Monday, May 28, 2018
Artikel Terkini


You are here: Home » Pengetahuan » Intip Tips Komunikasi Dengan Pasangan di Bawah Ini
Intip Tips Komunikasi Dengan Pasangan di Bawah Ini

Intip Tips Komunikasi Dengan Pasangan di Bawah Ini

Komunikasi adalah kunci dari hubungan yang harmonis. Banyak hubungan yang berakhir dengan kegagalan hanya karena kedua belah pihak tidak membangun komunikasi yang intens dan saling terbuka. Kadang, kurangnya komunikasi ini terjadi karena kesibukan serta jadwal yang padat. Namun seharusnya, sesibuk apapun kita, harus tetap ada waktu yang diluangkan demi membangun komunikasi dengan pasangan. Jangan jadikan kesibukan harian menjadi alasan untuk mengurangi intensitas komunikasi, karena hal ini bisa berakibat buruk untuk kelanggenan hubungan ke depannya. Jangan membiasakan juga membiarkan intensitas komunikasi berkurang. Permasalahan sepele yang berujung pada perpisahan seringkali terjadi akibat komunikasi yang terbangun secara kurang intens. Agar dapat lebih terhubung dengan pasangan dan mempertahankan hubungan yang harmonis, aneka tips komunikasi di bawah ini mungkin bisa dicoba. Terapkan aneka tips komunikasi serta mendengarkan di bawah ini agar hubungan dengan pasangan semakin harmonis.

Pertama, jika pasangan ingin berkomunikasi dengan kita, maka fokuskan perhatian sepenuhnya. Jadikan pasangan merasa lebih berarti dan dihargai dengan memfokuskan perhatian padanya dan jangan alihkan perhatian ke hal-hal lain. Tips komunikasi kedua adalah jaga kontak mata saat berbicara dengan pasangan. Hal ini juga termasuk dalam fokus serta memperlihatkan bahwa kita serius memperhatikan lawan bicara. Tidak menjaga kontak mata seperti sengaja melihat ke arah lain akan menandakan bahwa kita tidak serius mengajak atau diajak bicara, serta tidak fokus menyimak perkataan pasangan. Pasangan akan merasa kurang dihargai karenanya. Ketiga, carilah lokasi atau tempat yang netral untuk melakukan komunikasi. Hal ini terutama apabila kita dan pasangan sama-sama tidak ingin mendapat gangguan saat tengah melakukan komunikasi. Pilih lokasi yang tenang dan dirasa cocok untuk saling menumpahkan perasaan satu sama lain. Keempat, dengarkan perkataan pasangan hingga selesai. Jangan menyela sebelum kata-katanya rampung dan jangan menyimpulkan sesuatu sebelum ceritanya usai.

Kelima, jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan dari perkataan pasangan. Terlalu cepat menuduh seringkali disebabkan karena kita kurang menyimak, belum mendengarkan hingga usai ataupun terbawa emosi sehingga kurang memperhatikan detail cerita. Keenam, apabila kita butuh klarifikasi atas perkataan pasangan, lontarkan pertanyaan yang tidak bersifat menuduh. Cobalah untuk bersikap netral serta berprasangka baik agar tidak terlihat seolah-olah kita melayangkan tuduhan padanya. Ketujuh, berikan respon yang sebisa mungkin tidak mengkritik pasangan. Kritik memang diperlukan akan tetapi porsi kritikan yang terlalu banyak, apalagi sampai melukai perasaan, bisa jadi akan membuat hubungan dengan pasangan semakin memburuk. Kedelapan, bersikaplah mendukung. Dukung pasangan untuk mengungkapkan isi hatinya secara jujur dan terbuka agar kita bisa turut membantu tiap permasalahan yang dihadapi pasangan. Tips komunikasi terakhir ialah tentukan waktu rutin untuk berkomunikasi bersama pasangan, misalnya sekali dalam seminggu.

About eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top