Saturday, September 23, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Review » Persepsi Keliru Tentang Program Perumahan Murah 2016
Persepsi Keliru Tentang Program Perumahan Murah 2016

Persepsi Keliru Tentang Program Perumahan Murah 2016

Saat ini, pemerintah sedang membangun program sejuta rumah atau perumahan murah yang ditujukkan kepada masyarakat yang memenuhi syarat. Tentu hal itu menjadi kabar baik bagi masyarakat yang sedang membutuhkan hunian atau rumah pribadi. Adanya program tersebut disebabkan karena banyaknya masyarakat Indonesia yang sudah berkeluarga namun belum memiliki hunian pribadi. Hal tersebut dapat disebabkan karena faktor ekonomi maupun kekurangan lahan. Oleh sebab itu, pemerintah berinisiatif dengan mengadakan program sejuta rumah ini. Namun, rupanya ada persepsi yang keliru yang ditangkap oleh masyarakat tentang program ini. Mereka beranggapan bahwa program yang diadakan oleh pemerintah ini merupakan ajang bagi-bagi rumah kepada masyarakat kurang mampu yang belum memiliki rumah. Memang betul, namun tidak serta merta dibagikan kepada seluruh lapisan masyarakat. Melainkan hanya masyarakat tertentu yang memenuhi syarat.

Jadi, program perumahan murah ini direncanakan 1 juta unit dengan pembagian 2 kategori. Pertama, sejumlah 600.000 unit akan diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan sisanya sejumlah 400.000 unit akan diberikan kepada non MBR yang memenuhi syarat. Perlu diketahui bahwa program sejuta rumah ini pun bukanlah program gratis yang diberikan begitu saja kepada masyarakat. Melainkan terdapat beberapa tahapan prosedur seperti pada program KPR. Kegiatan survey juga perlu dilakukan agar pemberian pogram sejuta rumah ini tidak salah sasaran. Selain itu, anda juga harus membayar DP dan angsuran seperti ketika anda membeli rumah pada umumnya. Hanya saja, melalui program pemerintah sejuta rumah ini, prosedurnya akan lebih mudah. Dengan demikian, masyarakat yang belum memiliki hunian pribadi, kini dapat dengan mudah untuk mendapatkan hunian pribadi.

Berlanjut kepada permasalahan tentang kekeliruan persepsi masyarakat terhadap program perumahan murah, hal itu dapat disebabkan karena kurangnya sosialisasi atau bisa jadi sosialisasi yang sudah dilakukan tidak berjalan dengan efektif. Dengan demikian, banyak masyarakat yang masih menangkap keliru tentang program ini. Sehingga hal itu menjadi tugas baru bagi pemerintah untuk bisa melakukan sosialisasi kembali dengan lebih baik. Selain itu, penting untuk dipastikan bahwa masyarakat sudah mengerti dan memahami tentang program ini. Pasalnya, jika masyarakat sudah mengerti tentang program sejuta rumah beserta apa saja tahapannya, maka prosesnya pun akan menjadi lebih mudah. Jika anda masih bingung mengenai bagaimana saja prosedurnya, anda dapat mencari informasi tambahan dari sumber terpercaya.

About eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top