Friday, July 28, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Pengetahuan » 5 Langkah Mudah Pencegahan Diare
5 Langkah Mudah Pencegahan Diare

5 Langkah Mudah Pencegahan Diare

Musim hujan memang identik dengan beragam masalah kesehatan, mulai dari flu, demam berdarah hingga penyakit diare. Penyebab dari penyakit tersebut memang genangan air, pada demam berdarah misalnya, jenis nyamuk Aides Aigepty memang senang hidup dalam genangan air bersih sehingga patut untuk waspada pada musim hujan kali ini. Belum lagi penyebab diare, tak jauh berbeda, air kotor yang menggenang adalah sarang berbagai jenis kuman dan bakteri, diantaranya dapat membawa wabah diare. Namun juga tak perlu khawatir karena jika Anda menerapkan pencegahan diare maka tak mungkin penyakit ini akan menyerang.

Pencegahan penyakit diare sebenarnya sangat mudah, bahkan dapat Anda mulai dari hal-hal yang paling sederhana, diantaranya adalah:

  1. Senantiasa menjaga kebersihan air yang Anda konsumsi, patut untuk diketahui bahwa salah satu cara penularan paling cepat penyakit ini adalah dari konsumsi air. Tahun-tahun sebelum kemerdekaan banyak kematian masyarakat dalam negeri yang disebabkan oleh penyakit ini, untuk itulah kemudian bangsa Belanda memperkenalkan memasak air sebelum dikonsumsi karena ini cara efektif dalam membunuh kuman yang ada di dalamnya.
  2. Perhatikan makanan yang Anda konsumsi, selain dari air makanan juga bisa menjadi penyebabnya apalagi yang sudah tercemar bakteri, untuk itu perhatikan kebersihan jajanan yang akan kamu makan.
  3. Selalu membudayakan cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah melakukan aktifitas apapun. Cuci tangan dengan menggunakan sabun kesehatan seperti Lifebuoy tak hanya membersihkan dari luar dan membuatnya wangi melainkan juga bunuh kuman penyebab penyakit.
  4. Pastikan juga untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal Anda, paling penting untuk membuat lingkungan tetap bersih sehingga kuman penyebab diare juga tak berkembang di sekitar Anda.
  5. Pastikan setiap bahan makanan yang akan kamu oleh selalu dibersihkan terlebih dahulu.

Itulah 5 langkah mudah yang dapat kamu budayakan sebagai bentuk pencegahan diare, dengan begini datangnya musim hujan bukan hal yang patut untuk kamu takuti lagi karena Anda tetap bisa sehat, bebas dari masalah kesehatan apapun dengan cara yang mudah.

About review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top