Thursday, July 27, 2017
Artikel Terkini


You are here: Home » Info Banyuwangi » Tiket Kereta Api Lebaran Laris
Tiket Kereta Api Lebaran Laris

Tiket Kereta Api Lebaran Laris

Tiket Kereta Api Lebaran Laris –¬†Perayaan Hari Raya Idul Fitri masih akan berlangsung dua bulan mendatang. Tapi penjualan tiket Kereta Api (KA) di masa Lebaran untuk jurusan Banyuwangi-Surabaya dan Banyuwangi-Jokjakarta ternyata sudah laris diborong. Hingga kemarin (2/6), tiket KA yang terjual untuk musim Lebaran mendatang ternyata sudah melebihi 50 persen.

Tiket yang lari dibeli calon penumpang itu terutama pada arus balik yakni H plus dua, hingga H plus tujuh. “Diperkirakan akhir Juli 2013, semua tiket KA jurusan Banyuwangi-Surabaya atau Jogja sudah habis,” terang Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops IX Jember, Gatut Setyamoko.

Menurut Gatut, pembelian tiket KA ini sudah bisa dilakukan pada H-90 hari dari pemberangkatan. Sehingga saat ini sudah banyak pelanggan yang memesan tiket untuk hari raya Idul Fitri mendatang. “Kalau yang dari arah Jogjakarta atau Surabaya menuju Banyuwangi, kita tidak tahu. Karena wilayahnya beda, tapi informasinya (tiket) juga sudah banyak yang terbeli,” jelasnya.

Dari laporan yang diterima sementara, jelas dia, KA Mutiara kelas eksekutif untuk jurusan Banyuwangi-Surabaya, tiket yang sudah terjual sekitar 40 persen. Sedang pada kelas bisnis, tiket yang sudah terjual malah lebih banyak lagi yakni melebihi 50 persen. “Ini termasuk sudah banyak, karena Lebaran masih kurang dua bulan lagi,” cetusnya.

Gatut menyebut, untuk KA Mutiara kelas eksekutif ini yang tersedia hanya empat gerbong. Setiap gerbong tersedia 50 kursi penumpang. “Kalau kelas bisnis hanya ada tiga gerbong, setiap gerbong ada 64 kursi,” ungkapnya.

Bagaimana dengan KA ekonomi Sritanjung? Ternyata juga tidak jauh beda dengan KA eksekutif dan bisnis. Hingga saat ini, tiket untuk arus balik Lebaran sudah banyak yang terjual. “Kalau kelas ekonomi seperti Sritanjung jurusan Banyuwangi-Jogjakarta, tiket yang sudah terjual sebanyak 30 persen. “Tapi yang beli tiket Surabaya-Madiun sudah 50 persen,” sebutnya.

Gerbong yang disediakan untuk KA Sritanjung ini, jelas dia, selama ini ada lima buah. Setiap gerbong itu, masih kata dia, berisi 105 kursi penumpang. “Ini gerbong pada hari-hari biasa, bila Lebarang biasanya gerbong ditambah,” katanya pada Jawa Pos Radar Banyuwangi.

Gatut berharap pada semua warga yang akan memanfaatkan KA pada hari raya Idul Fitri, hendaknya segera memesan tiket. Bila tidak, dikhawatirkan akan kehabisan tiket. “Yang memesan tiket terus ada,” terangnya. (abi/bay)

Sumber : Radar Banyuwangi, 3 Juni 2013

About Deo Pradipta

Student of SMA Negeri 1 Glagah | Blogger | Blog & Web Designer | Founder of sman1glagah.com, tutorialadsense.info, dopind.blogspot.com , and qx-xp.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top