Saturday, April 29, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Pengetahuan » Investasi Motivasi Masa Depan
Investasi Motivasi Masa Depan

Investasi Motivasi Masa Depan

Investasi Motivasi Masa Depan – Energi terbarukan sudah harus dikenal, dipelajari dan digunakan dalam penggunaan kegiatan disetiap harinya. Konsep energi terbarukan pertama kali dikenal pada sekitar tahun 1970, sebagai cara untuk menyeimbangkan pengembangan energi berbahan bakar nuklir dan fosil yang suatu saat akan habis. Secara umum, energi terbarukan dapat disebut dengan sumber energi yang dapat dengan cepat dipulihkan kembali secara alami dan prosesnya berkelanjutan. Tenaga surya, tenaga angin, arus air proses biologi dan panas bumi dapat dikatakan energi terbarukan.

Tenaga angin merupakan salah satu sumber energi yang terbarukan dan juga energi yang bersih lingkungan karena relatif tidak menimbulkan emisi udara. Namun masalah kunci dari sumber tenaga ini adalah ketidak kontinyu-an energi dari alam itu sendiri. sehingga banyak cara atau metode yang dikembangkan untuk menanggulangi masalah tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan sebagian energi yang dihasilkan untuk memproduksi hidrogen melalui proses elektrolisis air.

Kemudian hidrogen ini disimpan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan listrik pada saat beban puncak atau kondisi dimana pembangkit listrik tenaga angin tersebut kekurangan daya untuk memenuhi permintaan beban. Energi yang tersimpan dalam bentuk hidrogen dapat di ubah kembali menjadi tenaga listrik dengan teknologi fuel cell ataupun dengan teknologi mesin bakar (combustion engine) yang terhubung dengan generator listrik.

Sistem pembangkit gabungan antara energi angin dan hidrogen ini sering disebut Wind-Hydrogen hybrid power system seperti terliahat pada gambar diatas. Banyak negara yang mengembangkan sistem ini seperti Australia, Inggris, Amerika, Denmark, Scotlandia dll.

Teknologi ini sangat berguna untuk memanfaatkan sumber daerah lokal yang lokasinya tidak terjangkau oleh sistem transmisi karena masalah biaya (cost). Persoalan lain yang perlu diatasi adalah teknologi penyimpanan hidrogen, sperti masalah penggetasan / embrittlement bahan yang digunakan di sistem tenaga (power system).

Berikut adalah penjelasan rinci mengenai salah satu energi terbarukan.

Wind-Hydrogen Hybrid Power System


Menurut survey yang dilakukan oleh Shell Indonesia diketahui orang Indonesia menganggap kebutuhan energi penting di masa depan. Dalam survey terhadap 2.160 responden itu, hampir 98 persen sepakat bahwa emisi karbondioksida (CO2) perlu diturunkan. Memang Indonesia itu cerdas ! Untuk itu, kebijakan untuk mengembangkan sumber daya energi, terutama menjaga stabilitas energi dan keberlanjutannya penting dipikirkan saat ini, khususnya di Indonesia

Referensi :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Energi_terbarukan
  • http://energi-terbarukan-indonesia.blogspot.com/2009/01/wind-hydrogen-hybrid-power-system.html

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top