Monday, December 18, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Pengetahuan » 10 Tips Mudah Memilih Gitar Listrik Bagi Para Pemula

10 Tips Mudah Memilih Gitar Listrik Bagi Para Pemula

Gitar, menjadi salah satu alat music yang eksistensinya masih tinggi di masa sekarang. Tak hanya dimainkan oleh para orang dewasa saja, namun tak sedikit pula para remaja dan anak-anak yang sudah piawai memainkan alat music yang satu ini.

Menjadi alat music yang banyak digemari oleh masyarakat luas membuat gitar memiliki berbagai macam model yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Salah satunya yaitu gitar listrik. Bagi sebagian orang, jenis gitar yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi, terlebih  di telinga para penggemar music.

Gitar listrik merupakan gitar yang memakai berbagai pickup dalam mengubah bunyi ataupun getaran yang berasal dari string gitar untuk kemudian menjadi sebuah arus listrik yang nantinya arus listrik tersebut akan dikuatkan lagdi dengan memakai amplifier serta loud speaker.

Sementara itu, suara dari gitar listrik itu sendiri dihasilkan oleh suatu getaran dari senar gitar yang mengenai kumparan pada badan gitar dan biasanya disebut dengan “pick up”. Namun terkadang, sinyal yang keluar dari pick up tersebut diubah secara elektronik dengan menggunakan gitar effect sebagai reverb atau distorsi.

Dalam sejarahnya, gitar listrik itu sendiri pertama kali digunakan oleh para Gitaris jazz yang menggunakan amplifier hollow bodied agar bisa mendapatkan suara yang lebih besar. Gitar listrik itu sendiri pertama kali dibuat pada tahun 1931 oleh pabrik Rickenbacker, gitar yang pertama kali dibuat merupakan gitar hollow bodied dengan menggunakan pickup baja.

Gitar listrik ini merupakan instrument kunci dari perkembangan music yang muncul sekitar tahun 1940an termasuk blues rock 1962, rock and roll dan Chicago Blues.

Kebutuhan akan jenis gitar yang satu ini semakin kuat dengan berkembangnya orchestra jazz pada tahun 1930 dan 1940. Hal tersebut juga rupanya membuat gitar listrik tetap eksis hingga sekarang. Tak khayal, jika jenis gitar yang satu ini selalu laris di pasaran.

Untuk bisa mendapatkan gitar listrik yang berkualitas tinggi, tentunya Anda harus bisa mengetahui bagian-bagian dari gitar tersebut agar lebih memudahkan dalam memilih gitar yang berkualitas. Namun, bagaimana jika Anda baru pertama kali membeli gitar listrik?

Apakah ada cara yang tepat yang bisa Anda gunakan untuk bisa memilih gitar listrik berkualitas tinggi? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membantu memilih gitar dengan kualitas suara tinggi serta awet.

  1. Sesuaikan budget Anda

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah, pastikan budget yang Anda miliki untuk membeli gitar sesuai dengan kelas gitar listrik yang akan Anda beli. Apabila Anda menginginkan gitar listrik dengan kualitas tinggi atau high class, Anda harus menyiapkan dana yang terbilang tidak sedikit.

Namun, jika Anda memiliki budget yang pas-pasan, Anda bisa memilih gitar listrik medium class ataupun low class. Karena tentu saja, harga akan sangat mempengaruhi kualitas bukan? Anda bisa memilih gitar listrik di bhinneka. Pilihannya lengkap dari low class sampai high class.

  1. Perhatikan jenis kayu yang digunakan

Salah satu tips penting yang harus Anda perhatikan pada saat akan membeli gitar listrik adalah dengan memperhatikan jenis kayu yang digunakan. Hal ini karena sangat berpengaruh pada kualitas suara yang dihasilkan nantinya.

Ketika Anda akan membeli sebuah gitar listrik, perhatikan baik-baik serat serta warna dari kayu yang digunakan, karena terkadang ada gitar yang body serta neck-nya dibuat dengan menggunakan kayu yang berbeda.

