Monday, November 20, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Info Banyuwangi » Wisata Alam Alas Purwo
Wisata Alam Alas Purwo

Wisata Alam Alas Purwo

A. Jungle Track

Jungle Track Alas Purwo

Banyak sekali obyek-obyek wisata alam di Taman Nasional Alas Purwo yang dapat dijadikan pilihan untuk wisata jungle track.  Dari mulai Rowobendo-Ngagelan-Segoro Anak-Cungur atau Trianggulasi-Pancur-Plengkung, memberikan kenikmatan tersendiri bagi penggemar wisata jalan kaki.  Di samping medannya yang melewati hutan yang bagus, sering pula dijumpai satwa yang melintas yang memberikan kesan bahwa benar-benar sedang berada di alam bebas.

B. Atraksi Satwa

Atraksi Satwa Alas Purwo

Sadengan merupakan tempat termudah untuk mengamati dan melihat banteng.  engan hamparan padang rumput seluas 84 Ha yang menghijau memungkinkan rombongan banteng, rusa dan kijang yang sedang merumput mudah untuk dilihat.  Merak dan berbagai jenis burung lainnya juga tampil menambah ramai suasana alam di Sadengan.  Dengan sebuah menara pengintai, banyak wisatawan baik dalam maupun luar negeri berkunjung ke Sadengan untuk menikmati atraksi satwa liar ini.

Sepanjang jalur trail wisata bisa digunakan sebagai arena pengamatan burung (Bird Watching).  Terutama jalur antara Sadengan-Trianggulasi.  Kicauan burung akan mudah didengarkan pada waktu pagi hari antara jam 05.00 – 09.00 WIB.  Belum lagi jika sudah musim bunga cangkring, sepanjang pantai burung Cucak Hijau mudah sekali dilihat.  Untuk burung Beo waktu-waktu tertentu banyak sekali dijumpai di pohon-pohon besar baik disepanjang jalur menuju Safengan maupun didaerah jalur trail wisata Sadengan-Trianggulasi.

C. Panorama

Panorama Alas Purwo

Banyak sekali keindahan alam yang ada dan dapat digali potensinya di Alas Purwo.  Di Trianggulasi misalnya, dapat dinikmati panorama senja hari ketika matahari akan tenggelam.  Terus berjalan ke arah Timur sampai Sunglon Ombo, dapat dilihat sirkulasi masuk keluarnya air laut karena pasang surut ke dalam, dengan berbagai tumbuhan khas payau yang konon ceritanya adalah habitat “bajul”.  Lebih ke Timur lagi mulai Pancur sampai Parang Ireng berjarak 1 Km dapat dinikmati dan diambil gambar keindahan alamnya dengan berbagai bentuk lukisan alam yang sangat unik.  Ditambah lagi dengan hamparan pasir gotri sepanjang 8 Km dari Parangireng sampai Plengkung.

D. Fotografi

Fotografi Alas Purwo

Kegiatan lain yang bisa dilakukan dan sangat cocok bagi para fotografer adalah keindahan alam yang ada di Alas Purwo.  Dengan berbagai obyek yang menawan, mulai pantai sampai bukit, berbagai jenis tumbuhan dan satwa memberikan daya tarik tersendiri terhadap para fotografer.  Biasanya obyek-obyek yang di gemari adalah panorama (sun set dan sun rise), satwa, dll.

E. Selancar / Surfing

Surfing Alas Purwo

Olah raga selancar sudah akrab sekali dengan kawasan Plengkung dan sudah beberapa kali dilaksanakan even internasional.

Orang asing lebih menyenangi Plengkung sebagai tempat selancar dibanding tempat-tempat yang lian karena olah raga selancar membutuhkan ombak yang mempunyai karakter khusus seperti pecahan ombak yang berasal dari satu ujung ke ujung yang lain.  Fenomena lain adalah Plengkung mempunyai tujuh lapis ombak dengan panjang gelombang 2 Km.

Sebenarnya di Taman Nasional Alas Purwo ada juga daerah yang bisa digunakan para peselancar pemula.  Dengan karakteristik perairan yang tidak seganas Plengkung, yaitu di daerah Parang Ireng sampai Batu Lawang.

F. Snorkling dan Diving

Snorkling dan Diving Alas Purwo

Walaupun belum dikembangkan, potensi di Slenggorong-Perpat sampai Tanjung Pasir sangat cocok untuk olah raga snorkling dan diving.  Berbagai jenis karang yang indah dengan bermacam-macam jenis ikan hias merupakan pemandangan yang sangat menarik bagi para penggemar snorkling dan diving.

Untuk menjaga keselamatan selama kunjungan, anda harus dipandu dan didampingi oleh pemandu wisata serta dilarang memasuki kawasan inti (sanctuary zone), kecuali untuk penelitian.

Sumber : Informasi Obyek Wisata Alam Taman Nasional Alas Purwo

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

5 comments

  1. kalau di alas purwo mencuri kayu meskipun satu batang, gak akan bisa pulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top