Sunday, November 19, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Info Banyuwangi » Bulog Jamin Stok Beras Banyuwangi Aman
Bulog Jamin Stok Beras Banyuwangi Aman

Bulog Jamin Stok Beras Banyuwangi Aman

Bulog Jamin Stok Beras Banyuwangi Aman –¬†Lahan pertanian yang menyempit akibat banyaknya pengembangan yang membuat perumahan, dan gagal panen yang sempat menimpa sebagian petani, dijamin tidak akan mempengaruhi stok beras di penyimpanan badan urusan logistik (Bulog).

Untuk mencukupi kebutuhan beras ini, Bulog Banyuwangi telah banyak mendatangkan beras dari sejumlah kota di Jawa Timur, Bali dan Busa Tenggara Barat (NTB). “Stok beras hingga akhir tahun ini, Insyaallah aman,” cetus kepala Bulog Banyuwangi, Razman Setiawan kemarin (2/6).

Razman mengakui, hingga satu semester pertama pada tahun 2013 ini, target penyerapan beras masih belum memenugi. Tapi, dirinya optimis pada semester kedua sudah melewati. “Pada tahun 2013 ini, target penyerapan beras 80 ribu ton,” katanya.

Target yang telah dicanangkan ini, jelas dia, lebih banyak sebesar 4.500 ton dari pencapaian yang didapat pada tahun 2012 lalu. Setahin lalu, lanjut dia, penyerapan yang berhasil dilakukan mencapai 75.500 ton. “Saya optimistis target penyerapan akan tercapai,” ujarnya.

Menurut Razman, sampai semester pertama atau Juni 2013 ini, penyerapan beras yang telah dilakukan sebanyak 45.500 ton beras. Dengan angka ini, sebut dia, berarti penyerapan sudah mencapai 50 persen lebih. “Saya perkirakan November 2013 sudah melampaui target,” ungkapnya.

Hasil pertanian di Kabupaten Banyuwangi, akhir-akhir ini cenderung bagus dan bisa mendongkrak penyerapan yang dilakukan. Tapi untuk memenuhi target 80 ribu ton per tahun, tampaknya masih jauh dari cukup. “Kita dapat kiriman dari luar kota,” sebutnya.

Daerah yang selama ini mengirim beras untuk stok Bulog Banyuwangi ini, sebut dia, seperti Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Situbondo. Selain itu, juga ada yang dari Sumbawa (NTB), dan beberapa daerah di Bali. “Bulog Jember biasanya juga mengambil beras dari petani Banyuwangi,” dalihnya. (abi/bay)

Sumber : Radar Banyuwangi, 3 Juni 2013

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top