Thursday, September 21, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Pengetahuan » Gambaran Umum Dan Penyebab Diabetes Melitus Tipe 2
Gambaran Umum Dan Penyebab Diabetes Melitus Tipe 2

Gambaran Umum Dan Penyebab Diabetes Melitus Tipe 2

Penyakit yang membahayakan pada saat ini salah satunya adalah diabetes melitus atau dengan kata lain kencing manis, setiap harinya orang meninggal yang di sebabkan oleh penyakit diabetes. Penyakit diabetes melitus dibagi menjadi dua, yaitu diabetes melitus tipe 1 yang tergantung pada insulin dan diabetes melitus tipe 2 tidak tergantung pada insulin. Untuk tipe 2 merupakan diabetes yang tidak tergantung pada insulin, ini diakibatkan oleh kegagalan sel beta langerhans. Dan penyebab diabetes lainnya adalah seperti kadar kortikosteriod yang tinggi. obat obatan yang mengandung dosis yang tinggi dapat mengganggu bahkan dapat merusak pankreas, sera racun yang dapat mempengaruhi pembentukan dari insulin. Insulin merupakan hormon yang dilepaskan oleh pankreas yang bertanggung jawab dalam mempertahankan kadar gula darah.

Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit dengan kadar glukosa atau gula darah tinggi, ini dikarenakan tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara cukup. Diabetes melitus (DM) adalah keadaan dimana kadar gula darah tinggi yang kronis serta disertai oleh berbagai kelainan metabolisme yang diakibatkan oleh gangguan hormonal. Akibat dari gangguan hormonal ini dapat memicu penyakit lain atau dengan kata lain komplikasi. Penyakit diabetes ini tidak akan terjadi apabila kadar gula darah di dalam tubuh dapat di atur hingga stabil atau tidak naik terlalu tinggi. dan penyakit diabetes juga tidak akan terjadi apabila kondisi organ pankreas sehat dan tidak mengalami kerusakan. Hal itu akan terjadi apabila ada faktor yang mendukung nya. Penyakit diabetes dapat terjadi karena faktor di bawah ini:

  1. Gaya hidup

Gaya hidup memang sangat mempengaruhi terhadap glukosa dalam darah. Banyak orang yang mengabaikan pola hidup sehat demi mencapai sebuah kesuksesan. Padahal mengingat kesuksesan itu bisa di raih dengan kondisi badan yang sehat.

  1. Obesitas

Obesitas juga dapat mempengaruhi kadar glukosa di dalam darah, orang yang memiliki badan obesitas atau gemuk berlebih lebih rentan terkena penyakit diabets

  1. Usia

Diabetes juga dapat dipengaruhi oleh faktor usia, untuk usia muda lebih rentan mengalami diabetes melitus tipe 1 dan untuk orang dewasa di atas umur 40 tahun lebih rentan mengalami diabetes melitus tipe 2

Untuk menghindari penyakit diabetes maka mulai sejak dini melakukan pola hidup sehat, ini bertujuan untuk semua organ tubuh berfungsi dengan baik.

About review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top