Monday, October 23, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Pengetahuan » Kenali Sakit Jantung Rematik Sejak Dini
Kenali Sakit Jantung Rematik Sejak Dini

Kenali Sakit Jantung Rematik Sejak Dini

Sakit jantung rematik merupakan komplikasi dari demam rematik dan biasanya terjadi setelah serangan demam rematik. Penyakit tersebut dapat dikurangi dengan penggunaan antibiotik yang efektif terhadap bakteri streptokokus yang menyebabkan demam rematik. Demam rematik merupakan penyakit peradangan atau inflamasi yang dapat timbul sebagai komplikasi dari infeksi pada tenggorokan yang tidak diobati atau tidak mendapatkan penanganan yang baik. Peradangan tersebut kemudian terjadi pada sendi, otak, kulit dan jantung.

Apabila peradangan terjadi pada jantung, hal tersebutlah yang memicu terjadinya penyakit jantung rematik. Apabila terjadi jantung rematik dapat mengakibatkan cacat permanen pada organ jantung, terutama pada bagian katup jantung. Hal ini tidak dapat disembuhkan dengan pemberian obat terutama. Apabila jika terkena pada bagian katup jantung tersebut, maka katup jantung tidak dapat membuka dan menutup dengan baik, sehingga dapat terjadi perubahan pada aliran darah. Penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang paling serius yang dapat dialami dari usia anak-anak Hingga orang lanjut usia.

Gejala dari penyakit jantung rematik seperti penderita pada umumnya pada umumnya :

  • Mengalami sesak nafas yang disebabkan oleh jantung yang mengalami gangguan
  • Nyeri pada sendi
  • Timbulnya bercak kemerahan pada kulit
  • Gerakan tangan yang tidak beraturan dan tidak terkendali
  • Terdapat benjolan- benjolan kecil dibawah kulit
  • Rasa nyeri pada perut
  • Terjadi penurunan berat badan secara drastis
  • Mudah lelah dan juga
  • Akan mengalami demam

Seseorang yang telah terserang penyakit jantung rematik akan lebih rentan terhadap serangan yang akan terjadi berulang kali dan kerusakan pada organ jantung. Hal itu membuat mereka mendapat pengobatan antibiotik secara terus-menerus, bahkan selama hidupnya. Apabila organ hati telah mengalami kerusakan akibat dari demam rematik, maka akan mendapat resiko untuk mengembangkan endokarditis infektif dan infeksi pada selaput atau katup jantung. Mencegah akan lebih baik daripada mengobati. Pencegahan dapat dilakukan dengan memperhatikan pola hidup dan pola makan yang sehat untuk terhidar dari penyakit jantung rematik ini.

About review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top