agar nantinya bisnis Anda bisa berkembang dengan cepat. Jangan lupa untu selalu mencatat keuangan bisnis Anda sekecil apapun pemasukan dan pengeluarannya. Hal ini sangat penting untuk mengetahui perkembangan bisnis. Ketika bisnis mengalami kemunduran, jangan pernah untuk langsung berhenti berbisnis. Anda bisa manfaatkan jasa pinjam kartu kredit untuk membeli keperluan atau bahan produksi bisnis Anda. Pikirkanlah berbagai inovasi lain yang bisa membuat bisnis Anda berpotensi untuk bangkit.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat ingin melakukan bisnis rumahan. Bisnis dari rumah mungkin memang terdengar simpel dan mudah untuk dilakukan. Meskipun begitu, niat, komitmen, dan fokus yang besar tetap dibutuhkan untuk menjalani bisnis ini. Tak hanya itu, modal yang cukup juga sangat dibutuhkan untuk berbagai bisnis, termasuk bisnis rumahan. Namun, jangan khawatir! Saat ini banyak berbagai jasa pinjaman yang bisa Anda manfaatkan untuk kegiatan bisnis.

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top