Monday, June 26, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Berita Sekolah » Juara Tiga Dalam OKTAN ITB 2014
Juara Tiga Dalam OKTAN ITB 2014

Juara Tiga Dalam OKTAN ITB 2014

BANDUNG, itb.ac.id – Himpunan Mahasiswa Kimia ‘AMISCA’ ITB pada awal tahun ini menggelar Olimpiade Kimia OKTAN (Olimpiade Kimia Tingkat Nasional) “Membangun Negeri Bersama Kimia” dengan puncak acara diselenggarakan pada Sabtu (25/01/14). Acara ini merupakan keenam kalinya HMK AMISCA mengadakan acara rutin setelah sebelumnya menggelat Chemistry Challenge tingkat Nasional, Lomba Cerdas Tangkas Kimia, dan Chemistry for Nation. Pada acara OKTAN tahun ini, SMAK Penabur 1 kembali meraih juara umum. Selanjutnya, Juara II diraih oleh SMAN 1 Purwokerto, Juara III diraih oleh SMA Negeri 1 Glagah, dan SMA Kharisma Bangsa sebagai peraih Juara Harapan.

Rangkaian acara OKTAN ini dimulai pada 12 Januari 2013. Peserta dari acara ini disaring dari seluruh subrayon. Kesembilanbelas subrayon yang disaring tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, meliputi lima pulau yaitu Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Pada seleksi rayon tersebut, melalui tes tertulis sebanyak 624 tim disaring menjadi 25 tim yang akan kembali saling berkompetisi pada puncak acara ITB OKTAN di Bandung, Jawa Barat. Dari babak perempat final sampai dengan final diadakan pada puncak acara OKTAN ITB. OKTAN kali ini terbagi dalam beberapa acara yaitu tes tertulis, LCTK, tes praktikum, dan talkshow terkait keprofesian Kimia yang terbuka bagi siswa SMA serta terdapat pula pelatihan guru.

Talkshow OKTAN kali ini bertajuk “What will you do if you become a chemist” dan menghadirkan narasumber-narasumber terkemuka dan berpengalaman di bidang kimia, antara lain Harman Subakat selaku Operation Director PT Paragon; Megawati Santoso, Ph. D; dan Dadik Garibaldi. Selain itu, pelatihan guru yang digelar OKTAN kali ini juga tak hanya ditujukan bagi guru pendamping tim yang lolos sampai tahap perempat final, tetapi juga untuk para guru di wilayah Bandung dan Jakarta yang diisi oleh Dr. M Abdul Kadir M dan Prof. Ismunandar, Guru Besar Termuda Pertama di ITB. Untuk juri dari LCTK, OKTAN ITB menghadirkan dosen-dosen Kimia ITB antara lain Dr. M. Ali Zulfikar; Indra Noviandi; dan Mia Ledyastuti.

Nur’Aeni (Kimia 2010) selaku kepala divisi acara mengatakan bahwa persiapan OKTAN ini sudah dilakukan sekitar enam bulan. Menyelenggarakan kompetisi berskala nasional rupanya menjadi tantangan tersendiri bagi panitia terutama terkait koordinasi. AMISCA ITB sempat mengadakan roadshow untuk sekolah-sekolah di Bandung dan sekitarnya, mengenalkan acara OKTAN ITB kepada mahasiswa-mahasiswa baru, dan bekerjasama dengan unit -unit kebudayaan daerah yang ada di ITB. Selain itu, tidak lupa AMISCA ITB juga bekerjasama dengan himpunan-himpunan mahasiswa kimia lainnya yang tersebar di berbagai universitas.

“Acara OKTAN ini memang bertujuan untuk mengenalkan Kimia, mengenalkan keprofesian di program studi Kimia dan menarik minat anak-anak SMA untuk melanjutkan kuliah di ITB, tidak lupa juga untuk merekatkan kerjasama AMISCA ITB dengan himpunan-himpunan kimia dari universitas lain,” ujar Aeni kepada Kantor Berita ITB. “Jika mempunyai ide, mimpi, atau gagasan apapun, berjuanglah untuk mewujudkannya menjadi kenyataan,” lanjutnya menutup wawancara.

Selamat dan sukses untuk siswa SMA Negeri 1 Glagah (Wahyu Orphan dan Dennis Deviandoni) telah meraih Juara 3 Olimpiade Kimia se-Nasional yg diadakan oleh ITB.

Sumber : http://www.itb.ac.id/news/4157.xhtml

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top