Wednesday, June 28, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Info Banyuwangi » Taman Nasional Alas Purwo
Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo – Berdasarkan Administratif Pemerintahan Taman Nasional Alas Purwo terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Daerah Tingkat II Banyuwangi.  Secara geografis terletak di ujung Timur Pulau Jawa wilayah pantai Selatan antara 8° 26′ 45″ – 8° 47′ 00″ LS dan 114° 20′ 16″ – 114° 36′ 00″ BT.

Taman Nasional Alas Purwo

Didalam pengelolaan kawasan Taman Nasional Alas Purwo yang luasnya 43.420 Ha, terdiri dari beberapa zona (mintakat) antara lain, yaitu :

  • Zona Inti (Sanctuary zone) seluas 17.200 Ha.
  • Zona Rimba ( Wilderness zone) seluas 24.767 Ha.
  • Zona Pemanfaatan (Intensive use zone) seluas 250 Ha.
  • Zona Penyangga (Buffer zone) seluas 1.203 Ha.

Rata-rata curah hujan berkisar antara 1000-1500 mm per tahun dengan temperatur berkisar antara 22° – 31° dengan kelembapan udara antara 40 – 85 %.  Wilayah Taman Nasional Alas Purwo sebelah Barat menerima curah hujan lebih tinggi bila dibandingkan dengan wilayah sebelah Timur.

Dalam keadaan biasa, Taman Nasional Alas Purwo pada bulan April sampai dengan bulan Oktober adalah musim kemarau dan bulan Oktober sampai dengan bulan April musim hujan.

Secara umum daratan kawasan Taman Nasional Alas Purwo adalah datar sampai bergelombang, hampir seluruh kawasan dikelilingi perairan Laut Selatan.  Daratan tertinggi dijumpai pada Gunung Linggamanis (322 mdpl).

Keadaan tanah hampir keseluruhan merupakan jenis tanah liat berpasir dan ada sebagian kecil yang berupa tanah lempung.

Sungai di kawasan Taman Nasional Alas Purwo umumnya dangkal dan pendek.  Sungai yang mengalir sepanjang tahun hanya terdapat di bagian Barat Taman Nasional yaitu Sungai Segoro Anak dan Sunglon Ombo.  Mata air banyak terdapat di daerah Kucur, Gunung Kunci, Goa Basori dan Sendang Srengenge.

Secara umum tipe hutan di kawasan Taman Nasional Alas Purwo merupakan hutan hujan tropis dataran rendah.  Hutan bambu merupakan formasi yang dominan, diduga 40% dari total luas hutan yang ada. Telah tercatat sedikitnya 420 jenis tumbuhan yang terdiri dari jamur, rumput, herba, semak, liana dan pohon.

Berdasarkan tipe ekosistemnya, hutan di Taman Nasional Alas Purwo adpat di kelompokkan menjadi hutan bambu, hutan pantai, hutan bakau/mangrove, hutan tanaman, hutan alam dan padang penggembalan.

jenis satwa alas purwo

Jenis Satwa Taman Nasional Alas Purwo

Keanekaragaman jenis satwa/fauna di kawasan Taman Nasional Alas Purwo secara garis besar dapat dibedakan menjadi 4 golongan yaitu Mammalia, Aves, Pisces dan Reptilia.  Di kawasan Taman Nasional Alas Purwo terdapat beberapa jenis satwa antara lain Banteng, Rusa, Ajag, Babi Hutan, Kijang, Macan Tutul, Lutung dan Kera Abu-abu.

Burung yang telah berhasil di identifikasi berjumlah 233 jenis terdiri dari burung darat dan burung air beberapa jenis diantaranya merupakan burung migran.  Beberapa jenis burung yang mudah dilihat diantaranya Ayam Hutan, Merak dan Cucak Hijau.

Untuk reptilia telah teridentifikasi sebanyak 20 jenis dan mammalia sebanyak 31 jenis.

Sebagian besar mata pencaharian masyarakat disekitar kawasan adalah bertani, buruh tani dan nelayan. Masyarakat nelayan kebanyakan tinggal di wilayah Muncar, yang merupakan salah satu pelabuhan ikan terbesar di Jawa.

Mayoritas penduduk sekitar kawasan pemeluk agama Islam, namun banyak pula penduduk yang beragama Hindu terutama di desa Kedungsari dan dusun Kutorejo,

Secara umum masyarakat sekitar Taman Nasional Alas Purwo digolongkan sebagai masyarakat Jawa tradisional.  Bertapa, semedi, saiyan (gotong royong sewaktu mendirikan rumah), bayenan serta selamatan-selamatan lain yang berkaitan dengan pencarian ketenangan bathin masih membudaya.  Pada hari-hari tertentu seperti I Syuro, bulan purnama, bulan mati, masyarakat datang ke kawasan Taman Nasional Alas Purwo untuk mensucikan diri.

Bantulah melestarikan
TAMAN NASIONAL ALAS PURWO
dengan :
Tidak mengambil apapun kecuali foto kenangan
Tidak meninggalkan apapun kecuali tapak kaki

Sumber : Informasi Obyek Wisata Alam Taman Nasional Alas Purwo

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top