Friday, July 28, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Pengetahuan » Cara mudah cegah hipertensi
Cara mudah cegah hipertensi

Cara mudah cegah hipertensi

Menu diet rendah garamDi negara Indonesia penderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi selalu meningkat di setiap tahunnya. Perilaku atau kebiasaan buruk yang dilakukan masyarakat dan sering mengabaikan kesehatan tubuh adalah penyebab yang paling sering terjadi pada seseorang yang menderita penyakit hipertensi. Bukan hanya pada orang tua atau lanjut usia saja, akan tetapi seseorang yang masih berusia muda juga memiliki risiko menderita penyakit hipertensi yang sama apabila memiliki berat badan yang berlebih. Untuk itu diperlukannya diet untuk mencegah timbulnya penyakit hipertensi tersebut. Memiliki berat badan yang berlebiih selain berisiko tinggi untuk terkena penyakit diabtes juga sangat berisiko terkena penyakit lainnya seperti penyakit diabetes dan penyakit – penyakit yang berasal dari pola makan yang salah yang dilakukan oleh banyak orang dan tanpa disadari dapat membahayakan diri sendiri.

Cara mudah yang dapat dilakukan untuk menghindari dan mencegah diri dari penyakit hipertensi antara lain sebagai berikut.

Kurangi mengkonsumsi garam.

Garam adalah penyebab tekanan darah menjadi tinggi. Garam yang dikonsumsi secara berlebih dapat memicu tekanan darah menjadi naik. Untuk itu diperlukannya mengurangi asupan garam untuk mengontrol asupan garam yang masuk ke dalm tubuh. Usahakan untuk menghindari makanan siap saji yang banyak mengandung natrium atau garam. Anda dapat memasak makanan sendiri dengan menggunakan garam sedikit saja. Untuk minuman anda dapat membuat minuman sendiri seperti kopi dan teh dengan menggunakan gula rendah kalori tropicana.

Konsumsi bayam.

Bayam dapat dijadikan sebagai makanan yang wajib dikonsumsi bagi pederita hipertensi. Kandungan bayam seperti potasium, folar dan magnesium sangat baik untuk mengontrol tekanan darah. Bayam dapat dioalah dengan baik akan tetapi jangan tambahkan garam ketika memasak bayam.

Konsumsi buah – buahan.

Buah adalah salah satu menu yang harus dikonsumsi disetiap harinya. Banyak buah seperti pisang, kiwi, pel, tomat, jeruk dan lain – lain yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Anda dapat menjadikan buah sebagai pencuci mulut setelah makan atau bahkan dapat menjadikannya sebagai camilan sebelum waktu makan.

About review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top