Monday, October 23, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Review » Ingin Berinvestasi? Pilihlah Reksadana!
Ingin Berinvestasi? Pilihlah Reksadana!

Ingin Berinvestasi? Pilihlah Reksadana!

 Reksadana adalah sebuah pilihan investasi cerdas yang minim resiko dan oleh karena itu instrumen ini bisa menjadi pilihan anda.

Investasi merupakan salah satu sarana untuk mengelola uang agar kita memiliki kekayaan yang cukup di masa tua nanti. Selain kegiatan menabung, investasi dibutuhkan agar uang yang kita peroleh tidak habis kita konsumsi. Sayangnya, banyak orang belum mengetahui cara berinvestasi. Untuk mengatasi masalah tersebut, penyedia jasa keuangan menciptakan suatu produk bernama reksadana. Produk ini telah berkembang di dunia selama beberapa dekade. Saat ini, produk ini pun sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Beberapa keunggulannya menjadikan produk ini salah satu pilihan terbaik, khususnya bagi orang yang baru saja memulai kegiatan investasinya, atau investor pemula. Reksadana mampu mengakomodasi kebutuhan investor yang memiliki kendala waktu dalam memilih produk investasi secara langsung. Reksadana juga memungkinkan investor untuk menempatkan dananya di berbagai produk sehingga menurunkan risiko investasinya.

Reksadana mulai dikembangkan pada 1744. Setelah beberapa dekade, suatu produk reksadana modern diterbitkan pada 21 Maret 1924 di Amerika Serikat. Seiring berjalannya waktu, produk ini terus berkembang di Amerika Serikat dan di berbagai negara. Produk ini juga akhirnya mulai berkembang di Indonesia sejak 1976, saat pemerintah mendirikan suatu perusahaan pengelola reksadana. Produk ini semakin dikenal luas di Indonesia sejak terbitnya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal.

Reksadana memiliki berbagai keunggulan yang menjadikannya menarik bagi investor. Pertama, reksadana dikelola oleh profesional. Berbeda dengan investasi saham misalnya, investor tidak mengelola produk reksadana yang dibelinya secara langsung. Dalam investasi reksadana, dana investor dikelola oleh Manajer Investasi (MI) melalui pembelian unit penyertaan reksadana yang terdiri dari berbagai instrumen investasi. Manajer investasi yang bertanggung jawab mengelola dana investor umumnya memiliki keahlian dalam pengelolaan dana. Selain itu, karena investor membeli unit investasi, investor akan memperoleh sekumpulan produk investasi (berupa efek/surat berharga) dengan tingkat risiko yang berbeda-beda. Sehingga, dalam hal ini terjadi diversifikasi. Diversifikasi merupakan usaha mengurangi risiko investasi dengan menanamkan dana pada lebih dari satu produk. Jika salah satu produk mengalami kerugian, masih ada produk lain yang memberikan keuntungan. Maka, risiko investasi reksadana lebih rendah dari investasi pada satu jenis efek, seperti saham. Tambahan pula, saat ini banyak bank dan penyedia reksadana yang menawarkan produknya dengan nominal cukup kecil, misalnya Rp500.000,00 per unit. Hal ini bermanfaat bagi investor yang belum memiliki dana besar untuk investasi. Nominal tersebut terjangkau oleh kalangan yang memiliki dana terbatas seperti mahasiswa dan pengusaha kecil. Investor tidak perlu khawatir dalam pemantauan perkembangan investasinya karena penyedia reksadana wajib menerbitkan informasi secara rutin untuk memungkinkan investor mengetahui pengelolaan dananya.

Investasi reksadana tentunya juga mengandung sejumlah risiko. Namun, mempertimbangkan berbagai manfaat tersebut, reksadana merupakan salah satu alternatif investasi yang sangat direkomendasikan oleh berbagai kalangan. Produk ini sangat cocok bagi para investor pemula, investor yang memiliki dana terbatas, maupun investor yang tidak punya waktu untuk memilih produk investasinya secara langsung.

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top