Tuesday, August 22, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Review » Berbagai Suku Cadang Laptop Samsung Original
Berbagai Suku Cadang Laptop Samsung Original

Berbagai Suku Cadang Laptop Samsung Original

Samsung adalah salah satu perusahaan elektronik terbesar yang didirikan pada tahun 1938 di Semenanjung Korea pada masa itu. Saat ini, perusahaan ini secara resmi telah beroperasi lebih di 50 negara dan memiliki pekerja lebih dari 200 ribu orang. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini dan digunakan oleh banyak orang adalah laptop Samsung. Laptop ini banyak diminati karena memiliki produk dengan kualitas internasional dan teruji kekuatannya. Dengan kata lain, produk ini selain handal juga awet dan berumur panjang ketika digunakan.

Meskipun Laptop Samsung bisa dikatakan cukup awet dan tahan lama, namun beberapa kerusakan karena pemakaian bisa terjadi. Anda tidak perlu cemas akan hal itu, karena Samsung juga memproduksi suku cadang untuk berbagai perangkat elektronik yang diproduksinya. Penggantian suku cadang juga tidak harus terjadi karena adanya kerusakan yang terjadi, namun bisa juga karena adanya upgrading yang dilakukan karena keinginan untuk meningkatkan kapasitas Laptop tanpa harus mengganti dengan laptop terbaik sehingga akan lebih hemat dengan performa yang meningkat.

Penggantian Suku Cadang Laptop Samsung Yang Mungkin Dilakukan

Penggantian spare part atau suku cadang sebaiknya dilakukan di tempat servis komputer atau service center Samsung bila memungkinkan. Namun demikian, bila Anda memiliki keahlian, Anda bisa mengganti sendiri bagian yang Anda inginkan sehingga biaya menjadi lebih hemat. Selain itu, dengan melakukan penggantian sendiri, kita bisa menguji kemampuan sekaligus akan mendapat kepuasan tersendiri. Untuk penggantian dan upgrading bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa bagian yang mungkin perlu diganti ataupun diupgrade agar Laptop bisa lebih handal.

  1. RAM

RAM atau Memory Laptop Samsung biasanya cukup jarang terjadi kerusakan apabila kita menggunakan Laptop Samsung dengan cara yang wajar. Namun demikian, terkadang kita butuh melakukan penggantian bila terjadi kerusakan pada komponen ini. Untuk melakukan penggantian, sebaiknya kita mencari komponen RAM yang memiliki tipe dan spesifikasi yang sama. Biasanya tipe atau spesifikasi terdapat pada buku manual yang disertakan dan juga pada komponen RAM itu sendiri.

Untuk RAM pada Laptop, dimulai dari SDRAM, DDR1, DDR2, DDR3, dan DDR4 yang saat ini masih digunakan. Untuk laptop lama biasanya menggunakan SDRAM, DDR1, dan DDR2, namun untuk laptop yang lebih baru biasanya menggunakan DDR3 dan DDR4. Untuk SDRAM mungkin saat ini sangat jarang ditemui Laptop yang menggunakan jenis memory ini. Bila ada, maka Anda tidak akan bisa mendapatkan memory jenis ini dalam keadaan baru karena produksinya telah dihentikan.

Ketersediaan RAM dipasaran sendiri terkadang cukup terbatas untuk jenis baru seperti DDR4 karena belum banyak yang membutuhkan penggantian sehingga produksi masih terbatas dalam kuantitasnya. Namun demikian, Anda bisa mendapatkan RAM jenis DDR4 ini untuk Laptop Samsung yang Anda miliki bila mencari di tempat yang tepat. Misalkan untuk Samsung Memory dengan tipe DDR4 berkapasitasn4 GB (LONGDIMM/SODIMM PC-12800) bisa kita dapatkan dengan harga 720 ribu rupiah.

  1. Samsung Notebook Adaptor

Kerusakan pada adaptor Samsung bisa sering terjadi karena banyak faktor. Kerusakan yang terjadi biasanya pada perangkat elektronik pada box adaptor itu sendiri. Bila kerusakan terjadi, maka laptop Samsung tidak bisa kita gunakan hingga kita mendapatkan adaptor yang baru, misalkan dengan melakukan pembelian atau bisa juga meminjam adaptor lain yang sejenis dengan adaptor yang rusak tersebut. Kerusakan pada adaptor sering kali cukup merepotkan pemilik laptop Samsung.

