Monday, October 23, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Pengetahuan » Tagihan PLN Anda Membengkak? Kurangi Pembiasaan yang Anda Lakukan Berikut Ini!
Tagihan PLN Anda Membengkak? Kurangi Pembiasaan yang Anda Lakukan Berikut Ini!

Tagihan PLN Anda Membengkak? Kurangi Pembiasaan yang Anda Lakukan Berikut Ini!

Listrik saat ini sudah menjadi kebutuhan semua manusia. Tanpa listrik, maka malam akan tetap gelap dan tidak ada hiburan seperti yang biasa Anda dapatkan melalui radio, televisi dan lain sebagainya. Untuk menggunakan listrik, tentu Anda harus rela membayar sejumlah uang demi bisa memanfaatkannya. Ya, tagihan PLN selalu datang setiap bulan bagi para pengguna listrik pasca bayar. Sekalinya terlambat membayar, maka bersiap harus menerima pemutusan listrik. Sedangkan untuk pengguna listrik pra bayar, maka token menjadi alat isi ulangnya.

Penggunaan listrik setiap rumah tangga tentu akan berbeda setiap bulannya bergantung dari pemakaiannya. Mungkin Anda pernah menghitung dan pemakaian bulan ini dan bulan berikutnya bisa berbeda dan terkadang justru sangat tinggi. Hal ini sudah pasti akan membuat keuangan Anda ketar-ketir ketika tagihan mendadak naik sedangkan Anda merasa tidak menggunakan listrik secara boros. Jika demikian, mungkin beberapa hal sepele ini kerap Anda lakukan sehingga banyak menyedot listrik di rumah, diantaranya:

  1. Pemanas air menyala 24 jam
    Penggunaan pemanas air atau biasa disebut dispenser ini umumnya mengkonsumsi daya hingga 500 watt jika terus dinyalakan selama 24 jam terus menerus. Selain boros listrik, hal ini justru juga akan membuat dispenser menjadi lebih cepat rusak. Ada baiknya untuk mematikan dispenser ketika malam hari. Untuk dispenser saat ini juga sudah ada yang memiliki timer digital sehingga Anda bisa mengatur waktunya sesuai kebutuhan.
  2. Memakai pompa air tanpa memiliki tandon
    Suplay air bersih untuk wilayah perkotaan jika tanpa pompa air sepertinya adalah hal yang sangat tidak mungkin. Hal ini mengingat sumber air yang sangat terbatas namun dengan pengguna yang begitu banyak. Tetapi perlu diketahui juga jika pompa bisa menyedot banyak listrik sehingga tak heran jika kerapkali tagihan PLN Anda membengkak, terutama jika Anda tidak memiliki tandon yang berguna untuk mencadangkan air sehingga butuh menyalakan pompa terus menerus.
  3. Lupa mencabut charger HP
    Sudahkah Anda mencabut charger HP setelah HP penuh? mungkin ada yang sudah dan banyak juga yang belum. Perlu diketahui jika colokan HP yang tidak dicabut dapat membebankan daya 1 watt setiap harinya. Apabila dikalkulasikan, maka akan menjadi pemborosan yang tidak berguna bukan?
  4. Sering menyalakan dan mematikan AC
    Hawa panas akan bisa didinginkan dengan menggunakan AC. Namun perlu diketahui jika AC ini bisa menyumbang banyak pembengkakan ke tagihan listrik Anda, terlebih jika Anda seringkali mematikan dan menyalakan AC terus menerus. Hal ini adalah karena AC akan mengkonsumsi listrik lebih banyak ketika pertama kali dan justru akan semakin mengecil setelah ruangan semakin dingin.
  5. Menyalakan penanak nasi terus menerus
    Menghangatkan nasi di dalam rice cooker sangatlah simpel dan memudahkan banyak penggunanya. Tetapi perlu diketahui juga jika kebiasaan ini akan membuat listrik Anda lebih boros. Ada baiknya mematikan penanak nasi setelah memasaknya sehingga listrik bisa dihemat. Jika tidak ingin nasi cepat basi, maka masaklah nasi hanya dalam jumlah yang secukupnya dan tidak berlebihan sehingga tidak perlu sering-sering dihangatkan di dalam rice cooker.

Itulah beberapa hal sepele yang kerapkali tidak diperhatikan namun justru menyumbang besar dalam pembengkakan tagihan PLN Anda. Jika Anda sudah tahu semua sebabnya, maka ada baiknya memulai langkah penghematan dengan lebih memperhatikan penggunaan listrik Anda.

 

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top