Monday, October 23, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Pengetahuan » Penyebab Penyakit Lupus
Penyebab Penyakit Lupus

Penyebab Penyakit Lupus

Di kalangan masyarakat luas, penyakit lupus masih belum banyak diketahui. Karena memang sosialisasi atau informasi media tentang penyakit ini jarang ada. Penyakit yang menyerang sistem imun ini bisa mengakibatkan kerusakan pada anggota tubuh yang lain. Sistem imun yang seharusnya mempunyai fungsi sebagai kekebalan tubuh dan melawan virus dan bakteri ini malah melawan sistem kekebalannya sendiri. Sehingga dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Penyakit lupus atau Systemic Lupus Erythematosus ini termasuk penyakit kronis, karena apabila tidak segera ditangani akan berakibat fatal untuk penderitanya. Tidak seperti penyakit infuenza atau tuberkulosis (TBC), penyakit lupus ini tidak bisa menular dan bukan termasuk penyakit turunan. Walaupun sampai saat ini, penderita penyakit lupus yang disebabkan oleh faktor genetik hanya 10 %.

Walaupun secara medis belum bisa dipastikan apa penyebab penyakit lupus ini. Namun ada beberapa penyebab yang dikatakan bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit lupus. Diantaranya, sinar matahari, faktor genetik dan obat – obatan. Sinar matahari bisa mengakibatkan lesi pada kulit dan mengakibatkan respon internal pada orang yang lebih renta. Faktor genetik ikut menyumbangkan seseorang itu bisa terjangkit penyakit lupus, akan tetapi faktor genetik hanya menyumbang 10% faktor seseorang terserang penyakit lupus. Obat – obatan yang kita harapkan membawa kesehatan untuk tubuh kita bisa menjadi pemicu terjangkitnya penyakit lupus. Seperti obat antibiotik, anti kejang dan anti tekanan darah.

Meskipun belum diketahui secara jelas dan detail, dengan memperhatikan gejala dari penyakit lupus ini, seseorang teeserang penyakit lupus atau tidak itu bisa dideteksi. Walaupun “dengan catatan”  gejala – gejala tersebut juga tidak sepenuhnya akurat mendiagnosa bahwa seseorang telah terserang penyakit lupus. Dikarenakan penyakit ini bisa menyerang berbagai organ tubuh, maka penyakit ini bisa menyerupai penyakit – penyakit biasa lainnya seperti penyakit sariawan apabila yang diserang oleh penyakit ini adalah bagian mulut. Anemia bisa saja menjadi gejala dari penyakit lupus ini apabila yang diserang itu bagian darah. Tidak ada spesifikasi tertentu dalam mendiagnosa penyakit ini.

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top