  1. Perhatikan dengan cermat neck/stang gitar

Memperhatikan neck/stang gitar sebelum membelinya merupakan salah satu cara yang tidak bisa Anda tinggalkan. Hal ini karena apabila ada keretakan ataupun sambungan pada bagian dalam stang gitar, hal tersebut dapa membuat gitar memiliki kualitas suara yang kurang bagus.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan apakah stang gitar bengkok atau lurus. Untuk memastikan stang gitar tidak bengkok Anda bisa mengeceknya dengan menekan senar nomor 6 fret 1 serta menekan fret nomor 15 secara bersamaan. Kemudian, perhatikan senar pada nomor 5 6 7 dan 8 apakah menempel pada fret atau tidak. Apabila tidak, berarti neck tersebut lurus.

Tak hanya itu, Anda juga harus memperhatikan semua bagian senar dengan cara ditekan. Apabila ada senar yang senar yang bertabrakan dengan fret yang ada di depannya, maka akan menghasilkan nada yang bergetar atau berbeda. Jika hal itu terjadi, maka jangan memutuskan untuk membelinya.

  1. Pilih gitar yang memiliki 24 fret

Untuk bisa mencapai nada tertinggi, Anda diharuskan untuk memilih gitar listrik yang memiliki jumlah fret banyak yaitu berjumlah 24 fret. Dengan jumlah fret yang banyak, hal ini dapat membantu memaksimalkan permainan music Anda walaupun tidak secara langsung.

  1. Perhatikan jarak senar dan fret

Memperhatikan jarak senar dan fret sangatlah penting untuk dilakukan. Untuk mengeceknya, Anda bisa menekan senar. Jarak antar senar yang terlalu lebar akan membuat Anda menekan terlalu dalam dan dapat membuat jari Anda menekan senar yang tidak diinginkan.

Untuk itu, usahakan pada saat membeli gitar listrik, pilihlah gitar yang memiliki jarak senar dengan fret yang sesuai dengan jari.

  1. Periksa kekerasan fret

Fret yang memiliki kualitas rendah biasanya akan mudah terkikis oleh senar dan hal tersebut dapat membuat senar bertabrakan pada fret yang ada di depannya saat ditekan.

  1. Perhatikan jenis pick up yang akan dibeli

Pick up adalah sebuah komponen yang paling penting dalam gitar karena berfungsi untuk mengubah sinyal analog ke digital. Pick up itu sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu pick up piezoelectric dan pick up magnetic. Namun, pick up yang paling sering dipakai adalah pick up magnetic.

Selai itu, pick up juga terdiri dari pisk up aktif dan pick up pasif. Bedanya, pick  up aktif menggunakan baterai dan pick up pasif tidak. Suara dari pick up aktif dapat dikontrol dengan melakukan cut n boost. Cara kontrolnya pun tergantung dengan pre-amp yang terpasang pada pick up.

  1. Perhatikan intonasi suara gitar

Tekan semua senar satu persatu mulai dari fret 12 hingga mencapai fret tertinggi. Cara ini dimaksudkan untuk menemukan apakah ada nada yang sama ataupun tidak. Dengan cara yang ini pula, Anda bisa mengetahui pencapai nada paling tinggi dari gitar tersebut.

  1. Brigde

Tips selanjutnya yaitu pilihlah bridge atau yang juga disebut jembatan senar gitar yang terlihat mudah untuk pemasangan senarnya.

  1. Pilih merk yang Anda inginkan

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan ialah dengan memilih merk yang sesuai dengan keinginan Anda. Tentunya, dengan memilih gitar listrik merk terkenal dan memang sudah terbukti kualitasnya dengan merk yang berbeda akan berpengaruh atau menghasilkan nada yang berbeda pula.

Memperhatikan setiap detail bagian gitar mulai dari neck, pick up, body dan lain sebagainya memang sangat penting. Memiliki gitar dengan kualitas suara tinggi dan bagus tentu menjadi idaman bagi para pecinta music. Ditambah lagi, harga gitar listrik yang tidak murah, membuat Anda harus bisa benar-benar memilih gitar dengan kualitas tinggi agar tidak menyesal nantinya.

 

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top