Monday, November 20, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Internet » Teknologi Buatan Indonesia
Teknologi Buatan Indonesia

Teknologi Buatan Indonesia

Teknologi pada saat ini telah dimanfaatkan orang sebagai sarana dan sumber informasi yang sangat tak terbatas, hampir di setiap aspek kehidupan teknologi sangat berguna untuk mempermudah seseorang untuk melakukan pekerjaan yang susah. Seseorang menggunakan teknologi karena manusia memiliki akal dan pikiran.  Akal dan pikiran seseorang itulah yang menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi atau dapat diartikan dapat menguasai teknologi yang menyebabkan perkembangan teknologi terjadi.

Manusia memang tidak pernah puas akan apa yang telah dimilikinya, ketidakmampuan manusia untuk memenuhi dan ingin mendapatkan kebaikan yang tidak terbatas adalah penyebab mengapa manusia tidak pernah puas.  Karena manusia memiliki nafsu, pikiran dan keinginan. Itulah faktor mengapa perkembangan teknologi tidak akan berhenti sampai disini saja, jelas teknologi akan terus berkembang dan selalu berkembang sampai detik berhenti. Dengan adanya hal baru, jelas lahirlah dampak positif dan dampak negatif yang akan muncul, semua tergantung kepada manusia.

Perkembangan teknologi merupakan sebuah kenyataan perkembangan peradaban dunia yang memberikan banyak akses bagi terjadinya perubahan pola kehidupan masyarakat dalam berbagai bidang.  Dengan kondisi itulah yang menjadi pemicu perubahan sistem pendidikan di dunia. Upaya yang dilakukan diyakini dapat memperbaiki sistem pendidikan yang ada, yang membuat pendidikan semakin menarik, tidak membosankan lagi dan tidak lagi di takuti siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar yang terlalu mengekang.

Dunia pendidikan sangat dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu teknologi yang berkembang sangat pesat.  Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan diharapkan mampu menjadikan para siswa menjadi lebih kreatif dan lebih kompetitif. Dalam konteks pendidikan, akhir-akhir telah banyak diperkenalkan model pembelajaran berbasis teknologi dengan berbagai macam istilah yang digunakan. Semua istilah berikut pada intinya sama, yakni mengacu kepada sistem pembelajaran yang mengandalkan pemanfaatkan teknologi.

Computer Assisted Intsruction (CAI)
Computer Based Education (CBE)
Information and Communications Technology (ICT)
Computer Based Training (CBT)
Computer Based Instruction (CBI)
Distance Learning & Distance Education
Cybernetic Learning Environment (CLE)
Integrated Learning System (ILS)
Learner-Cemterted Classroom (LCC)
Teleconferencing
WBT (Web-Based Training), dan sebagainya…

Di Negara-negara yang sedang berkembang, tentunya memerlukan begitu banyak hal untuk mendukung perkembangan negara mereka seperti model pembelajaran diatas. Negara-negara akan saling meningkatkan berbagai kemampuan mereka dalam aspek pendidikan dan semakin mencerdaskan akal manusia. Namun di Indonesia pemanfaatan teknologi sebagai sarana pendidikan masih sangatlah minim. Untuk tingkat perguruan tinggi saja, hanya beberapa perguruan tinggi yang memanfaatkan teknologi, dan itu pun belum maksimal. Masih banyak aplikasi-aplikasi di internet yang belum digunakan untuk mendukung kegiatan penididikan yang dilakukan. Apalagi dalam tingkat pendidikan dasar dan menengah, pemanfaatan teknologi jauh lebih minim lagi.

Beberapa upaya yang dilakukan pemerintah kita adalah membentuk kurikulum yang dibuat digital dengan sistem e-learning dan jelas akan mempermudah proses pembelajaran. Tidak hanya sistem e-learning dari pemerintah saja, sekarang kita dapat menemukan banyak materi yang disediakan internet dan mencari dengan mudahnya.  Manfaatnya proses komunikasi antara pendidik dan siswa juga akan menjadi sangat mudah tanpa adanya batasan tempat dan waktu. Peluang menjadikan anak Indonesia lebih kreatif akan semakin tinggi dengan adanya teknologi.

Hebatnya orang Indonesia adalah mampu menciptakan teknologi canggih yang tak terduga dari minimnya teknologi yang disediakan.  Seperti berita yang tersebar beberapa bulan lalu pelajar SMK dapat merakit mobil buatan sendiri dengan kerja keras dengan peralatan yang seadanya, namun banyak kontroversi yang beredar juga.  Bukan hanya itu saja, pencipta Smadav Anti-Virus adalah siswa SMA kelas XI pada tahun 2006.  Dan juga ada blog builder indonesia terbaru yang banyak ditemui sekarang.

Dan yang sangat mengagumkan yaitu penemu dan pemilik paten teknologi 4G adalah pemuda Indonesia ! Teknologi yang sangat diakui dalam kancah internasional dan hasil temuan yang telah dipatenkan itu digunakan oleh sebuah perusahaan elektronik besar asal Jepang. Bahkan teknologi ini juga tengah dijajaki oleh raksasa telekomunikasi China, Huawei Technology. Sungguh karya buatan Indonesia yang sangat membanggakan !

Referensi :

  • http://duorizki.blogspot.com/2012/04/peranan-teknologi-informasi-komunikasi.html
  • http://www.anneahira.com/smadav-anti-virus.htm
  • http://www.maarif-nu.or.id/Opini/tabid/175/articleType/ArticleView/articleId/153/Pentingnya-Teknologi-dan-Informasi-dalam-Dunia-Pendidikan.aspx

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top