Untuk mengatasi kerusakan tersebut, terkadang ada yang mengambil resiko dengan membawa adaptor tersebut ke tukang servis elektronik. Meskipun bisa dilakukan, namun hal tersebut cukup beresiko karena berbahaya bagi komponen lain yang ada pada Laptop Samsung. Dengan melakukan perbaikan, ada kemungkinan penggantian komponen yang tidak sesuai dengan standar sehingga memungkinkan adanya arus pendek yang merusak komponen di laptop ketika digunakan.

Untuk mengatasi masalah kerusakan adaptor, lebih disarankan untuk melakukan pembelian produk baru agar lebih aman. Selain itu, harga adaptor atau charger laptop Samsung original juga cukup terjangkau. Perhatikan colokan atau slot interface agar sesuai dengan laptop Samsung kita. Sebagai contoh, Samsung Notebook Adapter 19V-2.1A seharga 155 ribu. Maka untuk adaptor tersebut berarti memiliki output 19 volt dan kapasitas daya 2.1 A yang harus Anda pastikan untuk mendapat produk yang sama.

  1. CPU Cooling Fan

Bagian ini meskipun terlihat remeh, namun memegang peranan yang sangat penting agar Laptop Samsung bisa bekerja dengan baik. Sering kali kita mendengar beberapa laptop memiliki suara mendengung yang mengganggu saat digunakan. Hal itu dimungkinkan karena kipas tidak bekerja dengan baik. Bila hal tersebut terjadi, maka CPU dan komponen lain dalam Laptop biasa overheat dan mati atau bahkan mengalami kerusakan yang parah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kita bisa memeriksa kipas laptop internal yang ada pada Laptop Samsung milik kita. Suara mendengung bisanya karena kipas dalam keadaan kotor. Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa melepas kipas, kemudian membersihkannya sehingga bisa bekerja secara optimal. Selain karena kotor, terkadang juga terjadi pemasangan yang tidak sempurna, sehingga perlu dipasang ulang. Untuk kerusakan kipas hingga tidak bekerja optimal, kita bisa melakukan penggantian.

Untuk penggantian, pastikan spesifikasi kipas sesuai dengan laptop Samsung yang kita miliki. Hal itu karena dimungkinkan kipas untuk setiap tipe akan memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda. Misalkan kita bisa membeli kipas untuk Samsung NP530U3C dengan harga 200 ribu dan Samsung NP535U3C juga dengan harga yang sama. Meskipun memiliki harga yang sama, namun untuk tipe yang berbeda akan memiliki bentuk yang berbeda sehingga kita perlu teliti sebelum membeli.

Sparepart Laptop Samsung yang lain bisa dengan mudah kita dapatkan di toko komputer baik offline maupun online. Hal itu karena frekuensi pemakaian dan umur yang lama sehingga memungkinkan terjadinya penggantian suku cadang laptop. Suku cadang lainnya yang bisa kita dapatkan misalkan keyboard untuk berbagai jenis, sehingga kita tidak perlu menggunakan keyboard eksternal bila keyboard pada laptop Samsung mengalami kerusakan. Yang harus dipastikan dalam mencari suku cadang adalah tipe yang otentik sehingga suku cadang bisa bekerja dengan baik sesuai harapan.

Untuk garansi produk pada suku cadang biasanya sangat jarang diberikan karena jarak produksi, distribusi, dan pemakaian produk. Mungkin juga produk suku cadang Laptop Samsung yang kita akan gunakan tidak lagi diproduksi sehingga kita tidak bisa mendapatkan garansi produk tersebut. Namun demikian, terkadang ada penjual yang memberikan garansi meskipun hanya 1 minggu atau 1 bulan untuk meningkatkan reputasi toko yang dikelola. Bila memungkinkan, belilah di tempat yang memberikan garansi maksimal agar produk yang kita beli memiliki jaminan kualitas yang baik.

Tidak adanya garansi bukan karena produk berkualitas buruk saat diproduksi, biasanya kerusakan terjadi pada saat distribusi dan penyimpanan di toko atau tempat servis sehingga garansi tidak diberikan. Selain garansi produk, khusus bagi Anda yang melakukan pembelian secara online, juga memerlukan jaminan bahwa produk sparepart Laptop Samsung yang Anda beli sesuai dengan spesifikasi. Bila perlu, lakukan perjanjian retur apabila produk yang Anda dapatkan tidak sesuai. Untuk pembelian online, juga harus memperhatikan cara transaksi agar bisa lebih aman dan nyaman.

 

About eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top