Saturday, April 29, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Pengetahuan » Cara Mengatasi Pilek Pada Anak Untuk Ibu Siaga
Cara Mengatasi Pilek Pada Anak Untuk Ibu Siaga

Cara Mengatasi Pilek Pada Anak Untuk Ibu Siaga

Pilek bisa menyerang siapa saja termasuk anak-anak. Dibandingkan dengan orang dewasa, pilek yang menyerang anak justru akan lebih susah disembuhkan. Selain itu apabila sekali anak terkea pilek, maka kemungkinannya akan lebih sering terkena penyakit ini. Maka hati-hatilah saat ada orang dewasa flu. Sebaiknya ibu menjauhkannya dari jangkauan anak-anak. Banyak penyakit flu yang disebabkan akibat kontaminasi virus melalui udara yang mana ditularkan melalui individu sekelilingnya. Namun besar juga kemungkinan anak terkena flu dikarenakan infeksi virus dari dalam tubuh anak. Terutama saat cuaca dingin dan juga asupan nutrisi yang kurang. Penting juga untuk menjaga pola makan anak saat musim hujan tiba sehingga flu tidak menyerang anak. Mengetahui tips serta cara mengatasi pilek pada anak melalui beberapa sumber mungkin membantu apabila anak mengalami gejala flu. Pasalnya penyakit ini akan sangat merepotkan bila sampai menyerang anak. Maka perlu sesegera mungkin disembuhkan.

Penyakit pilek atau flu ini merupakan penyakit ringan yang bisa disembuhkan tanpa menggunakan bantuan dokter. Bahkan apabila ibu tahu, penyakit ini bisa disembuhkan dengan cara-cara sederhana. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi pilek pada anak:

  • Istirahat yang cukup
    Jika anak terkena flu maka akan mudah lelah. Maka akan berkrang aktivitas anak. Biasanya penyakit flu juga disertai dengan sakit kepala dan demam. Hal ini sangat mengganggu anak. Itulah sebabnya anak mudah lelah. Maka perbanyak istirahat anak. Untuk empercepat pemulihan maka anak perlu banyak beristirahat. Gunakan bantal yang tinggi agar mudah bernafas.
  • Perbanyak minum air putih
    Memperbanyak minum air putih akan membantu mempercepat proses penyembuhan. Tenaga anak akan terisi setelah banyaknya cairan yang terbuang melalui ingus.
  • Konsumsi minuman madu hangat
    Untuk mengatasi masalah sakit tenggorokan yang menyerang anak kala mengalami pilek maka mengkonsumsi madu hangat akan membantu melegakan tenggorokan.
  • Gunakan inhaler
    Agar anak bisa bernafas dengan lancer maka saat ingus menyumbat hidung bisa dikeluarkan atau menggunakan inhaler.

Cara mengatasi pilek pada anak diatas bisa digunakan sebagai acuan untuk menjadi ibu siaga. Saat anak sakit ringan seperti ini jangan selalu diberikan obat-obatan. Sebaiknya gunakan cara alami agar anak tidak kecanduan obat atau terkena efek samping obat. Jika dirasa tidak berhasil maka terpaksa ibu bisa menggunakan obat pilek khusus anak. Jangan gunakan dosis dewasa karena akan cukup berbahaya.

About eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top