Monday, May 1, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Pengetahuan » Berzakat Pembawa Nikmat
Berzakat Pembawa Nikmat

Berzakat Pembawa Nikmat

Sebagai umat Islam, kita diwajibkan untuk berzakat seperti yang sudah tercantum dalam rukun Islam yang ketiga.  Hukum zakat adalah wajib bagi yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Allah telah memberi perintah umat Islam yang memiliki harta lebih serta sudah mencapai hisab untuk mengeluarkan zakat setiap tahunnya.

Zakat merupakan jumlah harta tertentu yang harus dikeluarkan oleh  umat Islam sebagai tujuan untuk amal sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan yang dapat berkembang sesuai dengan perkembangan umat manusia kepada golongan yang berhak menerimanya (fakir miskin dan sebagainya) dan selain mereka yang boleh menerima sebagaimana yang telah tercantum dalam Al-Qur’an, tepatnya di Surah at-Taubah ayat 60.

Dalam pembahasan zakat fitrah, ada beberapa ayat Al-Qur’an dan juga hadits Rasulullah SAW yang bisa dijadikan dasar hukum di wajibkan untuk zakat fitrah.  Salah satu ayat Al-Qur’an yang menerangkan kewajiban zakat adalah Surat Al-Baqarah ayat 110.

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Artinya :

Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.

Zakat itu terdapat dua macam, zakat fitrah dan zakat maal (harta).

  • Zakat Fitrah
    Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oelh umat muslim menjelang Idul Fitri pada bulan suci Ramadhan.  Besar zakat ini setara dengan 3,5 liter atau 2,7 kilogram makanan pokok yang ada di daerah tersebut.  Jika di Indonesia, beras yang menjadi bahan untuk berzakat.
  • Zakat Maal (Harta)
    Zakat Maal merupakan zakat yang harus dikeluarkan seorang muslim yang meliputi hasil perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, emas dan perak. Masing-masing jenis memiliki perhitungannya yang berbeda.

Berbeda pengertian, berbeda pula syarat dan ketentuannya untuk mengeluarkan kedua macam zakat tersebut.  Nah bagi remaja seperti kita bukan alasan untuk tidak berzakat, walaupun tidak mempunyai penghasilan.  Tidak berpenghasilan namun mampu, tetap di wajibkan untuk berzakat pada menjelang Idul Fitri di bulan Ramadhan.  Berikut syarat wajib zakat fitrah adalah sebagai berikut.

  • Mempunyai kelebihan makanan pokok bagi diri dan keluarganya
    Memiliki kelebihan biaya hidup baik untuk dirinya maupun orang-orang yang wajib yang dinafkahinya pada siang dan malam hari idul fitri.  Apabila tidak memiliki kelebihan maka tidak wajib baginya membayar fitrah.
  • Hidup Pada Saat Terbenamnya Matahari Pada Akhir Bulan Ramadahan
    Anak yang lahir setelah terbenamnya matahari malam idul fitri tidak wajib dikeluarkan zakat fitrah. Sebaliknya; jika seorang anak lahir sebelum terbenamnya matahari di hari terakhir bulan Ramadhan maka wajib dikeluarkan zakat fitrah.
  • Beragama Islam
    Artinya orang yang tidak beragama Islam tidak wajib membayar fitrah.  Walaupun membayar, zakatnya tidak sah.

Remaja Berzakat.  Remaja yang cerdas pada masa sekarang, bukan remaja yang berfoya-foya menghabiskan uangnya untuk menyambut datangnya hari raya idul fitri.  Namun remaja yang ingat akan rukun Islam yang harus dipenuhinya dan remaja yang memperhatikan keadaan situasi yang sedang terjadi.  Buat apa barang yang baru bagi kita jika masih banyak orang yang masih membutuhkan barang pokok dalam hidupnya.

Remaja Berzakat

Salah Satu Contoh Remaja Berzakat

Remaja Berzakat sudah patutnya untuk diterapkan dalam hidup kita, jangan meminta uang zakat ke orang tua maupun orang lain.  Namun, sisihkan uang jajan kita sebagai modal kita berzakat dan saya rasa itu lebih baik.  Di beberapa sekolah pun sudah menerapkan adanya zakat bagi pelajarnya, jadi tidak lagi susah dan cari alasan lagi untuk tidak berzakat.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap umat Islam pada hari raya idul fitri baik laki-laki dan perempuan, ‘dewasa, remaja maupun anak kecil‘, merdeka atau hamba sahaya.  Zakat fitrah berfungsi menyempurnakan kekurangan yang terjadi dalam berpuasa.  Dengan berzakat pun, kita akan mendapatkan nikmat yang begitu banyak.  Sungguh Berzakat Pembawa Nikmat !

  • Mensucikan jiwa dari sifat kikir
  • Membantu orang-orang yang membutuhkan
  • Menumbuhkan ketenangan hidup
  • Mengembangkan dan memberkahkan harta
  • Menarik rasa simpati atau cinta

http://postschools.com/wp-content/uploads/2013/07/lomba-remaja-berzakat.jpg

Remaja Berzakat

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top