Monday, October 23, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Review » Jaga Kesehatan Dengan Cuci Tangan 7 Langkah
Jaga Kesehatan Dengan Cuci Tangan 7 Langkah

Jaga Kesehatan Dengan Cuci Tangan 7 Langkah

Mencuci tangan adalah kebiasaan yang selalu diterapkan ketika kita selesai dan akan melakukan kegiatan yang menurut kita membutuhkan cuci tangan. Mencuci tangan sebenarnya tidak boleh asal, karena tujuan dari mencuci tangan adalah membuang kotoran yang ada ditangan yang banyak terdapat kuman didalamnya. Sering kita dengar cuci tangan 7 langkah, namun banyak orang yang belum memperatekkan hal tersebut. Mencuci tangan yang baik harusnya menggunakan air dan sabun. Air yang digunakanpun seharusnya yang mengalir, karena kotoran bisa hilang dan mengalir dengan sendirinya. Sabunyang digunakan pun sebaiknya menggunakan sabun antiseptic sehingga kuman yang sulit dihilangkan bisa mati. Jika tidak ada sabun anti septic, anda juga bisa menggunakan sabun cair atau batangan untuk mandi biasa. Mencuci tangan dengan baik sangat banyak manfaatnya, karena terkait dengan kuman yang bisa kapan saja menyerang kita, sehingga akan terjangkit penyakit yang tidak diinginkan.

Mencuci tangan tidak serta merta hanya membilas tangan agar basah, namun ada beberapa langkah  yang harus dilakukan, seperti sudah kita ketahui bahwa WHO sebagai badan kesehatan dunia telah merekomendasikan cuci tangan 7 langkah dengan sabun yang baik dan benar, langkah langkahnya sebagai berikut. Pertama basahi kedua tangan dengan air yang bersih dan mengalir, gunakan sabun dan usapkan dengan lembut. Kedua, gosokkan dan usapkan punggung tangan secara bergantian. Ketiga, gosok sela sela jari dengan lembut. Keempat, bersihkan ujung jari secara bergantian. Kelima, gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian dengan lembut. Keenam, letakka semua ujung jari tangan satu ketelapan tangan lain secara bergantian. Ketujuh, bersihklan secara bergiliran dan bergantian pergelangan tangan dengan cara memutar. Setelah melakukan 7 langkah tersebut maka keringkan dengan handuk atau tisu.

Cuci tangan 7 langkah tersebut akan memakan waktu 20 detik, sebaiknya anda ajarkan juga kepada anak anak dan orang sekitarnya agar penularan penyakit melalui tangan bisa dihindari dan dicegah. Dan perlu anda ketahui penyakit penyakit yang bisa ditularkan lewat tangan antara lain penyakit diare, diare tidak akan tertular bagi anda yang selalu rajin membersihkan tangan sesudah maupun sebelum makan dan segala aktifitas, penyakit infeksi saluran pernafasan juga bisa dialami jika kita sering melakukan bersin, batuk, membuang ingus tanpa disadari kita memegang makanan dan memakannya. Dan yang sering kita dengar terkait penyakit yang disebabkan kuman adalah infeksi cacing.

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top