Tuesday, August 22, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Pengetahuan » Donat Drakula si Donat Kulit Pisang
Donat Drakula si Donat Kulit Pisang

Donat Drakula si Donat Kulit Pisang

Donat merupakan salah satu jenis kue basah yang disukai hampir setiap kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa karena rasanya yang enak. Biasanya donat menggunakan bahan utama tepung yang dapat Anda temukan di supermarket terdekat dari rumah Anda. Namun, di tangan para mahasiswa IPB (Institute Pertanian Bogor), kulit pisang yang sering dianggap hanya sebagai sampah diubah menjadi bahan baku pembuatan donat yang dikenal dengan nama donat drakula.

Kulit pisang memiliki kandungan karbohidrat, air, kalium, vitamin C dan B, lutein, kalsium, antioksidan, protein, lemak, serat, minyak nabagi, serotonin dan serotin yang bagus untuk tubuh manusia terutama kandungan serotin yang dapat meningkatkan mood seseorang. Kulit pisang tersebut diolah dan diektrak menjadi tepung yang nantinya menjadi campuran dari bahan untuk membuat donat. Dengan menggunakan tambahan labu kuning, mahasiswa Intitute Pertanian Bogor yang dibimbing Dr. Drajat Martionanto selaku dosen Departemen Gizi Masyarakat FEMA, donat drakula menjadi makanan yang kaya gizi dan enak.

Dengan Yani Akhdan Rafif sebagai ketua tim, tim dari IPB ini berhasil mengolah pangan, mendiversifikasi dan menciptakan sumber pangan baru. Kulit pisang yang diubah menjadi tepung tersebut mengandung amilum sedangkan labu kuning sebagai antibakteri dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Pemanfaatan pangan ini dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang ada di Indonesia untuk mengurangi ketergantungan akan impor tepung terigu dan gandum.

Donat drakula buatan dari mahasiswa IPB (Institute Pertanian Bogor) yang terdiri dari 5 orang dalam 1 tim tersebut, telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mencobanya. Tim yang terdiri dari 5 mahasiswa beda fakultas tersebut yaitu Yani Akhdan Rafif (ketua tim) dan Oki Setiawan dari Fakultas Perikanan dan Kelautan, Rahmat Junedi dari FEMA, Aulia Novianti yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen serta Eva Siti Nurazizah yang merupakan mahasiswa Fakultas Peternakan tersebut, hingga November 2015 menyediakan 3 jenis varian rasa yaitu rasa vanilla, strawberry dan coklat sebagai topingnya yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera Anda.

About review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top