Monday, October 23, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Review » Cara Cepat Cari Info Lowongan Kerja
Cara Cepat Cari Info Lowongan Kerja

Cara Cepat Cari Info Lowongan Kerja

Keluhan yang banyak dibicarakan orang sekarang ini adalah sulitnya mencari pekerjaan. Entah sudah berapa surat lamaran ditolak dengan berbagai alasan. Tidak cukup skill, kurang pengalaman, dan masih banyak lagi. Rasanya sudah banyak yang kehabisan ide di mana harus mencari info lowongan kerja sehingga setidaknya ada sesuatu yang bisa dilakukan sembari menunggu panggilan.
Kehabisan ide di mana harus mencari kerja memang membuat kecil hati. Namun gunakan kesempatan ini untuk merenung. Apa saja kekuatan dan kelemahan Anda? Jika lamaran sering ditolak, introspeksi diri dan bercermin. Mungkin pekerjaan yang Anda incar memang tidak cocok untuk? Mungkin skill masih kurang? Mungkin juga perusahaan memang sedang tidak membutuhkan orang.
Jika Anda sudah melakukan introspeksi dan sudah mengerti di mana kelemahan Anda, maka perbaikilah hal tersebut. Sembari meningkatkan kemampuan, bersiaplah untuk mencari lagi. Hiaslah CV Anda kembali, dan singsingkanlah lengan baju. Mari mencari lagi, dimulai dari sini:
  • Keluarga Anda tentu punya keluarga yang bekerja di tempat-tempat dan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Carilah informasi dari mereka, kebanyakan sebenarnya mempunyai jabatan yang sedang kosong, hanya saja mereka memang tidak mem-posting lowongan tersebut.
  • Teman Carilah informasi dari teman-teman Anda yang sudah bekerja, apakah mereka punya kenalan atau tempat kerja yang membutuhkan seseorang.
  • Organisasi Apakah Anda aktif di kegiatan religius di masjid, pesantren, gereja, atau organisasi lokal? Anda bisa mencari-cari info dari para anggotanya, dan meminta mereka untuk merekomendasikan Anda.
  • Cari di internet Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang mem-posting lowongan di internet. Mendaftarlah menjadi anggota, dan mulai cari pekerjaan yang ada di dekat daerah Anda.
  • Media sosial Ketika Anda aktif di media sosial, maka Anda akan mempunyai banyak kenalan bukan? Bertanyalah kepada mereka apakah tempat mereka bekerja sedang ada lowongan, atau bergabunglah di komunitas pencari kerja.
Mencari pekerjaan tersebut bisa dibilang juga menjadi full time work bagi Anda sendiri. Bila Anda tidak menjaga diri Anda dengan baik, maka Anda justru bisa menjadi stress. Karena itu, lakukanlah hal di bawah ini agar Anda tidak menjadi semakin tertekan:
  • Konsisten mencari Anda pasti sudah sering mendengar orang-orang mengirim ratusan lamaran pekerjaan terus menerus, jadi jangan khawatir jika Anda belum mendapat. Tetap kirim CV Anda.
  • Realistis Tidak usah berpikir yang macam-macam, saat ini tujuan Anda adalah mencari pekerjaan, jadi pilihlah yang setara dengan kemampuan Anda.
  • Positif dan berdoa Berpikirlah positif, anggaplah setiap lamaran yang ditolak sebagai kesempatan memperbaiki diri. Berdoalah dan minta berkat pada Tuhan agar jalan Anda dilancarkan.
Selain hal di atas tersebut, untuk menjaga diri Anda agar tetap selalu berpikiran positif, maka sebaiknya Anda:
  • Minta dukungan keluarga Berbicaralah kepada mereka, katakan tentang kesulitan Anda. Hanya bercerita pun akan membuat hati Anda lebih plong dan bisa menjernihkan pikiran.
  • Jaga kesehatan Ketika kondisi badan mulai ambruk, maka akan sulit untuk menjaga agar attitude dan pikiran Anda menjadi optimis. Karena itu, seringlah minum air putih, olahraga, makan bernutrisi, jagalah badan Anda.
Pencarian kerja yang tidak ada habis-habisnya memang kadang membuat orang semakin kecil hati. Namun hal ini bukan berarti Anda harus berhenti mencari lowongan kerja. Bila Anda sedang butuh kerjaan karena kondisi mendesak, cobalah menjadi pelayan restoran, menjadi SPG/SPB, atau bekerja paruh waktu. Menjadi relawan organisasi pun juga bisa Anda lakukan selama masa proses pencarian kerja.

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top