Saturday, April 29, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Info Banyuwangi » Wisata Taman Nasional Baluran
Wisata Taman Nasional Baluran

Wisata Taman Nasional Baluran

Indonesia memiliki banyak sekali destinasi tempat wisata alam. Selain tempat wisata alam seperti pantai, bukit atau dataran tinggi lainnya, Indonesia juga memiliki beberapa tempat wisata berupa taman nasional. Salah satunya adalah Taman Nasional Baluran. Taman nasional ini terletak di perbatasan Situbondo dengan Banyuwangi tepatnya berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Apabila anda berkendara menuju pelabuhan Ketapang melewati jalur pantura, anda akan melewati taman ini. Pasalnya, pintu gerbang utama taman nasional ini terletak di jalur akses utama menuju Bali. Sehingga, lokasi taman nasional ini tentu tidak sulit untuk ditemukan. Aksesnya yang mudah untuk dilewati juga menjadikan tempat wisata taman nasional ini wajib untuk dikunjungi ketika anda sedang berlibur.

Taman Nasional Baluran merupakan taman nasional yang juga dijuluki sebagai Little Africa atau Africa van Java. Mengapa demikian? Pasalnya, taman nasional ini memiliki sabana atau padang rumput yang sangat luas dengan satwanya yang liar. Selain padang rumput yang luas, juga terdapat pohon-pohon kering serta bebatuan yang dapat dijumpai di sana. Selain itu, ketika anda berkunjung ke sana, anda juga akan menemukan beberapa jenis satwa liar seperti kerbau, rusa, ular, banteng, burung merak, dan monyet liar. Tak heran apabila taman nasional ini dijuluki sebagai Little Africa karena memang taman nasional ini mirip seperti padang rumput di Africa. Tentu anda tidak perlu jauh-jauh apabila ingin menikmati suasana seperti layaknya di Africa, karena anda dapat menemukannya di taman nasional yang terletak di perbatasan Situbondo-Banyuwangi ini. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 25.000 hektar yang didalamnya terdapat beberapa jenis satwa, hutan, dan tumbuhan. Hampir seluruh jenis atau tipe hutan yang ada di Indonesia terdapat di taman nasional ini. Oleh sebab itu, taman nasional ini juga dijuluki sebagai miniatur hutan Indonesia. Diantaranya terdapat vegetasi savana,  hutan musim, hutan mangrove, hutan pantai, hutan rawa, hutan pegununan bawah, serta hutan yang daunnya selalu hijau.

Apabila anda mengunjungi Taman Nasional Baluran, anda harus naik ke menara pandang yang tingginya 30 meter. Pasalnya, jika anda naik sampai puncak menara pandang ini, anda dapat melihat dan menikmati pemandangan yang indah dari ketinggian. Anda dapat melihat Gunung Baluran yang terdapat di sebelah selatan serta hamparan sabana yang luas. Ada juga beberapa fasilitas yang disediakan ketika anda mengunjungi tempat nasional ini, diantaranya yaitu tempat penginapan, outbond ground, dan camping ground. Adanya fasilitias tersebut membuat anda tidak perlu repot mencari  tempat penginapan apabila ingin bermalam di taman nasional ini karena sudah disediakan. Harga sewa untuk menginap juga bervariasi dan dapat disesuaikan dengan isi kantong anda.

Please include attribution to http://www.rumah.com/ with this graphic.

Minat

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top